Layani Vaksinasi COVID-19 Gratis, Ini Daftar 20 Fasyankes di Binjai

Cek lokasinya di sini ya!

Binjai, IDN Times - Guna menunjang dan mendukung program pemerintah pusat dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19. Pemerintah Kota Binjai, Sumatra Utara, membuka fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat secara gratis.

Setidaknya ada 20 lokasi fasyankes, yang diperuntukan kepada masyarakat Kota Binjai, Sumatra Utara, yang sama sekali belum mendapat vaksinasi COVID-19 tahap I.

"Benar, pelayanan mulai dibuka Selasa (13/7/2021) kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto, dalam pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp diterima wartawan, Rabu (14/07/2021).

1. Ini sasaran dibukanya fasilitas kesehatan di setiap Kecamatan Kota Binjai

Layani Vaksinasi COVID-19 Gratis, Ini Daftar 20 Fasyankes di BinjaiDr Sugianto kepala dinas kesehatan kota binjai (IDN Times/ istimewa)

Adapun sasaran yang diutamakan dalam pelayanan pemberian vaksin COVID-19 adalah masyarakat umum yang merupakan warga Kota Binjai, masyarakat rentan, remaja, lansia, dan pelayan publik.

Dia menjelaskan, 20 fasyankes yang membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 tahap I secara gratis ini tersebar di lima kecamatan se-Kota Binjai. "Pelayanan dikhususkan bagi masyarakat Kota Binjai. Jadi bagi masyarakat yang belum menjalani vaksinasi tahap I, bisa langsung datang ke fasyankes yang tersedia selama jam kerja," kata dia.

Baca Juga: Otak Pelaku Percobaan Pembunuhan Jurnalis di Binjai Ditembak

2. Lokasi vaksinasi di lima kecamatan yang dibuka secara gratis

Layani Vaksinasi COVID-19 Gratis, Ini Daftar 20 Fasyankes di BinjaiVaksin Astrazeneca (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Menurut dia, ada sekitar 11 rumah sakit dan 1 klinik serta 8 puskesmas yang disediakan Pemko Binjai, guna melayani vaksinasi kepada masyarakat. Berikut Fasyankes yang difungsikan dalam melayani vaksinasi :

Seluruh fasyankes dimaksud meliputi, RS Raskita, Puskesmas Binjai Estate, Puskesmas Rambung, RS Bangkatan, Puskesmas Tanahtinggi, OG Hospital, dan RS Latersia, Puskesmas Jatimakmur, Puskesmas Kebunlada, RS Ratu Mas, RS Sylvani, dan RS Bidadari.

Kemudian, Poliklinik Polres Binjai, Puskesmas Binjai Kota, RS Tentara, RS Al-Fuadi, RSUD Dr Djoelham, RS Artha Medica, Puskesmas Bandarsenembah, dan Puskesmas HAH Hasan. "Jangan ragu, mari kita jalani vaksinasi ini," sebut dia.

3. Vaksinasi disesuaikan dengan ketersediaan dari pusat

Layani Vaksinasi COVID-19 Gratis, Ini Daftar 20 Fasyankes di BinjaiVaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Untuk tahap awal dalam program vaksinasi di Fasyankes ini, Dinkes menyediakan ribuan vaksin yang diperuntukan kepada masyarakat. Dan kedep an akan disesuaikan dengan kesediaan vaksin yang dimiliki Pemerintah Kota Binjai.

"Dosis pertama target Kota Binjai ialah 1.216 orang perharinya dan kedepan akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin dari pusat. Kita berharap vaksin akan terus diterima dari pusat, agar seluruh masyarakat Kota Binjai, mendapatkan vaksin," terang Sugianto.

Diketahui sebelumnya, program vaksinasi terus digalakkan Pemko Binjai. Bahkan beberapa waktu lalu Pemko dan Polres serta Kejari Kota Binjai, membuka layanan vaksinasi secara gratis untuk masyarakat. Layanan tersebut dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Binjai Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Baca Juga: Sebanyak 1.500 Orang Ikut Vaksinasi Massal di Kejati Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya