Debat Pilpres, Sandiaga Uno Tak Mau Menyerang Personal Lawan

TKN soroti isu penculikan aktivis dan korupsi PT DGI

Jakarta, IDN Times - Debat calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 akan digelar pada Kamis (17/1) malam. 

Kedua kubu melakukan persiapan matang untuk menghadapi debat perdana ini.

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno mengatakan ada usulan di internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk menyerang secara personal pada debat perdana Pilpres 2019 yang akan digelar 17 Januari 2019.

Namun, usulan tersebut ditolak oleh Calon Presiden Prabowo Subianto. Sandiaga juga lantas berjanji untuk tidak melakukan usulan dari timnya.

"Memang ada usulan dari BPN tapi ditolak oleh Prabowo. Prabowo tak ingin saling menyerang. Pak Prabowo ingin semuanya dilakukan dengan penuh rasa saling menghormati dan santunan dalam budaya kita," ujar Sandiaga saat ditanya soal persiapan debat perdana di Kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/).

1. Simulasi debat Sandiaga tidak ada persiapan untuk menyerang lawan

Debat Pilpres, Sandiaga Uno Tak Mau Menyerang Personal LawanANTARA FOTO/Galih Pradipta

Perihal simulasi debat nanti, Sandiaga mengatakan tidak ada persiapan atau strategi khusus untuk menyerang lawan mereka Joko ‘Jokowi’ Widodo-Ma’ruf Amin.

"Kita pikir bahwa simulasi itu penting, tapi kita tak siapkan khusus untuk menyerang. Karena menurut saya, ini adalah bukan budaya kita saling serang-menyerang, budaya kita adalah dengan sopan santun menyampaikan gagasan kita," imbuh Sandiaga.

Baca Juga: Persiapan Debat Pilpres, Prabowo-Sandiaga Hentikan Safari Politik 

2. Sandiaga akan singgung persoalan yang ada di masyarakat

Debat Pilpres, Sandiaga Uno Tak Mau Menyerang Personal LawanANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sandiaga mengatakan  dirinya menghormati Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden dan Ma'ruf Amin selaku ulama. Namun demikian, mantan Wagub DKI itu mengaku hanya akan menyinggung persoalan yang ada di masyarakat.

"Kami tidak akan mengorek-ngorek, itu bukan gaya Prabowo-Sandi. (Kami) hanya (menyinggung) kasus-kasus yang ada di masyarakat saja, yang ditanyakan, yang menjadi pertanyaan besar. Kita akan sangat hormati presiden dan akan memuliakan Pak Kiai," kata Sandiaga.

3. TKN soroti isu penculikan aktivis dan korupsi PT DGI

Debat Pilpres, Sandiaga Uno Tak Mau Menyerang Personal LawanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Koordinator Debat TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menyinggung soal persiapan debat perdana. Ada dua hal yang disorot TKN, yaitu isu penculikan aktivis dan kasus korupsi PT Duta Graha Indah (DGI).

"Saya berpandangan ada 2 hal pokok yang saya kira akan menjadi masalah tersendiri bagi paslon 02. Pertama, kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang yang diduga dilakukan oleh Pak Prabowo. Ini saya kira menjadi hal penting yang perlu kami garis bawahi agar masyarakat tidak lupa dan mengetahui jejak rekam seseorang. Bahwa yang memimpin Indonesia ini haruslah orang-orang baik," kata Karding kepada wartawan, Selasa (15/1).

Baca Juga: Debat Pilpres 2019: Prabowo-Sandiaga Dinilai Tidak Berpengalaman

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya