Comscore Tracker

Dituding Mencuri dan Dihakimi Warga, Orangtua MH Lapor Polisi

Polisi selidiki kasus pencurian dan main hakim sendiri

Binjai, IDN Times - Kondisi MH, terduga pelaku pencurian yang dihakimi warga kini sudah berangsur pulih dan siuman. Namun polisi belum bisa memintai keterangannya dikarenakan belum bisa diajak berkomunikasi.

Petugas sendiri mendapati pria berusia 40 tahun tak sadarkan diri dengan wajah babak belur di Lingkungan III, Kelurahan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara, Minggu (17/10/2021) malam.

"Sudah sadar, Selasa (19/10/2021) siang kemarin. Tapi dia (MH), belum bisa diajak berkomunikasi," kata Kapolsek Binjai Kota Kompol  Aris Fianto ketika dikonfirmasi, Rabu (20/10/2021).

1. Sejumlah dugaan aksi pencurian yang dilakoni MH, sempat diketahui saksi

Dituding Mencuri dan Dihakimi Warga, Orangtua MH Lapor PolisiWarga yang memadati lokasi MH, yang dihakimi massa karena diduga melakukan aksi pencurian (IDN Times/ istimewa)

Sejauh ini jelas Aris, pihak kepolisian masih terus mendalami dugaan pencurian yang mengakibatkan MH, dihakimi warga hingga tak sadarkan diri. "Masih dalam proses penyelidikan, memang saat aksi anarkis warga karena resah dengan aksi MH, tapi kita belum mendapatkan bukti dan terus kita lakukan penyelidikan," terang dia.

Meski demikian, diakui Aris, pihak kepolisian Polsek Binjai Kota sebelumnya ada menerima laporan polisi terkait aksi pencurian AC di dinas perpustakaan. "Ada satu LP yang sedang kita tangani terkait aksi pencurian yang dilakoni MH dan saksi yang kita periksa melihatnya melakukan aksi itu," papar Aris.

Dirinya juga tidak memungkiri, jika dari catatan kepolisian, MH merupakan resedivis terkait kasus pencurian dan narkoba. "Iya, dia memang sempat menjalani hukuman dalam beberapa kasus," sebut dia.

Baca Juga: Diamuk Massa karena Dituding Mencuri, Pria di Binjai Sekarat

2. Polisi selidiki kasus pencurian dan main hakim sendiri yang dialami MH

Dituding Mencuri dan Dihakimi Warga, Orangtua MH Lapor PolisiWarga yang memadati lokasi MH, yang dihakimi massa karena diduga melakukan aksi pencurian (IDN Times/ istimewa)

Dalam aksi main hakim sendiri oleh massa membuat pihak keluarga MH, tidak terima. Sehingga keluarga yang keberatan melaporkan aksi main hakim sendiri ini ke pihak kepolisian dan tengah dalam penyelidikan. "Keluarga ada yang keberatan dan membuat laporan ke Polsek," tambah Aris.

Hingga kinipun, jelas mantan Kasatres Narkoba Polres Binjai ini, pihaknya melakukan penyelidikan terkait aksi main hakim sendiri kepada terduga pelaku pencurian. Juga tengah menyelidiki serangkaian aksi pencurian yang dilakoni oleh MH. "Ya saat ini sedang melakukan penyelidikan, mengambil keterangan saksi-saksi dari lokasi kejadian," jelas dia.

3. Polisi tidak benarkan warga main hakim sendiri

Dituding Mencuri dan Dihakimi Warga, Orangtua MH Lapor PolisiIlustrasi pengeroyokan (IDN Times/Sukma Shakti)

Di satu sisi, aksi yang dilakukan warga karena resah atas aksi pencurian yang diduga dilakukan MH. Di sisi lain, akibat aksi anarkis warga yang main hakim sendiri jadi dilema. Karena polisi menerima laporan keluarga MH, yang keberatan atas aksi main hakim sendiri itu.

"Memang serangkaian aksi pencuri yang diduga dilakoni MH, membuat warga di sana benci sama dia. Tapi sebenarnya tidak dibenarkan juga main hakim sendiri," kata Aris.

Atas kejadian ini, papar dia, menjadi pembelajaran sendiri di tengah-tengah masyarakat. "Membantu kita (kepolisian) sangat bagus, tapi meskinya jangan sampai anarkis, karena negara kita punya hukum dan biar pihak kepolisian yang memproses sesuai hukum," tegas dia.

Sebelumnya, polisi mendapat informasi saat MH, tengah kritis usai dimassa. Terduga pelaku pencurian ini sudah terkapar dan tidak sadarkan diri. Polisi melarikan MH, ke RSUD Djoelham Binjai.

Dikabarkan, MH mengalami luka robek di bagian kepala samping kanan, memar dan luka robek di kelopak mata sebelah kanan, luka robek di atas alis mata kiri, robek di kepala bagian atas, lecet di bagian punggung sebelah kanan, lecet di ibu jari tangan sebelah kanan dan siku tangan kiri hingga luka jahitan sebanyak 19 jahitan.

Baca Juga: Bobol Rumah Tetangganya di Binjai, Nasib Pasrah Dijemput Polisi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya