Tambang Martabe Dukung Pelepasliaran Harimau Sumatera ke Hutan TNGL

Harimau diangkut menggunakan helikopter

Tapanuli Selatan, IDN Times - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara untuk melepasliarkan Harimau Sumatera yang diberi nama Sri Nabilla ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Adapun, dukungan yang diberikan berupa fasilitas pengangkutan atau alat transportasi berupa helikopter dan pilot dari Bandara Patiambang di Gayo Lues, Aceh untuk menempatkan “Sri Nabilla” di Hutan Kappi, TNGL. Kappi merupakan Zona Inti yang berada di Kawasan TNGL di Gayo Lues, Aceh.

1. Diangkut menggunakan helikopter

Tambang Martabe Dukung Pelepasliaran Harimau Sumatera ke Hutan TNGLKondisi Sri Nabilla, Harimau Sumatra Betina yang dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga di kawasan Tapanuli Selatan. (dok. BBKSDA)

Sebelum diangkut menggunakan helikopter, “Sri Nabilla” lebih dulu harus melalui jalur darat dari Sanctuary Harimau Barumun Nagari , Aek Godang, Barumun di Tapanuli Selatan menuju Blangkejeren, Gayo Lues.

Pelepasliaran “Sri Nabilla” dilakukan pada 3 November 2020 yang juga dihadiri oleh Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, Manajer Hubungan Pemerintahan PTAR Irwanto Situmorang, Superintendent Hubungan Eksternal Departemen Eksplorasi PTAR Gunawanta Bangun, perwakilan dari Yayasan Parsamuhuan Bodhicitta Mandala Medan, perwakilan beberapa LSM terkait, serta tim dokter hewan yang menangani dan memantau kesehatan “Sri Nabilla” yang dipimpin oleh drh. Anhar Lubis.

“Dukungan yang diberikan PTAR merupakan bukti komitmen perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Perusahaan tak hanya selalu mempertahankan pencapaian kepatuhan pengelolaan lingkungan sesuai perundang-undangan tapi juga secara aktif mendukung pemerintah pusat dan daerah, khususnya di wilayah operasional tambang untuk mengelola lingkungan secara berkelanjutan, salah satunya dukungan perlindungan atas flora dan fauna,” ujar Sanny Tjan, Direktur Hubungan Eksternal PTAR.

Baca Juga: Selalu Tampil Anggun, Ternyata 10 Artis Ini Punya Tato Lho!

2. Harimau berkonflik dengan masyarakat sekitar desa sejak Mei 2020

Tambang Martabe Dukung Pelepasliaran Harimau Sumatera ke Hutan TNGLKepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi memaparkan evakuasi Harimau Sumatra di Tapanuli Selatan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelumnya, “Sri Nabilla” masuk ke kandang jebak di Desa Tapus Sipagimbal, Kecamatan Aek Bilah, Tapanuli Selatan pada 24 Agustus 2020. Berdasarkan catatan BBKSDA Sumatera Utara, “Sri Nabilla” telah berkonflik dengan masyarakat sekitar desa sejak Mei 2020. 

Lebih lanjut, Sanny menjelaskan, PTAR bekerja sama dengan SCORPION Foundation Indonesia untuk terus mendukung upaya-upaya proteksi dan konservasi di Tapanuli Selatan. 

“Selain dukungan untuk “Sri Nabilla” pada September 2020, bersama SCORPION dan BBKSDA Sumut, juga mendukung penyelamatan unggas yang dilindungi yakni burung nuri merah (Red Lory/ Eos Bornea), burung berparuh besar (Rhinoceros) dan elang (Niseaetus Cirrhatus),” tambah Sanny.

Adapun, saat ini elang tersebut tengah dalam pengawasan dan perawatan lebih lanjut di Pusat Transit Satwa Liar di Sipirok, dan akan kembali dilepasliarkan di Hutan Batangtoru ketika lebih siap.  

3. PTAR berkomitmen untuk menerapkan praktik pengelolaan lingkungan berkelanjutan

Tambang Martabe Dukung Pelepasliaran Harimau Sumatera ke Hutan TNGLPetugas BBKSDA menunjukkan foto Kondisi Sri Nabilla, Harimau Sumatra Betina yang dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga di kawasan Tapanuli Selatan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menambahkan bahwa tak hanya upaya dan dukungan terhadap pengelolaan lingkungan eksternal, perusahaan juga berkomitmen untuk menerapkan praktik pengelolaan lingkungan berkelanjutan di lingkungan internal operasional Tambang Emas Martabe, salah satunya melalui program rehabilitasi.

Pada 2019, PTAR telah mengajukan revisi dokumen penutupan tambang dengan nilai jaminan 28,3 juta dolar AS sehingga seluruh area operasional tambang telah memiliki rencana penutupan tambang.

“Sepanjang tahun lalu pula, total 35,5 hektare area telah distabilkan dengan tanaman penutup. Sebanyak 2.886 bibit telah ditanam selama 2019 dan perusahaan telah menyiapkan 5.828 bibit dari 45 spesies tanaman di fasilitas pembibitan (nursery),” jelas Katarina.

Baca Juga: Mengulik Masa Depan UMKM Kota Medan Dalam Visi Misi Bobby dan Akhyar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya