Comscore Tracker

Longsor Karo, Ini Identitas 3 Warga Langkat dan Binjai yang Meninggal

Seorang warga Langkat belum ditemukan

Binjai, IDN Times - Korban yang ditemukan karena musibah longsor di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Minggu (26/09/2021) lalu bertambah. Seorang warga Langkat dan Binjai ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Dua korban tewas tersebut adalah Raihan (21) dan Reza (19). Raihan merupakan warga Dusun I Adimulio, Desa Pasarenam Kwalamencirim, Kecamatan Seibingai, Kabupaten Langkat. Sementara warga Kelurahan Tanahmerah, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai.

Sebelumnya Agus (22), warga Dusun I Adimulio lebih dahulu dikebumikan, Senin (27/9/2021). Sementara Riswan yang juga warga Langkat ditemukan selamat dengan kondisi luka-luka.

1. Tinggal satu korban lagi belum ditemukan

Longsor Karo, Ini Identitas 3 Warga Langkat dan Binjai yang MeninggalPetugas BPBD Binjai yang siap diberangkatkan membantu evakuasi korban longsor di Karo (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Saat ini tersisa satu orang lagi yang belum ditemukan atas nama Rian (21). Dia juga merupakan warga Dusun I Adimulio, Desa Pasarenam Kwalamencirim, Kecamatan Seibingai, Kabupaten Langkat. Sekampung dengan Agus dan Raihan.

Berbagai cara dilakukan untuk mencari korban di lokasi puing-puing. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai juga ikut  menerjunkan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) guna membantu pencarian dan evakuasi korban longsor

Sekretaris Daerah Kota Binjai, Irwansyah berharap satgas PB BPBD Kota Binjai, mampu berkerja maksimal dengan mengutamakan kerjasama tim, menjalankan tugas sesuai SOP penyelamataan korban kebencanaan, serta meminimalisir terjadinya kesalahan saat berada di lapangan.

"Ini adalah tugas kemanusiaan yang sangat serius. Karena itu pahami benar medan di lokasi bencana, serta tetap utamakan keselamatan dan keamanan diri sendiri dan tim saat proses pencarian maupum proses evakuasi para korban," seru Irwansyah.

2. Sebanyak 15 anggota Satgas PB Binjai diterjunkan

Longsor Karo, Ini Identitas 3 Warga Langkat dan Binjai yang MeninggalPetugas BPBD Binjai yang siap diberangkatkan membantu evakuasi korban longsor di Karo (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Terpisah (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Dian Amperansyah, mengatakan, dalam misi kemanusiaan ini pihaknya menerjunkan sebanyak 15 anggota Satgas PB dipimpin langsung Kasi PB, Gelora Jaya Ananda.

"Dari laporan yang kita terima, total korban ada lima orang. Satu orang tercatat sebagai warga Kota Binjai, dan empat lagi warga Kabupaten Langkat," terang Dian.

3. Lima dari sembilan pekerja dilaporkan tertimbun material longsor

Longsor Karo, Ini Identitas 3 Warga Langkat dan Binjai yang MeninggalPetugas BPBD Binjai yang siap diberangkatkan membantu evakuasi korban longsor di Karo (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Seperti diketahui sebelumnya, bencana longsor terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolatrakyat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (26/09/2021) siang, sekira pukul 14.30 WIB.

Dalam peristiwa itu, lima dari total sembilan pekerja proyek pembangunan saluran irigasi (reba embang) dilaporkan tertimbun material longsoran tanah dan batu. 

4. Berikut identitas korban longsor yang meninggal muapun selamat dan dievakuasi petugas

Longsor Karo, Ini Identitas 3 Warga Langkat dan Binjai yang MeninggalPetugas evakuasi jenazah korban longsor di Ngetos Nganjuk. IDN Times/Istimewa

Berikut data korban musibah longsor Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatra Utara:

Meninggal:

- Agus (22) warga Dusun I Adimulio, Desa Pasarenam Kuala Mencirim, Kecamatan Seibingei, Kabupaten Langkat

- Raihan (19) warga Dusun I Adimulio, Desa Pasarenam Kuala Mencirim, Kecamatan Seibingai, Kabupaten Langkat

- Reza (19), warga Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai.

Korban luka:

-Riswan (23), warga Dusun V Damerejo, Desa Pasarempat Kuala Mencirim, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Belum ditemukan:

Rian (21) warga Dusun I Adimulio, Desa Pasarenam Kuala Mencirim, Kecamatan Seibingei, Kabupaten Langkat

Pekerja yang selamat:

Hendri (40), Hermansyah Putra Sitepu (46), Agustiar Kemit (47), dan Tujuan Sembiring (56)

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya