TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Idul Adha Tahun Ini, 1.853 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Banda Aceh

Kecamatan Kuta Alam paling banyak menyembelih

Ilustrasi penyembelihan hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Kota Banda Aceh menctatat lebih kurang 1.853 ekor hewan kurban disembelih selama Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1443 Hijriah tahun ini.

Kurban yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat, khususnya bagi mereka kurang mampu tersebut merupakan hewan dari warga serta Pemerintah Kota Banda Aceh.

Baca Juga: Unik, Pembagian Daging Kurban di Masjid Medan Tuntungan Pakai Daun

1. Terdiri 1.410 ekor sapi dan 443 ekor kambing

Daging kurban di Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Humass Pemko Banda Aceh untuk IDN Times)

Kepala Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banda Aceh Fahrul Razi mengatakan, data 1.853 ekor hewan tersebut merupakan rekapitulasi laporan petugas dari sembilan kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seluruh kota.

“Terdiri dari 1.410 ekor lembu atau sapi dan 443 ekor kambing,” kata Fahrul, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Senin (11/7/2022).

Secara rinci, hewan kurban dari OPD berjumlah 157 ekor sapi atau lembu dan 78 ekor kambing. Sementara untuk data kurban di gampong yang dilaporkan oleh pihak kecamatan ada sebanyak 1253 ekor sapi atau lembu dan 365 ekor kambing.

2. Kecamatan Kuta Alam paling banyak menyembelih kurban

Ilustrasi. Penjual kambing kurban. ANTARA FOTO/Rahmad

Fahrul menyampaikan, OPD yang paling banyak melakukan penyembelihan hewan kurban tahun ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yakni sebanyak 183 ekor, terdiri 113 ekor sapi atau lembu dan 70 ekor kambing.

“Untuk tingkat kecamatan adalah Kuta Alam. Totalnya 278 ekor, baik sapi maupun kambing,” ujarnya.

Sementara itu, daging kurban dari para pegawai pemerintah kota, selain disalurkan bagi panti asuhan dan disabilitas, juga distribusikan ke gampong-gampong yang minim hewan kurban serta ke dayah-dayah.

Baca Juga: Uang Perusahaan Habis untuk Judi Online, Pria di Aceh Coba Bunuh Diri

Berita Terkini Lainnya