Tanoto dan FI Ajak Para Pegiat Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Resmikan Piagam Klaster Pendidikan di Jakarta

Jakarta, IDN Times – Tanoto Foundation bersama Filantropi Indonesia (FI) mengumpulkan para pegiat pendidikan untuk bersama-sama menyusun dan meresmikan Piagam Klaster Pendidikan di Jakarta, 20 Juni 2019.

Piaham ini nantinya akan menjadi landasan dalam kinerja operasional Klaster.

Tanoto Foundation ditunjuk sebagai pemimpin Klaster Pendidikan pada Filantropi Indonesia Festival (FiFest) 2018 yang lalu, dan kegiatan ini menjadi tindak lanjut dari amanat yang diberikan dalam upaya menyelaraskan kegiatan filantropi di bidang pendidikan agar lebih terarah dan membawa hasil nyata dalam waktu yang lebih singkat.

1. Tanoto Foundation berkeyakinan bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat terciptanya kesetaraan peluang

Tanoto dan FI Ajak Para Pegiat Tingkatkan Kualitas PendidikanDok. IDN Times/IStimewa

CEO Global TanotoFoundation, SatrijoTanudjojo mengatakan sebagai organisasi filantropi independen yang fokus di bidang pendidikan, TanotoFoundation berkeyakinan bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat terciptanya kesetaraan peluang.

"Melalui Klaster Pendidikan ini, Tanoto Foundation akan menjadi katalis bagi rekan-rekan pegiat pendidikan untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peresmian Piagam Klaster Pendidikan ini juga menjadi langkah nyata kami untuk mempercepat aksi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (24/6).

Baca Juga: Putri Handayani, Perempuan Pendaki Gunung Tertinggi Dunia Asal Sumut

2. Sebuah awal bagi anggota Klaster Pendidikan untuk berkolaborasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan

Tanoto dan FI Ajak Para Pegiat Tingkatkan Kualitas PendidikanDok. IDN Times/IStimewa

Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia, Timotheus Lesmana Wanadjaja mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dan komitmen yang ditunjukkan oleh Tanoto Foundation dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan sebuah awal bagi anggota Klaster Pendidikan untuk berkolaborasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih efektif dengan jangkauan yang lebih luas,” katanya. 

3. Membahas dan menyepakati rencana kerja tahunan serta membentuk kelompok kerja

Tanoto dan FI Ajak Para Pegiat Tingkatkan Kualitas PendidikanDok. IDN Times/IStimewa

Selain menyusun dan meresmikan Piagam Klaster Pendidikan, pada kegiatan ini para pegiat pendidikan juga turut membahas dan menyepakati rencana kerja tahunan serta membentuk kelompok kerja.

Rencana kerja ini akan dibuat berdasarkan pemetaan kekuatan masing-masing organisasi filantropi agar bisa saling melengkapi dalam bergerak menuju pencapaian yang terarah baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sehingga, hasil kinerja para anggota Klaster Pendidikan dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia dengan waktu yang lebih singkat.

Pembentukan Klaster Pendidikan juga merupakan upaya untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor empat, yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

Baca Juga: [BREAKING] Pembacaan Putusan MK Dipercepat Jadi Tanggal 27 Juni

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya