BKSDA Evakuasi Orangutan Jantan yang Masuk Kebun Warga di Aceh Selatan

Dua jari hilang diduga akibat terkena jerat

Banda Aceh, IDN Times - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi satu individu Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii di kawasan Gampong Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (1/6/2023).

“Yang terjebak di kebun masyarakat dan merusak beberapa tanaman kelapa dan jagung di wilayah Gampong Ujung Mangki,” kata Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Alza, Sabtu (3/6/2023).

Evakuasi dilakukan tim gabungan dari Resort Wilayah 16 Tapaktuan Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Aceh dibantu Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC), Fakultas Konservasi Leuser (FKL).

1. Terpaksa ditembak bius sebelum dievakuasi

BKSDA Evakuasi Orangutan Jantan yang Masuk Kebun Warga di Aceh SelatanSatu individu Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii yang masuk ke kebun warga di Aceh Selatan dievakuasi Tim Gabungan BKSDA Aceh. (Dokumentasi informan untuk IDN Times)

Penyelamatan dikatakan Gunawan, dilakukan pada Rabu (31/5/2023) usai Resor Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Aceh menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya orangutan yang terkena jerat di kebun jagung warga Gampong Ujung Mangki.

Laporan kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan evakuasi pada Kamis. Orangutan yang bakal dievakuasi terpaksa ditembak menggunakan senjata bius untuk mempermudah tim melakukan penyelamatan.

“Penyelamatan atau evakuasi terhadap satu individu Orangutan Sumatera dengan menggunakan senjata bius,” ujarnya.

Baca Juga: Satu Warga Tewas, BKSDA Pasang Kadang Jebak untuk Harimau

2. Terdapat bekas luka terkena jerat, akan dibawa ke pusat rehabilitasi di Sibolangit

BKSDA Evakuasi Orangutan Jantan yang Masuk Kebun Warga di Aceh SelatanSatu individu Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii yang masuk ke kebun warga di Aceh Selatan dievakuasi Tim Gabungan BKSDA Aceh. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Gunawan menyampaikan, dari hasil observasi di lapangan oleh tim medis, orangutan tersebut berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia lebih 20 tahun. Selain itu, ditemukan luka bekas jerat di kaki kiri.

“Yang menyebabkan jari manis dan telunjuk putus serta terjadi pembusukan di areal telapak tangan,” ungkap Gunawan.

Untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif, usai berkoordinasi dengan BKSDA Sumatra Utara (Sumut), satwa liar dilindungi itu dibawa ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Batu Mbelin Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

3. Status Orangutan Sumatera kian punah

BKSDA Evakuasi Orangutan Jantan yang Masuk Kebun Warga di Aceh SelatanSatu individu Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii yang masuk ke kebun warga di Aceh Selatan dievakuasi Tim Gabungan BKSDA Aceh. (Dokumentasi informan untuk IDN Times)

Orangutan Sumatera atau Pongo abelii merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia. Ini berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.  

Berdasarkan The IUCN (International Union for Conservation of Nature) Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar.  

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam khususnya satwa liar orangutan Sumatera dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa dan tidak menangkap.

Lalu tidak melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati serta tidak memasang jerat ataupun racun yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi.

Bila melanggar, dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Lakukan Kekerasan Seksual ke Murid SD di Medan, Sekuriti Ditangkap 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya