TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pagi Ini Gunung Sinabung 3 Kali Erupsi, Kolom Abu Tertinggi 2 Km

Dalam sepekan, Sinabung sudah enam kali erupsi

Sejumlah pengendara melintas di Jalan Karo-Langkat dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Kutarayat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Karo, IDN Times – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali menunjukkan aktivitasnya, Kamis (13/8/2020). Sinabung sudah memuntahkan materialnya sebanyak tiga kali pagi ini.

Sinabung sebelumnya sudah mengalami erupsi pada Sabtu 8 Agustus 2020 dan Senin 10 Agustus 2020. Kolom abu tertinggi yang terpantau saat itu adalah 5 Km.

Baca Juga: Erupsi Gunung Sinabung, Petani Alami Kerugian Capai Rp41 Miliar

1. Erupsi pertama hari ini terjadi pukul 06.07 WIB

Erupsi Sinabung, Kamis (13/8/2020). (Istimewa)

Kepala Pos Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra menjelaskan, erupsi Sinabung pertama kali terjadi pada pukul 06.07 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik lebih kurang 1 Km.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur, tenggara.  Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi 719 detik.

Erupsi kedua menyusul pukul 08.02 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik sama dengan sebelumnya.

2. Tinggi kolom erupsi terakhir mencapai 2 Km

Erupsi Sinabung, Kamis (13/8/2020). (Istimewa)

Erupsi yang tercatat paling besar hari ini terjadi pukul 08.31 WIB. Tinggi kolom abu teramati 2 Km dari atas puncak.

Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 1035 detik. “Masih ada aktifitas asap dan abu tebal. Angin masih berhembus ke arah tiga kecamatan,” ujar Armen.

Aktifitas kegempaan juga masih terjadi. Namun kekuatannya terus mengecil. “Tadi sempat tremor besar. Tapi saat ini sudah mengecil,”  ungkap Armen.

Baca Juga: [BREAKING] Sinabung Erupsi Lagi, Semburan Kolom Abu Makin Tinggi

Berita Terkini Lainnya