Comscore Tracker

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang Melanda

Semangat untuk para pejuang skripsi!

Medan, IDN Times- Skripsi adalah satu kata yang bisa membuat hatimu sontak menggebu. Untuk kegiatan yang satu ini biasanya akan dirasakan oleh para mahasiswa yang berada di tingkat akhir.

Para mahasiswa ini biasanya akan menghadapi tantangan yang sama dalam mengerjakannya. Pasti akan banyak lika-liku yang akan dirasakan.

Mulai pusing cari judul, teori, harus bimbingan dengan dosen yang terkadang sulit ditemui, dan masih banyak lainnya. Tentu saja, beban ketika mengerjakan skripsi bisa membuatmu stres, kan?

Sebenci apa pun kamu dengan kehadirannya, namun kamu dituntut harus segera menyelasaikan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres ketika proses pengerjaan skripsi. Nah, di sini IDN Times merangkum hal yang bisa kamu pakai untuk mengatasi stres ketika sedang melanda. Yuk simak!

1. Ekspresikan emosimu! Jangan ditahan ya, lepaskan saja

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang MelandaUnsplash/Lacie

Akan ada banyak sekali emosi yang menyertaimu saat mengerjakan skripsi. Senang karena berhasil menemukan jalan keluar, bahagia karena di-acc dosen pembimbing, marah karena ternyata teori yang kamu temukan salah.

Dan menangis karena merasa waktu pengumpulan semakin dekat dan sebagainya. Lepaskan saja emosi itu.

Menangislah jika itu membuatmu lebih baik. Emosi yang ditahan terus menerus gak bagus untuk dirimu sendiri. Jika sudah merasa lega, kamu akan lebih siap untuk berhadapan lagi dengan skripsi.

Baca Juga: [OPINI] Ada Banyak Suku Batak, Tapi Siapakah Batak Sebenarnya?

2. Sudah terlalu mumet? Beri jeda sejenak

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang MelandaPexels/ mentatdgt

Kita memang harus menghadapi tantangan yang ada di depan mata kita. Seperti skripsi yang sedang kita hadapi ini, dia harus kita hadapi karena kalau kita menunda, malah semakin besar risiko yang kita rasakan.

Kamu gak perlu terus menerus memaksakan diri untuk tetap mengerjakannya, jika sudah merasa mumet. Apalagi ketika kamu sudah merasa sangat suntuk bahkan stres.

Tinggalkan sejenak dan berikan waktu untuk dirimu. Melakukan sesuatu yang kamu suka, akan mengembalikan mood dan semangatmu.

3. Lakukan hal yang kamu senangi, semisal hobi

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang Melandaunsplash.com/Te NGuyen

Namanya juga hobi. Pasti kamu akan senang jika melakukannya. Kalau kamu merasa stres karena skrispi, kamu bisa langsung mengalihkan diri pada hobimu.

Apapun itu yang bisa membuat kamu merasa happy, lakukan. Tapi jangan lupa untuk kembali mengerjakan skripsi ketika kamu sudah merasa lebih baik, ya.

4. Pakai prinsip mencicil

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang Melandaunsplash/Bonnie Kittle

Kamu tahu kan, kalau skripsi itu enggak bisa dikerjakan pakai SKS alias sistem kebut semalam? Pakailah prinsip mencicil.

Setiap hari usahakan untuk membuka skripsimu. Meskipun cuma merapikan atau mengetik satu hingga tiga kalimat, tapi itu sudah selangkah lebih maju untuk bisa menyelesaikannya.

5. Beribadah juga bisa membantu menenangkan dirimu, lho

Lagi Ngerjain Skripsi? Ini 5 Cara Atasi Stres yang Datang Melandaspiritualityhealth.com

Kamu pasti setuju jika salah satu cara menenangkan diri ketika sedang gelisah dan putus asa, adalah dengan meminta pertolongan Tuhan.

Cara ini mungkin akan membantu membuat dirimu menjadi lebih tenang.

Diri yang tenang akan dapat berpikir dengan lebih fresh. Ini pasti akan membantumu untuk memikirkan jalan keluar atas masalah skripsimu.

Baca Juga: Awas Terperangkap, Ini 5 Cara Jitu Lepas dari Jeratan Cewek Matre!

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya