8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!

Lakukan pencegahan sebisa mungkin!

Kuku yang mengelupas sering kali menandakan masalah kesehatan atau perawatan yang kurang tepat. Dengan memahami faktor-faktor yang dapat menyebabkan kuku mengelupas, seperti kekurangan kelembapan, penggunaan produk yang tidak tepat, atau kebiasaan yang tidak sehat, kamu dapat mengambil langkah-langkah preventif yang efektif.

Dari penggunaan pelindung kuku yang tepat hingga teknik penghilangan kuteks yang benar, pencegahan dapat membantu menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang cara mencegah kuku memgelupas, langsung scroll artikel berikut, yuk!

1.  Makan makanan kaya nutrisi

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi makan sehat (pexels.com/mikhailnilov)

Makan makanan kaya nutrisi memainkan peran penting dalam mencegah kuku mengelupas. Asupan makanan yang kaya akan zat besi dan biotin, seperti alpukat, biji-bijian utuh, telur, kembang kol, dan daging tanpa lemak, membantu memperkuat struktur kuku dari dalam.

Zat besi diperlukan untuk mempertahankan kesehatan sel-sel kuku, sementara biotin berperan dalam pembentukan protein yang penting untuk pertumbuhan kuku yang kuat dan tahan lama. Daging tanpa lemak, khususnya, mengandung protein tinggi yang esensial untuk membangun kekuatan kuku, membuatnya lebih tahan terhadap masalah seperti mengelupas, patah, dan lentur.

2. Mengonsumsi multivitamin

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi suplemen (pexels.com/pixabay)

Mengonsumsi multivitamin yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, dan vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan kesehatan kuku secara keseluruhan. Nutrisi ini berperan dalam memperkuat matriks kuku dan mendukung pertumbuhan yang sehat.

Meskipun tidak secara langsung mencegah kuku mengelupas, multivitamin dapat memberikan dukungan tambahan untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh, yang dapat mempengaruhi kesehatan kuku secara positif. Namun demikian, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen untuk memastikan kecocokan dengan kebutuhan kesehatan.

3. Rendam kuku dalam minyak esensial

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi merendam kuku (pexels.com/polinatankilevitch)

Rendam kuku dalam minyak esensial seperti minyak kelapa dan minyak zaitun dapat membantu mencegah kuku mengelupas. Bahan-bahan alami ini dapat memberikan hidrasi tambahan kepada kuku dan kutikula.

Minyak kelapa, dengan sifat antibakteri dan antijamurnya, serta minyak zaitun yang kaya antioksidan dan vitamin E, membantu melindungi kuku dari kerusakan dan menjaga kelembapan alami kuku. Meskipun tidak dapat sepenuhnya mencegah kuku mengelupas, cara ini mampu membuat kuku lebih kuat dan lebih tahan terhadap kerapuhan serta kering.

4. Gunakan penghapus kuteks yang lembut

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi menggunakan hand cream (pexels.com/karolinagrabowska)

Penghapus kuteks yang lembut dapat membantu mencegah kuku mengelupas dengan cara menjaga kelembapan alami kuku. Penghapus kuteks yang mengandung aseton cenderung mengeringkan kuku dengan menghilangkan kelembapan alaminya.

Sementara itu, penghapus kuteks tanpa aseton dapat membersihkan kuteks tanpa merusak kelembapan penting dari kuku. Oleh karena itu, memilih penghapus kuteks yang lembut dapat menjadi langkah yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku.

5. Berhenti melakukan manicure berlebihan

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi memilih warna pallete (pexels.com/rodnaeprod)

Berhenti melakukan manicure berlebihan dapat membantu mencegah kuku mengelupas dengan mengurangi paparan kuku terhadap bahan kimia keras yang sering terdapat dalam kuteks. Manicure berlebihan, terutama yang melibatkan penggunaan kuteks secara terus-menerus tanpa istirahat, dapat menyebabkan kuku menjadi kering dan rapuh.

Dengan memberikan waktu bagi kuku untuk bernapas dan menggunakan kuteks yang dapat bernapas atau memilih kuku alami, kamu  dapat mengurangi risiko mengelupasnya kuku. Namun demikian, faktor-faktor lain seperti asupan nutrisi dan perawatan kuku yang tepat juga berperan dalam menjaga kesehatan kuku secara keseluruhan.

6. Hindari menggigit kuku

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi menggigit kuku (pexels.com/alenashekhovtcova)

Hindari menggigit kuku dapat membantu mencegah kuku mengelupas dengan mengurangi risiko infeksi dan kerusakan yang dapat mempengaruhi kesehatan kuku secara keseluruhan. Menggigit kuku dapat membuat kuku rentan terhadap infeksi dan kerusakan fisik lainnya, yang dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah mengelupas.

Dengan menjaga kebersihan kuku dan mencegah kebiasaan menggigit kuku, kamu dapat mempertahankan kesehatan kuku yang lebih baik. Namun demikian, faktor-faktor lain seperti perawatan kuku yang tepat dan asupan nutrisi yang cukup juga berperan penting dalam mencegah kuku mengelupas.

7. Eksfoliasi

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi nail file (pexels.com/karolinagrabowska)

Eksfoliasi dapat membantu mencegah kuku mengelupas dengan cara menghilangkan kerusakan dan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kuku terlihat kasar atau rapuh. Proses eksfoliasi dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru yang sehat di permukaan kuku, sehingga menjaga kesehatan dan kekuatan kuku secara keseluruhan.

Namun demikian, hasil yang optimal juga bergantung pada perawatan kuku yang konsisten dan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan kuku yang kuat dan sehat. Eksfoliasi juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan perawatan kuku lainnya, sehingga memperkuat perlindungan alami kuku dari kerusakan dan mengurangi risiko kuku mengelupas.

8.  Hindari menggunakan kuteks gel

8 Cara Mencegah Kuku Mengelupas, Penting untuk Penampilan!ilustrasi wanita menggunakan base coat (pexels.com/karolinagrabowska)

Menghindari penggunaan kuteks gel dapat membantu mencegah kuku mengelupas dengan mengurangi risiko kerusakan dan infeksi yang sering terkait dengan proses aplikasi dan penggunaan kuteks gel. Kuteks gel sering memerlukan penggunaan sinar UV yang dapat merusak tempat tidur kuku dan meningkatkan risiko infeksi.

Dengan memilih alternatif seperti lapisan atas yang kuat dan menjaga kebersihan kuku, kamu dapat mengurangi kemungkinan kuku mengalami masalah seperti mengelupas.  Menghindari kuteks gel juga membantu menjaga kesehatan alami kuku tanpa risiko yang mungkin timbul akibat paparan sinar UV dan penggunaan bahan kimia yang keras.

Merawat kesehatan kuku dengan baik sangat penting untuk penampilan yang rapi dan menawan. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan dan memberi perhatian yang tepat, kuku tidak hanya akan terlihat sehat, tetapi juga terlindungi dari masalah yang dapat mengganggu penampilan sehari-hari.

Baca Juga: 15 Masalah Kuku yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

S

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya