Comscore Tracker

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan 

Jangan asal pilih jurusan ya!

Medan, IDN Times - Pendidikan di Indonesia selalu menjadi sorotan publik dan pemerintah. Bagi beberapa orang, menempuh pendidikan sampai jenjang SMA saja sudah cukup. Namun, persaingan dunia kerja yang semakin tinggi membuat orang-orang berlomba untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Memilih masuk perguruan tinggi adalah salah satu pilihannya.

Jika kamu memilih jalan ini, baiknya jangan mikir yang penting kuliah dan asal ambil jurusan ya. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan sebelum memilih untuk kuliah. Apa saja? Yuk simak!

1. Pilih jurusan yang kamu suka

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan unsplash.com/javotrueba

Punya niat untuk melanjut kuliah saja tak cukup. Kamu harus tanyakan pada dirimu, bidang atau jurusan apa yang ingin kamu perdalam. Kamu harus memilih jurusan yang kamu suka dan sangat ingin kamu perdalam. Dengan rasa penasaran itu, kamu akan lebih mudah menjalankan perkuliahanmu yang padat dengan tugas dan materi dari dosen, karena kamu menyukai apa yang kamu pelajari.

2. Cari referensi terkait jurusan yang kamu inginkan

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Pexels/Judit Peter

Setelah kamu memilih jurusan yang akan kamu perdalam, cobalah untuk cari referensi jurusan tersebut. Kamu bisa cari di web, atau bertanya kepada kakak kelasmu yang kuliah di jurusan tersebut. Cari referensi terkait jurusan tersebut.

Baca Juga: 6 Pesan Ini Khusus untuk Kamu yang Mau Melanjutkan Kuliah

3. Motivasi dirimu

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan pexels.com

Setelah melakukan perkuliahan, akan ada masanya kamu merasakan kejenuhan. Itu hal yang sangat wajar. Namun, jangan biarkan rasa jenuh itu menguasai dirimu. Kamu harus bangkit dan semangat lagi atau kamu bisa mencoba untuk jalan-jalan dan refreshing ke tempat wisata sesuai inginmu. Dengan jalan-jalan, semangatmu akan kembali lagi dan kamu akan lebih termotivasi lagi.

4. Setelah menjadi mahasiswa, teruslah belajar

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan pexels.com/fauxels

Setelah menjadi mahasiswa di jurusan tersebut, kamu tidak lantas merasa puas dan tidak mau belajar lagi. Teruslah belajar dan mencoba pengalaman-pengalaman baru lainnya seperti berorganisasi. Dengan begitu, kamu bisa semakin mengenal diri sendiri dan memiliki bekal pengalaman untuk masa depanmu.

5. Hemat untuk masa depan

Sebelum Masuk Kuliah, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan debthelprightnow

Menjadi anak kuliah akan banyak cobaan yang menghampiri. Akan ada masa di mana kamu akan sering diajak nongkrong oleh teman-temanmu. Namun, karena jauh dari orangtua yang tak bisa mengontrol pergaulanmu. Kamu justru harus bisa lebih belajar untuk mengatur dirimu sendiri.

Aturlah pergaulan dan pengeluaranmu sedemikian rupa, jangan boros ya. Lebih baik kamu menabung uangmu untuk bisa dipergunakan di lain waktu dengan keperluan yang lebih penting

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Belajar Maksimal buat Kamu yang Kuliah Sambil Bekerja

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya