Comscore Tracker

Minta Uang 5 Ribu, Pelaku Pungli Sopir yang Viral Tidak Ditahan Polisi

Sopir angkot enggan buat laporan resmi

Binjai, IDN Times - Identitas pelaku pungutan liar (Pungli) terhadap salah satu sopir Angkutan Kota (Angkot) yang sempat viral di Media Sosial (Medsos) akhirnya terungkap.

Adalah Kasdim Silaban (24) warga Perumnas Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara, yang kini sudah diamankan petugas kepolisian Polres Binjai, Sabtu (15/5/2021) sore.

1. Pelaku hanya menjalani pembinaan dan dipulangkan

Minta Uang 5 Ribu, Pelaku Pungli Sopir yang Viral Tidak Ditahan PolisiPelaku pungli terhadap supir yang sempat viral di Medsos (IDN Times/ istimewa)

Kasubag Humas Polres Binjai AKP Siswanto mengakui, peristiwa pungli yang dilakukan pelaku berawal ketika Angkotan Kota (Angkot) jurusan Medan Tembung, melintas di persimpangan Megawati Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Melihat angkutan luar itu, pelaku langsung menyetop rombongan guna meminta uang pengamanan. "Alasan dia (pelaku), hanya minta uang karena lapar untuk makan," kata Siswanto, melalui telepon selularnya.

Baca Juga: Viral Pelaku Pungli Sopir Angkutan Bawa Senjata Tajam di Binjai

2. Pelaku dikerumuni dan diamanakan warga sebelum polisi datang

Minta Uang 5 Ribu, Pelaku Pungli Sopir yang Viral Tidak Ditahan PolisiAksi pungli supir yang sempat viral di Medsos (IDN Times/ istimewa)

Terjadilah cekcok mulut antara sopir angkot rombongan keluarga dari Tembung menuju Kota Binjai, ini dengan pelaku. Sehingga menimbulkan keributan yang mengundang perhatian warga sekitar.

"Uang yang diminta sebesar Rp5 ribu tidak sempat diberikan karena keburu ramai," terang Siswanto.

Lokasi yang tidak jauh dari Pos Pam pengamanan Idul Fitri. Mencuri perhatian petugas yang tengah berjaga dan langsung bergegas ke lokasi.

"Ketika anggota datang, pelaku sudah dikerumuni oleh warga yang hendak menghakimi pelaku," sebut Siswanto

3. Sopir yang dipungli tidak membuat laporan dan menyerahkan semua kepada petugas

Minta Uang 5 Ribu, Pelaku Pungli Sopir yang Viral Tidak Ditahan PolisiAksi pungli yang menimpa supir sempat viral di Medsos (IDN Times/ istimewa)

Melihat itu, petugas langsung mencari tahu dengan bertanya kepada sopir. Selanjutnya pelaku langsung diamankan petugas kepolisian ke Polsek Binjai Timur, untuk dimintai keterangan. "Itu alasannya tadi, lapar dan memalak untuk minta duit beli makan," terang Siswanto

Sayang, sopir yang tidak diketahui identitasnya engan membuat laporan. Sehingga pelaku hanya menjalani pembinaan setelah dilakukan pemeriksaan. "Sopirnya gak mau buat laporan. Katanya (sopir) sudahlah bapak saja yang ngurus," kata dia.

Terkait dugaan pelaku menenteng senjata tajam (sajam) yang ditenteng di tangan kirinya terlihat dari video. Siswanto mengakui, tidak ditemukan saja dari pelaku. "Mungkin bukan sajam yang ditentengnya. Karena tidak kita temukan sajam," tegas Siswanto.

4. Video berdurasi 50 detik merekam aksi pungli tersebar luas di Medsos

Minta Uang 5 Ribu, Pelaku Pungli Sopir yang Viral Tidak Ditahan PolisiPelaku pungli supir yang viral di Medsos diamankan petugas kepolisian (IDN Times/ istimewa)

Untuk diketahui, aksi pungli yang dilakukan pelaku sempat viral di Media Sosial (Medsos). Beberapa warga memposting aksi pelaku usai diabadikan melalui video oleh korban. Video yang berdurasi sekitar 50 detik ini sontak mencuri perhatian warga net dan menuai berbagai tanggapan.

"Humas Polres Binjai, kasih kegiatan pak," kata Erwanda Pasaribu, yang menanggapi postingan Ideahmadi diakun facebook nya.

Dalam video, awalnya tak jelas wajah pelaku karena menggunakan masker bergambarkan salah satu pasangan Calon Walikota Medan. Namun terdengar jelas kalau pelaku yang mengenakan jeket berwarna hitam membentak supir untuk meminta uang.

Aksi ini juga dilansir dari video di Instagram, @julylelo17, adalah seorang yang merekam kejadian Pungli tersebut. "Ya, peristiwa dialami cewek aku (July) yang alami," kata Johan, pacar @julylelo17.

Baca Juga: 7 Potret Haru Suasana Lebaran di Rumah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya