MIND ID Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp300 Juta

Tulis perkembangan pertambangan tanah air

Medan, IDN Times- Holding industri pertambahan tanah air MINDS ID bekerja sama dengan Perum LBN Antara menggelar kompetisi jurnalistik tahunan bertajuk MediaMIND 2023. Kompetisi artikel, foto dan video itu berhadiah total Rp300 juta.

Sosialisasi kompetisi itu digelar di Medan, Selasa (1/8/2023). Selain itu sosialisasi juga digelar serentak di Kendari, Surabaya, Palembang dan Jakarta.

Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika mengatakan melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Medan dan Indonesia pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat soal program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID.

Masyarakat, dia melanjutkan, berhak mendapatkan literasi soal pertambangan nasional yang mendetail dan berbasis data akurat.

"Sehingga bersama MIND ID para jurnalis dan masyarakat bisa bersama-sama memberikan nilai tambah untuk Indonesia dan menyukseskan program pemerintah," tutur Pratiwa.

1. Inalum menjadi satu-satunya anggota holding yang berada di Sumut

MIND ID Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp300 JutaVice President Smelter Government Relation and External Communication PT Inalum Fajri Ramadhan (IDN Times/Doni

Di Sumatra Utara sendiri PT Inalum menjadi satu-satunya anggota holding yang beroperasi dan kemungkinan besar bisa menjadi objek tulisan para jurnalis di Sumut.

Vice President Smelter Government Relation and External Communication PT Inalum Fajri Ramadhan mengatakan, dengan tema kompetisi "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" diharapkan tulisan-tulisan para jurnalis bisa memberi nilai tambah. Terutama dalam mendukung hilirisasi yang digaungkan pemerintah. 

Inalum sendiri saat ini sedang menggeber program hilirisasi nasional. Selama ini media turut memberitakan pencapaian-pencapaian dan target Inalum untuk menjadi pemasok aluminium terbesar tanah air.

"Jadi memiliki kontribusi bukan hanya untuk individu jurnalis dan media, tetapi juga kepada Inalum, MIND ID serta masyarakat Sumatera Utara dan Indonesia," kata Fajri.

Sementara Corporate Communication PT Inalum Gilang Sukma menjelaskan sedikit profil Inalum yang berdiri sejak 6 Januari 1976. Sejak 21 Maret Inalum sudah split off dan kiniberubah menjadi anggota holding.

"Saat ini Inalum punya tiga anak perusahaan agar misi kita memenuhi kebutuhan aluminium nasional terpenuhi. Kita punya tiga anak perusahaan PT Borneo Alumina Indonesia, PT Indonesia Aluminium Alloy serta PT Indonesia Papua Mineral & Metal MIND ID Trading. Nilai tambah jika Inalum bisa mensinergisasikan rantai pasok aluminium dari hulu ke hilir," tambahnya. 

Saat ini permintaan aluminium nasional cukup besar. Inalum saat ini masih memproduksi 250 ribu ton. "Kita berusaha memenuhi permintaan itu. Tungku-tungku di-upgrade agar bisa memproduksi ingot dalam jumlah lebih besar. Kita juga fokus pada pendidikan, UMKM dan lingkungan. Kita punya tugas besar inalum gak hanya besar di Sumut tapi juga di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: 3 Program Utama Inalum Bantu Pencegahan Stunting di Sumut

2. Pengumpulan karya dimulai 24 Juli sampai 14 September mendatang.

MIND ID Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp300 JutaCorporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika berbicara pada sosialisasi MediaMIND ID 2023 di Medan, Selasa (1/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Pengumpulan karya jurnalistik telah dimulai sejak 24 Juli-14 September 2023. Ada empat kategori karya yang dilombakan yaitu karya tulis "hard news", karya tulis "feature", karya video berita dan karya foto.

Seluruh produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema yakni

1. Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID.

2. Komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi.

3. Ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah.

4. ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan "sustainability" dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).

 

3. Total hadiah terbesar untuk kompetisi jurnalistik Rp300 juta

MIND ID Gelar Kompetisi Jurnalistik Berhadiah Total Rp300 JutaSosialisasi MediaMIND ID 2023 di Medan, Selasa (1/8/2023) (Dok.Istimewa)

Adapun total hadiah untuk para pemenang MIND ID lebih dari Rp300 juta. Nantinya setelah semua karya terkumpul, produk jurnalistik tersebut akan disaring oleh tiga juri praseleksi yaitu Maha Eka Swasta (juri foto dari LKBN Antara), Mysister Silvilona Tarigan (juri video dari Kompas TV) dan Azis Husaini (juri teks dari Kontan).

Kemudian, akan ada 33 finalis terpilih yang selanjutnya mengikuti "Media Site Visit" pada 3 Oktober 2023. Ke-33 finalis ini masing-masing akan mendapatkan Rp3 juta.

Mereka selanjutnya dibagi ke tiga kelompok, masing-masing beranggotakan 11 orang, untuk mengunjungi perusahaan anggota MIND ID yang berada di tiga tempat yaitu Medan, Halmahera Timur dan Palembang.

Di lokasi itu, para finalis akan melakukan liputan untuk membuat satu karya yang akan kembali dilombakan. Karya-karya mereka dikumpulkan maksimal 15 November 2023 dan akan dinilai oleh Dewan Juri.

Dewan Juri itu terdiri dari lima orang yaitu Ketua IMEF Singgih Widagdo, Pemimpin Redaksi CNN TV Titin Rosmasari, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, Kurator Independen dan Founder Matawaktu.org Oscar Motuloh dan Pemimpin Redaksi Narasinewsroom Zen RS.

Dewan Juri menentukan empat karya terbaik dari masing-masing kelompok yang beranggotakan 11 orang tersebut. Sebanyak 12 jurnalis terunggul itu berhak atas hadiah masing-masing Rp10 juta.

Kemudian, ke-12 karya tersebut akan dikompetisikan lagi untuk menemukan tiga karya "best of the best" yang akan meraup hadiah Rp20 juta per orang. Artinya, mereka yang sukses menjadi "best of the best" total mengumpulkan Rp33 juta.

Di luar itu, 12 jurnalis terbaik juga berhak untuk bersaing memperebutkan tiga tempat sebagai "juara favorit" yang meraup hadiah senilai Rp3 juta per orang.

Adapun para pewarta yang mengikuti MIND ID 2023 dapat mengirimkan karya untuk lebih dari satu kategori dengan maksimal lima produk jurnalistik per kategorinya.

Baca Juga: MIND ID Ungkap Alasan Mau Jadi Pemegang Saham Pengendali Vale

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya