Ceramah soal Salib Viral, Ustaz Abdul Somad akan Tetap Bertausiah 

UAS minta umat Islam tidak terpancing provokasi

Medan, IDN Times - Ustaz Abdul Somad berceramah di Masjid Agung Kota Medan, Selasa (20/8). Jemaahnya membludak.

Dalam kesempatan itu, ulama yang akrab disapa UAS itu kembali menanggapi pertanyaan soal video tentang ceramahnya yang viral. Karena dianggap sebagian kelompok telah menista agama.

Persoalan videonya yang mengungkit soal patung salib dilaporkan ke Mabes Polri. Klarifikasi sudah dilakukan UAS. Namun wacana soal itu terus hangat di pemberitaan media masa dan jagat media sosial.

1. UAS bilang kalau ceramahnya soal patung salib berdasarkan hadis nabi

Ceramah soal Salib Viral, Ustaz Abdul Somad akan Tetap Bertausiah IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

Dalam kesempatan ceramah di Kota Medan, UAS kembali ditanyai oleh jemaah ihwal ceramah patung salib. Dia kembali menegaskan jika ceramah itu dilakukannya di dalam komunitas dan tertutup.

"Saya berceramah dalam masjid, di tengah orang Islam orang bertanya tentang patung saya jawab menurut hadis nabi, dilaporkan," ujar UAS di hadapan ribuan umat Islam yang hadir.

Baca Juga: Kasusnya Disamakan dengan Ustaz Abdul Somad, Begini Reaksi Ahok

2. UAS tidak gentar dan akan terus bertausiah meski dilaporkan

Ceramah soal Salib Viral, Ustaz Abdul Somad akan Tetap Bertausiah IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

UAS mengatakan meskipun dirinya dilaporkan oleh berbagai pihak tidak akan menyurutkan dirinya untuk bertausiah.

"Kalau diturutkan susah hati, tak sanggup ceramah. Apa enggak susah hati, nama awak uda masuk mabes. Kenapa lancar aja ustaz ceramah sekarang? macam nggak ada masalah aja kami tengok? Karena semangat orang-orang salih kita pun ikut bersemangat," ujar UAS.

Semangat itu, kata UAS di dapat dari para jemaahnya. Salat dan Zikir juga jadi kinci UAS menjaga asa.

3. Ingatkan umat Islam jangan terpancing wacana dan menambah kisruh

Ceramah soal Salib Viral, Ustaz Abdul Somad akan Tetap Bertausiah IDN Times/dok Humas Pemprov Sumut

UAS pun mengingatkan umat Islam untuk todak terpancing provokasi dari oknum tertentu. Itu dikatakannya saat menjawab jemaah yang bertanya apakah boleh berjihad untuk membela dirinya.

"Saya sebagai warga negara yang baik, saya tidak melakukan kesalahan, maka orang yang pakar hukum pengacara akan melihat apakah Abdul Somad melanggar pengajian di ruang tertutup,"  ujar UAS

"(Saya) Menjawab pertanyaan di tengah umat Islam,  menjelaskan akidah umat bukan di TV One bukan di televisi, bukan di tanah lapang bukan menghujat dan mencela orang. Maka kita bersikap adil saya tidak mau melibatkan orang banyak," pungkasnya.

Untuk diketahui, ceramah UAS santer di media sosial. Ceramah itu berisi soal hukum melihat salib. Itu pun karena UAS ditanyai oleh jemaahnya.

Video itu di ambil di Pekanbaru pada 2016 lalu. Buntut dari viralnya video itu, UAS dilaporkan ke Mabes Polri. Pelapor pertama adalah Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Penyebar video itu pun kabarnya juga dilaporkan. Dalam video itu UAS dianggap menista agama.

Baca Juga: Soal Ceramah yang Jadi Viral, Ini Klarifikasi Ustaz Abdul Somad

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya