Jelang Idul Adha, Rajesh Shelwa Siapkan 189 Sapi untuk Kurban

Harga mulai puluhan hingga ratusan juta

Binjai, IDN Times - Jelang hari Raya Idul Adha permintaan sapi di pasar mengalami peningkatan.

Melihat tingganya permintaan tersebut, peternak sapi di Langkat melakukan pengumpulan dan pembesaran hewan sapi agar siap dipasarkan sebelum lebaran Idul Adha.

Salah satu peternakan yang mulai mengumpulkan dan membesarkan serta menggemukkan sapi berada di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat.

"Memang setiap tahunya permintaan meningkat dipasaran ketika memasuki hari besar seperti ini," kata peternak sapi Rajesh Shelwa, Selasa (9/7).

1. Jumlah sapi meningkat sampai 189 ekor

Jelang Idul Adha, Rajesh Shelwa Siapkan 189 Sapi untuk KurbanIDN Times/Handoko

Di lokasi peternakan ini, jelas dia, sedikitnya ada 189 ekor sapi yang siap untuk dipasarkan saat lebaran Idul Adha mendatang. Jenis dan bobot masing-masing sapi juga berbeda, di antaranya sapi lokal dengan berat dari 70 kilogram hingga seratus kilogram. 

"Sebelumnya kita hanya memelihara puluhan ekor saja, namun seiring waktu menjelang Hari Raya Idul Adha, kita menambah pasokan dari peternak lain, kita merawat dan membesarkan hingga nanti dijual kembali," terangnya.

Baca Juga: KPU Binjai Ajukan Anggaran Rp17 Miliar untuk Pilkada 2020

2. Harga mulai puluhan hingga ratusan juta

Jelang Idul Adha, Rajesh Shelwa Siapkan 189 Sapi untuk KurbanIDN Times/Handoko

Untuk harga sendiri, papar dia, bervariasi mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta. Harga ini tergantung berat bobot dan jenis lembu yang akan dibeli.

"Selain itu, ada juga jenis sapi limosin yang mencapi berat hingga lebih dari satu ton. Untuk harga pemasaran juga beragam, dari Rp12.500.000 hingga ratusan juta rupiah," sebutnya.

3. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Idul Adha

Jelang Idul Adha, Rajesh Shelwa Siapkan 189 Sapi untuk KurbanIDN Times/Handoko

Rajesh Shelwa mengatakan, hampir seluruh sapi yang dipeliharanya baru dibeli dari berbagai daerah. Seluruh sapi tersebut disiapkan untuk lebaran qurban mendatang. 

"Pemeliharaan dan pakan ternaknya tidak sulit. Setiap hari berat sapi terus mengalami penambahan sesuai dengan pakan ternak yang diberikan. Diharapkan sapi-sapi yang ada bisa memenuhi target untuk sapi qurban," ucapnya.

Baca Juga: Giovan, Crosser Cilik Asal Langkat yang Berani Ikut Kejurnas Motocross

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya