Sempat Berkelahi dengan Polisi, Pengedar Sabu Ditembak

Polisi melakukan penyamaran untuk menangkap BIM

Langkat, IDN Times - Seorang pengedar sabu-sabu di Langkat, roboh setelah petugas kepolisian unit Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Langkat menghadiahinya timah panas.

Tidak hanya satu, tapi dua kaki pengedar yang sudah sangat meresahkan masyarakat ini ditembak. 

Kini pelaku yang diketahui bernama BIM warga Desa Securai Pasar, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Untuk selanjutnya, pelaku akan diamankan petugas kepolisian untuk dijebloskan ke penjara.

1. Polisi melakukan penyamaran untuk menangkap BIM

Sempat Berkelahi dengan Polisi, Pengedar Sabu DitembakIlustrasi narkoba. (Pixabay.com/congerdesign)

Kasat Narkoba Polres Langkat AKP Adi Haryono mengatakan, sebelum mengamankan pengedar sabu ini. Petugas terlebih dahulu melakukan penyelidikam dan pengintaian.

Setelah dipastikan pelaku benar kerap melakukan transaksi narkoba. Lalu petugas melakukan penyamaran dan berusaha mendekati pelaku secara perlahan. 

"Dari informasi masyarakat, pelaku kerap melakukan transaksi narkoba. Menjawab keresahan masyarakat, kita melakukan penyelidikan dan penyamaran guna mengaman pelaku," kata AKP Adi. 

Baca Juga: Gak Kalah Dari Kota Tua, 4 Gedung Heritage di Medan yang Instagramable

2. Sabu disimpan dalam botol dan ditenggelamkan ke sungai

Sempat Berkelahi dengan Polisi, Pengedar Sabu DitembakFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/I Made Argawa)

Setelah berhasil mendekat, jelas Adi, polisi yang menyamar melakukan transaksi narkoba kepada sang pengedar disebuah persawahan pinggir sungai Desa Securai, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat. Pada saat itu, petugas terus berusaha bertransaksi guna mendapatkan barang bukti. 

"Saat itu tim melakukan transaksi. Situasi lokasi di pinggir sungai yang lebar dekat dengan persawahan dan tidak memungkinkan melakukan penangkapan terhadap diduga bandar narkoba. Apalagi kita belum mengetahui dan melihat barang narkoba yang dikendalikan pelaku," terangnya. 

Sehingga, terang dia, polisi terus memancing dan meyakinkan pelaku. Hingga akhirnya, pelaku yakin dan mengeluarkan barang bukti sabu yang disimpanya di dalam sungai. 

"Dengan menggunakan bambu panjang yang diujungnya diikatkan botol plastik guna meletakan narkotika jenis sabu-sabu. Pengedar yang terbilang licin ini mengambil sabu yang ditenggelamkannya dalam sungai," tambahnya.

3. Pelaku sempat berkelahi dan memukul petugas

Sempat Berkelahi dengan Polisi, Pengedar Sabu Ditembakunsplash.com/Jonathan Sharp

Disaat barang bukti dipegang pelaku, lanjut AKP Adi Haryono, petugas yang menyamar langsung berusaha melakukan penyergapan dan mengamankan pelaku. Namun, pelaku seolah tidak ingin ditangkap dan melakukan perlawanan dengan cara memukul wajah personel opsnal Sat Res Narkoba. 

"Terjadilah pergumulan disawah, karena khawatir pelaku merampas senjata personel opsnal dan dikhawatirkan melarikan diri, maka dilakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali," kata Kasat.

Namun, sebut dia, tembakan peringatan tidak dihiraukan pelaku. Selanjutnya karena tidak dihiraukan maka dilakukan tindakan tegas dan terukur. Petugas terpaksa menembak pelaku ke arah kaki kiri. Namun tidak membuat pelaku menyerah. Bahkan membuat pelaku semakin beringas melakukan perlawanan.

"Pelaku terus berontak mesti kita melakukan tembakan peringatan dan berusaha melumpuhkannya dengan menembaknya," terangnya.

4. Sempat berusaha kabur mesti sudah kena tembak

Sempat Berkelahi dengan Polisi, Pengedar Sabu Ditembaktactical-life.com

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sambung Adi, maka dilakukan lagi tembakan ke arah paha kanan. Akan tetapi, lagi-lagi tidak membuat pelaku menyerah dan bahkan pelaku melarikan diri. Tetapi tidak jauh berlari, pelaku lemas dan terjatuh ke dalam parit kecil. 

"Anggota di lapanganpun langsung mengamankan pelaku. Setelah itu team opsnal unit 1 membawa tersangka kerumah sakit Umum Tanjung Pura, guna pengobatan dan selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumut untuk perawatan medis selanjutnya," jelasnya. 

Selain mengamankan pelaku, papar dia, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti 1 bungkus plastik transparan ukuran kecil, berisikan diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat kotor sekitar 0,50 gram.

Baca Juga: Website PN Sidimpuan Diretas: Bodohkah Aku Karena Terlalau Mencintaimu

Topic:

  • Arifin Alamudi

Just For You