Comscore Tracker

Rasyid Dongoran, Aktivis Lingkungan yang Kini Jadi Wakil Bupati Tapsel

Mantan aktivis HMI ini memilih terjun ke dunia politik

Alumunus Universitas Sumatera Utara ini memang tidak begitu banyak dikenal di dunia politik. Ia lebih dikenal sebagai aktivis lingkungan dan konservasi yang kini menjadi Wakil Bupati Tapanuli Selatan menggantikan Aswin Efendi Siregar.

Rasyid adalah buah perkawinan Ayah Berasal dari Desa Sihulambu dan Ibu Berasal dari Desa Lobutayas dimana ke-2 desa merupakan Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan

Lebih akrab dipanggil RADO, Rasyid sering menjadi pembicara di acara-acara seminar untuk dalam maupun luar negeri yang membahas masalah pertanian berkelanjutan dan lingkungan hidup.

Tidak perlu diherankan, RADO muda memang terkenal sebagai sosok yang rajin dan pantang menyerah. Bahkan, selama ia menempuh pendidikan tinggi, ia sering mendapatkan beasiswa.

Baca Juga: Perjuangan Erwin Menyelamatkan Habitat Penyu di Pantai Barat Muara Upu

1. Mantan aktivis HMI yang memilih terjun ke dunia politik

Rasyid Dongoran, Aktivis Lingkungan yang Kini Jadi Wakil Bupati TapselWakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran (Kanan) bersilaturahmi ke rumah Wali Kota Medan masa jabatan 2010-2013, Rahudman Harahap (Dok. IDN Times)

Meskipun RADO tidak banyak dikenal di dunia politik, namun kecerdasannya sudah diakui di dunia internasional. RADO bahkan pernah mendapatkan penghargaan secara pribadi dari Ratu Inggris atas gagasan cemerlang yang diberikannya.

Suami dari seorang dokter ini tidak hanya menguasai Bahasa Inggris, namun ia juga menguasai Bahasa Perancis.

Nilai tambah yang dimiliki Rasyid Assaf Dongoran membuatnya lebih mudah untuk belajar lebih banyak dan mengadopsi tata pemerintahan yang baik dari negara lain untuk diterapkan di daerahnya. 

Rasa pengabdiannya terhadap daerah juga didukung oleh pasangan yang memiliki minat yang sama. Menikahi seorang dokter, membuat RADO dan pasangannya memahami betul tentang masyarakat karena selalu bersinggungan langsung dengan masyarakat sekitar.

Mantan aktivis HMI ini mengaku memiliki semangat dan keyakinan yang kuat untuk bisa mengenal urusan pertanian, Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK), industri kecil, dan pencegahan bencana alam

Ayah dari 2 orang anak ini juga dikenal memiliki banyak jaringan yang kuat di Partai Golkar.

2. Bergabung dengan Partai Golkar

Rasyid Dongoran, Aktivis Lingkungan yang Kini Jadi Wakil Bupati TapselWakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran (Kiri) (Dok. Pribadi)

Rasyid Dongoran mengenyam bangku sekolag dasar di SD Negeri 060851 Medan. Putra asli Binjai ini kemudian melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 11 Medan.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 2 Bukit Tinggi. RADO lalu melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar sarjana dan magister di Universitas Sumatera Utara.

Pada tahun 2003, karir politik Rasyid Dongoran dimulai. Ia memutuskan bergabung menjadi anggota Golkar melalui DPD Golkar Tapanuli Tengah dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Sumatera Utara.

Pada tahun 2003 juga, ia menjadi staff pengajar di Universitas Sumatera, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Ia bekerja hingga tahun 2005.

Tahun berikutnya yaitu tahun 2006-2007, RADO menjadi salah satu Staff RTI International-Indonesia pada Local Governance Support Program United States Agency for International Development (USAID)

Satu tahun kemudian, RADO bekerja di German Agro hingga tahun 2009.

3. Memenangkan Pilkada Tapsel bersama Dolly Pasaribu

Rasyid Dongoran, Aktivis Lingkungan yang Kini Jadi Wakil Bupati TapselDolly Putra Parlindungan Pasaribu, Bupati Tapsel dan Rasyid Dongoran (Dok. IDN Times)

RADO sempat tercatat aktif beberapa tahun sebagai konsultan DPRD dan Pemerintah Daerah dalam sebuah program tata kelola pemerintahan baik dan bersih.

Tahun 2010, Rasyid menjadi Direktur Eksekutif Sumatra Rainforest Institute selama 8 tahun. Pada masa ini, ia menikahi pujaan hatinya yang berprofesi sebagai dokter spesialis penyakit saluran pernafasan.

RADO kemudian melanjutkan karirnya di dunia politik menjadi Wakil Bupati Tapanuli Selatan untuk periode 2021-2024 mendampingi Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.

Memiliki kecerdasan yang mumpuni, aktif di dunia politik, dan memiliki semangat mengabdi.

Apakah kriteria ini adalah kriteria ideal seorang pemimpin menurut Anda?

Profil 

Nama : Rasyid Assaf Dongoran
Tempat, Tanggal Lahir : Binjai, 06 Februari 1976
Agama : Islam
Pasangan : Sri Rezeki Arbaningsih

Baca Juga: Mengenal Dolly Pasaribu, Account Officer Bank yang Jadi Bupati Tapsel

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya