Comscore Tracker

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Binjai Blokade Jalan

Jalan rusak kerap makan korban jiwa

Binjai, IDN Times - Aksi unjuk rasa kembali dilakukan warga di Jalan Umar Baki, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara. Aksi yang dilakukan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Binjai yang jatuh Bulan Mei, guna menagih janji.

Langkah ini kembali diambil juga sekaligus mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) khususnya Walikota Binjai H Amir Hamzah, untuk memperbaiki jalan yang dijanjikan akan dilakukan bulan Apri 2022 lalu.

"Sebelumnya Walikota sudah pernah berjanji kepada masyarakat akan memperbaiki jalan ini secepat-cepatnyaawal bulan April dan selambat-lambatnya akhir bulan April 2022. Hingga bulan Mei ini, jalan ini tidak kunjung diperbaiki," kata Dodi, disambut teriak massa aksi menagih janji.

1. "Berbudaya Kotanya, Makan Abu Warganya,"

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Binjai Blokade JalanWarga yang melakukan aksi unjuk rasa dan memblokade akses jalan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sama seperti aksi massa sebelumnya, mereka menutup jalan dengan menggunakan bangku, batang pohon dan beberapa barang yang bisa digunakan dilapangan. Tentunya ini mengakibatkan akses jalan yang biasa dilintasi truk-truk dan mobil serta kendaraan lain terhenti. Tentu ini juga menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

Selain menutup akses jalan, masyarakat yang terdiri dari anak anak, remaja sampai orangtua juga membawa poster yang dituliskan bentuk kekecewaan. "Berbudaya Kotanya, Makan Abu Warganya," salah satu isi hati warga yang ditulis diselembar karton. 

2. Masyarakat bosan dengan janji-janji yang terlontar

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Binjai Blokade JalanWarga yang melakukan aksi unjuk rasa dan memblokade akses jalan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Diakui Dodi dan warga disana, aksi unjuk rasa yang mereka lakukan sudah kali ketiga ini. Sayangnya selama ini mereka terus-terusan termakan janji tanpa ada realisasi yang pasti. Tentu ini sangat membuat masyarakat disana semakin kecewa dan sakit hati.

Terlebih, kondisi jalan yang rusak yang disinyalir dikarenakan kendaraan over tonase terus-terusan melintas, sudah banyak memakan korban jiwa.

"Kami sudah melayangkan surat untuk beraudiensi pada bulan puasa kemarin. Namun tidak ada iktikad baik dari pak Wali. Maka dari itu kami sudah "muak" dengan janji-janji pak Walikota. Tak ada hasilnya tak ada perbuatannya yang benar," jelas dia disambut teriakan benar oleh massa aksi.

3. Warga melakukan aksi terlihat bertahan hingga jelang malam hari

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Binjai Blokade JalanWarga yang melakukan aksi unjuk rasa dan memblokade akses jalan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Guna meredam kemarahan masyarakat dengah harapan blokade jalan dibuka. Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Elvi Kristina, turun kelokasi aksi. Wanita ini coba menenangkan masyarakat.

Dihadapan para pengunjuk rasa dijelaskan dia jika pihaknya dalam waktu dekat akan menenderkan pengerjaan Jalan Umar Baki, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara ini.

"Kemarin karena ada dokumen yang kurang lengkap jadi dibatalkan dan kemarin karena ada libur panjang, jadi mungkin minggu depan akan kita tenderkan lagi," kata dia coba menenangkan warga. 

Penjelasan wanita ini seolah tidak digubris, mereka tetap bersikekeh menutup akses jalan. Hingga jelang malam hari warga terlihat masih bertahan menutup akses jalan. Terlihat juga pihak kepolisian melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas agar dapat dilalui kendaran dengan mencari alternatif jalan lain.

Baca Juga: Jalan Rusak Makan Korban Jiwa di Binjai, Truk Terus Dibiarkan Melintas

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya