Comscore Tracker

Lari Bareng Warga Medan, Gubernur Ganjar Sempat Deg-degan

Friendship Run merupakan pra-event Borobudur Marathon Run

Medan, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lari bareng warga medan dalam acara Bank Jateng Friendship Run yang digelar di Istana Maimun Medan, Minggu (25/9/2022) pagi.

Friendship Run ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 12-13 November 2022.

Mengusung tagline “Stronger to Victory”, sebelumnya, acara pra-Borobudur Marathon itu telah singgah di Semarang dan Jakarta. Selanjutnya, ajang itu akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Oktober mendatang.

Medan menjadi tuan rumah ketiga Bank Jateng Friendship Run pada Minggu (25/9/2022). Mengambil start dan finish di Istana Maimun Medan dengan rute sepanjang 5 kilometer, Bank Jateng Friendship Run di Medan ini diikuti oleh sekitar 800 runners yang akan menghadirkan perpaduan budaya melalui tarian Kuntulan khas Magelang dan Tarian Zapin khas Melayu sebagai pembuka.

Dengan biaya pendaftaran Rp 100 ribu, para peserta mendapatkan jersey, BIB, dan kupon pawone. Kemudian, mereka yang berhasil menembus garis finish dengan cut off time 75 menit berhak mendapatkan syal penamat.

Flag off Bank Jateng Friendship Run dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, serta Wakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo.

Baca Juga: Ngakak, Babe Cabita Cosplay Intan Lembata untuk Ucapkan Ultah Istri

1. Ganjar berharap banyak warga Medan yang ikut Borobudur Run

Lari Bareng Warga Medan, Gubernur Ganjar Sempat Deg-deganBank Jateng Friendship Run pra-event Borobudur Run di Medan, Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Ganjar mengaku sempat deg-degan saat mau ikut lari tadi pagi. Pasalnya hujan sedang melanda Kota Medan. Namun akhirnya hujan mulai reda dan saat flag off hanya gerimis.

"Sempat degdegan karena hujan, tapi runners medan ternyata suka juga cuaca begini, suasanya syahdu katanya," ujar Ganjar diikuti tawanya.

Ganjar juga berterima kasih pada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang memfasilitasi acara ini sehingga bisa berlangsung dengan lancar dan seru.

“Saya juga berterima kasih karena pemanasan itu menuju Borobudur Marathon luar biasa pesertanya, saya ikuti mereka sepanjang rute. Senang ya, mudah-mudahan suasananya juga akan terjadi di Makassar, juga di Jakarta. Tadi saya tanya apakah mau ikut lagi Friendship Run di beberapa kota, mereka tertarik. Mudah-mudahan banyak warga Medan yang ikut Borobudur Run nanti,” ungkapnya.

2. Orang-orang rindu bergerak dan berkegiatan bareng

Lari Bareng Warga Medan, Gubernur Ganjar Sempat Deg-deganBank Jateng Friendship Run pra-event Borobudur Run di Medan, Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, Friendship Run di empat kota adalah salah satu inovasi terbaru dari Borobudur Marathon. Ajang itu digelar agar pecinta lari dari sejumlah wilayah di Tanah Air bisa ikut merasakan kemeriahan Borobudur Marathon, walaupun tidak bisa hadir di Magelang, November 2022.

”Pandemi sangat menekan. Sekarang, orang-orang butuh healing (pemulihan), salah satunya melalui olahraga. Tetapi, olahraganya bukan hanya untuk prestasi, melainkan lebih ke rekreasi. Borobudur Marathon menawarkan itu, yaitu berlari di tengah wisata alam, budaya, kuliner, dan (sambutan) warga setempat yang hangat,” kata Budiman Tanuredjo.

”Kita lihat semangat para peserta sangat luar biasa, antusiasme mereka begitu tinggi. Itu menunjukkan, pasca-pandemi, orang-orang rindu bergerak dan berkegiatan bareng,” ungkap Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno. Antusiasme itu sesuai tema Borobudur Marathon 2022 yang akan digelar di Magelang, Jateng, 12-13 November mendatang.

”Dengan tema 'Stronger to Victory', kami juga mencoba menyebarkan semangat kebangkitan kepada masyarakat Indonesia yang isinya orang-orang optimistis,” ujar Supriyatno kemudian.

Sementara itu, Kelly Tandiono, model sekaligus Brand Ambassador Borobudur Marathon mengaku senang bisa turut serta dalam ajang lari tersebut. Selain mewadahi hobi para pelari, kegiatan ini juga dinilai bisa mengangkat perekonomian para pelaku UMKM lokal. Pada November, Kelly akan berlari bersama 5.000 peserta Bank Jateng Tilik Candi.

3. Kenalkan budaya, kriya, dan kuliner Jawa Tengah pada warga Medan

Lari Bareng Warga Medan, Gubernur Ganjar Sempat Deg-deganBank Jateng Friendship Run pra-event Borobudur Run di Medan, Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Tak berbeda dengan penyelanggaraan sebelumnya, selain berlari, rangkaian Bank Jateng Friendship Run menampilkan budaya dan kuliner lokal untuk menghadirkan pengalaman berlari yang berbeda. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon yang diharapkan mengungkit perekonomian masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dilibatkan untuk menjual produk mereka dalam booth pawone.

Pada gelaran Bank Jateng Friendship Run di Medan terdapat 7 pawone yang terdiri atas 4 pawone kuliner dan 3 pawone kriya yang bergabung dalam “mini pasar harmoni”. Untuk kuliner terdapat Bakmi Jowo Kliwon, Angkringan Mangut Beong, Kupat Tahu Yu Nah, Nasi Urap Bu Tutik.

Sementara, untuk kriya terdapat Laser Production, Jerawood, dan Batik Nok Yas. Mini pasar harmoni hadir pada setiap kota tuan rumah Bank Jateng Friendship Run dengan membawa keunikan kuliner, budaya dan masyarakat Magelang yang bertemu ciri khas setiap kota yang didatangi.

Inilah keunikan Bank Jateng Friendship Run, dengan meleburnya budaya Magelang dengan keunikan budaya Semarang, Jakarta, Medan dan Makassar.

Budaya Medan yang dapat disimak antara lain tarian medley, tarian zapin Melayu dan tarian kuntulan Magelang sebagai tarian pembuka serta tari tor-tor untuk membuka kegiatan di main stage sekaligus memperkenalkan jersey dan medali, serta iringan musik Melayu dan marching band yang menggelorakan semangat para runners di sepanjang rute lari.

Sederet kegiatan seru dan menyenangkan juga hadir di gelaran Bank Jateng Friendship Run di Medan. Di antaranya pemilihan best costume, kompetisi foto Instagram, hingga permainan khas pasar malam akan dihadirkan untuk meramaikan race central. Lempar gelang dan tendang bola berhadiah akan dapat dicoba oleh pelari yang meramaikan race central.

Tak ketinggalan, acara kian semarak dengan beragam doorprize menarik, di antaranya sepeda lipat, TV LED, smartphone, smart watch, voucer belanja @500 ribu, dan voucher menginap hotel Santika.  

Baca Juga: Penyakit Alzheimer, Dianggap Remeh Berujung Penyesalan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya