Comscore Tracker

Sejuta Wisatawan, Jokowi akan ‘Marketing-i’ Danau Toba Besar-besaran  

Tano Ponggol akan diperluas agar kapal besar bisa masuk

“Kita akan promosikan, marketing-i secara besar-besaran Danau Toba,” ujar Presiden Joko Widodo usai kunjungan kerja selama tiga hari di Kawasan Danau Toba, Rabu (31/7).

Samosir, IDN Times - Optimisme pembangunan Danau Toba sebagai destinasi superprioritas ditunjukkan pemerintahan. Meski pun masih ada aspek yang masih menjadi hambatan.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi Danau Toba selama tiga hari terakhir. Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan terakhir Samosir.  Dia menjajal semuanya untuk memastikan pembangunan infrastruktur berjalan lancar.

Sejumlah menteri dan kepala pun mendampinginya. Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Lalu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Dana Rp3,5 Triliun dikucurkan untuk membangun  kawasan Danau Toba. Lalu bakal dibantu investasi non-APBN.

Baca Juga: Jokowi Sampai ‘Melongo’ Dengar Cerita Batak Makan Orang 

1. Setelah infrastruktur rampung maka promosi besar-besaran harus dilakukan

Sejuta Wisatawan, Jokowi akan ‘Marketing-i’ Danau Toba Besar-besaran  IDN Times/Prayugo Utomo

Jokowi sudah menjajal Jalan Lingkar Samosir yang menyisakan 21 km lagi. Dia juga meninjau pembangunan dermaga di Muara. Lalu sejumlah infrastruktur lainnya.

Terakhir dia meninjau progres pembangunan terusan Tano Ponggol di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Jika rampung 2020 mendatang promosi bakal dilakukan secara masif untuk menarik wisatawan datang. Target 1 juta wisatawan mancanegara ke Danau Toba optimis tercapai.

“Semuanya akan direhab total. Pasar souvenir kemudian pasar yang di sini (Onan Baru) akan dikerjakan tahun ini dan tahun depan, akan diproses semuanya termasuk dermaga dan pelabuhan nanti kapal juga ditambah. Dermaganya semua selesai setelah itu akan kita promosikan, Marketing-i secara besar-besaran Danau Toba,” ungkap Jokowi.

2. Promosi dilakukan masif tahun depan

Sejuta Wisatawan, Jokowi akan ‘Marketing-i’ Danau Toba Besar-besaran  IDN Times/Prayugo Utomo

Dalam pariwisata, promosi hal utama yang harus dilakukan. Agar nantinya wisatawan banyak yang datang.

Tahun depan Danau Toba bakal masif dipromosikan. Menyusul target rampungnya semua infrastruktur yang digarap.

“Setelah selesai prosesnya, artinya Insyaallah tahun depan setelah produknya betul-betul selesai. Termasuk ini Tano Ponggol ini pekerjaan besar dilebarkan 80 meter sehingga nanti kapal itu bisa keliling Pulau Samosir,” ungkapnya.

3. Terusan Tano Ponggol potensi besar datangkan wisatawan

Sejuta Wisatawan, Jokowi akan ‘Marketing-i’ Danau Toba Besar-besaran  IDN Times/Prayugo Utomo

Terusan Tano Ponggol terus dikebut. Tano Ponggol diperluas supaya bisa dilintasi kapal besar. Sehingga pulau Samosir bisa dikelilingi.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan, pembangunan di Danau Toba terus dikebut. Ke depan pemerintah juga akan menarik para investor untuk melakukan pembangunan.

“Kita berharap kapal-kapal nanti dapat berlabuh di sini bisa berkeliling Danau Toba tanpa ada halangan. Selama ini alurnya sangat sempit sehingga kapal-kapal tidak melewatinya, termasuk bus air yang diusulkan Menteri Perhubungan,” pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Bakal Cabut Izin Perusahaan Perusak Danau Toba? Ini Jawabannya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya