Sekeluarga Keracunan, Ini Bahaya Tidur di Mobil Parkir dengan AC Hidup

Seorang anak tewas diduga keracunan gas emisi

Riau, IDN Times - Untuk kamu yang suka bepergian jauh apalagi nanti bakal mudik Lebaran, ada satu hal yang mesti diperhatikan. Dalam hal ini jika ingin beristirahat di mobil. Ditemukannya sebuah keluarga asal Pekanbaru yang mengalami keracunan gas emisi di mobilnya, Sabtu (4/5) lalu jadi peristiwa yang memilukan.

Tiga orang tersebut ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri di mobil Toyota Innova dengan nomor plat BM 1901 TJ di Jalan Lintas Riau-Sumbar, tepatnya parkiran Masjiad AT-Taqwa di depan Yonif 132/Bima Sakti Salo. Mereka ditemukan dalam keadaan mobil dan Air Conditioner (AC) menyala. Diduga mereka sedang beristirahat di mobil karena menempuh perjalanan darat dari Riau ke Sumbar.

Ketiga korban tersebut adalah Farid (40), Novantri (40) dan  Faris Alfarab (14). Kondisi pasangan suami istri tersebut masih kritis di rumah sakit. Namun nyawa Faris tak terselamatkan dan dari mulutnya mengeluarkan busa.

Baca Juga: Suzuki Jimny Terbaru akan Produksi di Indonesia, Harganya Lebih Murah

1. Awalnya karena keluarga kehilangan kontak

Sekeluarga Keracunan, Ini Bahaya Tidur di Mobil Parkir dengan AC Hiduppexels.com/@bowovisuals

Berawal dari pihak keluarga yang kehilangan kontak Farid bersama keluarga. Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Supriadi lalu melakukan pencarian. Pada akhirnya mobil ditemukan anggota Serka Saty Darma dari Bataliyon 132 Salo yang mendapati sebuah mobil yang penumpang terparkir dalam keadaan mesin hidup.

Namun saat dia coba membangunkan, ketiga penumpang tak sadarkan diri. Bahkan salah seorang penumpang di belakang mengeluarkan busa dari mulutnya. Masyarakat pun segera melakukan pertolongan namun nyawa anak tersebut tak terlolong. Sementara kedua orang tuanya mendapat perawatan di rumah sakit terdekat.

2. Mobil parkir dengan kondisi AC menyala ternyata berbahaya

Sekeluarga Keracunan, Ini Bahaya Tidur di Mobil Parkir dengan AC HidupUnsplash.com/Alexandru G Stavrica

Memang tidur di dalam mobil dengan kondisi mesin dan AC menyala menjadi salah satu hal yang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Terutama jika ingin beristirahat saat bepergian jauh. 

Keracunan disebabkan adanya gas buang kendaraan bocor dan masuk ke area kabin dan terhisap orang yang sedang tidur. Faktanya hanya butuh satu jam untuk seseorang mati lemas bila kadar oksigen di dalam kabin menurun, yang disebabkan oleh meningkatnya akumulasi karbon monoksida di kabin.

Meskipun hal itu dilakukan dengan kondisi kaca dibuka sedikit, bukan tidak mungkin kadar CO meningkat sedikit dan menurunkan kadar oksiden dalam darah yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Beda kondisi dengan kondisi sedang mengemudi atau mobil berjalan tidak keracunan CO. Hal tersebut karena dalam kondisi sadar bila temperatur berubah atau napas kurang nyaman, bisa melakukan tindakan seperti membuka jendela.

3. Jika menyalakan AC di mobil saat parkir pastikan jendela sedikit terbuka

Sekeluarga Keracunan, Ini Bahaya Tidur di Mobil Parkir dengan AC Hiduphttps://autonetmagz.com

Penumpang harus memastikan jendela dalam keadaan sedikit terbuka saat beristirahat di mobil dengan menyalakan AC. Selain itu tempat parkir harus bagus sirkulasi udaranya. 

Selain itu hindari parkir mobil di basement kemudian tidur sambil menyalakan AC, karena minimnya sirkulasi udara. Jika terpaksa harus tidur di basement,  maka AC disarankan untuk dimatikan dengan keadaan jendela terbuka.

Baca Juga: DFSK Glory 560, SUV Canggih Seharga Avanza, Ini Keunggulannya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya