Comscore Tracker

7 Rekomendasi Series Sci-Fi, dari yang Ringan hingga Menegangkan

Meski ringan, kamu tetap diajak berpikir dan berpetualang

Film atau series bergenre sci-fi mengadaptasi sains di kehidupan nyata untuk kemudian dikemas dan dikembangkan melalui fiksi. Sci-fi biasanya memiliki tema tentang kehidupan manusia pasca kehancuran dunia, perjalanan waktu, dunia paralel, dan hal-hal yang bersifat futuristik lainnya.

Meski belum tentu bisa diterima oleh ilmu pengetahuan saat ini, tapi genre sci-fi biasanya memuat pesan-pesan seperti masalah sosial, politik, maupun isu-isu psikologis atau filosofis manusia. Sehingga pengalaman menonton menjadi lebih bergizi, selain tentu menghibur dan menginspirasi.

Oleh karena itu, banyak penggemar sci-fi yang tidak mau kehabisan watchlist-nya, dan selalu mencari rekomendasi film atau series yang tidak boleh dilewatkan. Maka berikut, 7 series sci-fi yang sarat dengan teori, misteri, tapi juga ringan dan penuh petualangan. Yuk, tunggu apalagi! 

1. Sweet Tooth

https://www.youtube.com/embed/9zG9RuJb3QU

Siapa yang tidak kenal Robert Downey Jr? Benar, pemeran karakter Iron Man inilah yang menyutradarai series berjudul Sweet Tooth ini. Selain sosok sutradara yang tidak asing lagi, alur cerita dari series ini juga dibawakan dengan cara yang sangat bersahabat melalui storytelling yang dinarasikan oleh James Brolin.

Sweet Tooth berkisah tentang petualangan seorang anak bernama Gus di dunia post-apocalyptic yang hancur karena sebuah wabah virus. Gus bukanlah seorang anak biasa, ia lahir di tengah fenomena unik dimana setiap perempuan yang hamil dan bersalin setelah wabah, melahirkan anak yang berwujud setengah manusia setengah hewan. Anak-anak tersebut dinamakan hibrida, dan Gus adalah salah satunya.

Series ini sama sekali tidak kekurangan aksi, dan sepanjang cerita kita disuguhi teka-teki tentang bagaimana hibrida tercipta dan korelasinya dengan merebaknya wabah. Maka, langsung aja tonton series-nya ya!

2. Secrets of Sulphur Springs

https://www.youtube.com/embed/LlMEyZJKxbQ

Masih dengan series yang rilis di tahun 2021 dengan anak-anak sebagai karakter utamanya, Secrets of Sulphur Springs adalah series yang disutradarai oleh Tracey Thomsun dengan sub-genre misteri dan bertema perjalanan waktu. Series ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Griffin dan teman sekelasnya Harper yang berusaha memecahkan misteri di rumah lama milik keluarga Griffin.

Apa yang menarik dari series ini adalah perpaduan antara unsur supranatural dan sci-fi yang menjadikan setiap misteri membuat kita bertanya-tanya apakah akan dipecahkan dengan sci-fi atau supranatural. Selain itu, nilai-nilai keluarga yang tidak lupa disisipkan juga menjadi penguat tersendiri bagi jalan ceritanya. 

Meski terkesan ringan dan ramah anak, series ini memuat banyak informasi dan detail yang tidak boleh dilewatkan. Seperti halnya series ini yang juga sayang untuk dilewatkan. Yuk, ditonton bersama keluarga!

3. Upload

https://www.youtube.com/embed/0ZfZj2bn_xg

Apa pendapatmu jika ada sebuah program yang menawarkan dirimu untuk di-upload ke sebuah dunia semacam virtual afterlife sesaat setelah kematian? Di samping fakta bahwa kita telah mempunyai keyakinan masing-masing tentang hidup setelah mati, konsep virtual afterlife tersebut agaknya menarik untuk dibayangkan. 

Mirip seperti series The Good Place yang mengusung tema afterlife, series Upload ini juga dibawakan dengan menarik dan bermuatan komedi. Bedanya adalah konsep afterlife pada series. Upload digambarkan dalam bentuk dunia virtual yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Lebih menariknya lagi, meski bergenre sci-fi yang dibawakan secara menyenangkan karena komedinya, series Upload ini sebenarnya menyimpan cerita yang cukup serius dan kompleks bahkan menjurus pada drama kriminal. So, penasaran dengan series ini? Langsung aja dimasukin ke watchlist ya!

Baca Juga: Syuting di Danau Toba, Film Ngeri-geri Sedap Tayang di Bioskop 2 Juni

4. The Society

https://www.youtube.com/embed/-MMEQA2UgXQ

Series kali ini agaknya langsung menyuguhkan kita pada situasi menegangkan dan penuh misteri. Bercerita tentang sekumpulan remaja yang terjebak di sebuah kota yang sangat mirip dengan tempat tinggal mereka. Semua orang menghilang, dan yang ada tinggal mereka yang berusaha mencari jalan keluar dan mencari tau tentang dimana sebenarnya mereka berada.

Drama dan konflik yang dibangun cukup kompleks karena sekumpulan remaja ini harus membuat tatanan masyarakat baru agar bisa bertahan hidup. Bisa dibilang sepanjang season 1 series ini adalah semacam penghantar ilmu sosial dan politik yang dikemas dengan cara yang sangat mudah dicerna, selain tentu karena dimainkan oleh karakter-karakter remaja sehingga sangat cocok untuk generasi Z yang gemar mengedukasi dirinya dengan berbagai hal.

Terdapat berbagai macam spekulasi dan teori yang berusaha menjelaskan keberadaan para remaja ini, tapi yang paling mendekati adalah konsep parallel universe. Cukup menarik dan bikin penasaran ya?

5. Manifest

https://www.youtube.com/embed/hWQ35yR651E

Manifest merupakan series yang bercerita tentang kembalinya sebuah pesawat beserta seluruh isinya setelah dinyatakan hilang selama 5 tahun. Lebih menariknya, seluruh awak kabin dan penumpang merasa bahwa perjalanan yang mereka tempuh tidak lebih waktu tempuh yang diestimasi sebagaimana mestinya. Pesawat memang sempat mengalami turbulensi namun pada akhirnya berhasil mendarat dengan selamat.

Pertanyaannya apakah yang terjadi dengan pesawat tersebut? Berbagai spekulasi dan teori serta keanehan-keanehan yang dialami oleh para penumpang membuat cerita semakin hidup, dan menguras rasa penasaran. Seperti yang terjadi pada Michaela sebagai salah satu karakter utama, yang memiliki penglihatan tentang berbagai macam hal yang akan terjadi di masa depan.

Apakah pesawat yang bernama Montego Air 828 itu melakukan perjalanan waktu tanpa disadari? Apakah para penumpang berhasil memecahkan misteri yang ada? Itulah yang membuat series ini begitu melejit dan menempati posisi pertama acara TV terbaik di Indonesia pada penayangan perdananya di Netflix. Kamu termasuk yang udah nonton belum nih?

6. The 100

https://www.youtube.com/embed/ia1Fbg96vL0

The 100 adalah salah satu series yang mempunyai banyak hal menarik yang cukup mampu menimbulkan adiksi bagi para pecinta genre sci-fi bertema post-apocalyptic. Bahkan series ini juga cocok untuk penyuka genre survival, karena konsep survival-nya pun sangat kreatif dan natural secara bersamaan.

Mengambil latar waktu sekitar 100 tahun setelah perang nuklir yang menghancurkan kehidupan di bumi, para penyintas yang tersisa dari populasi manusia tinggal di sebuah stasiun luar angkasa bernama Ark. Namun kondisi Ark berada di fase kritis sehingga dimulailah misi pengiriman 100 tahanan remaja ke bumi untuk mencari tahu apakah bumi sudah bisa dihuni kembali. 

Jalan cerita dimulai ketika 100 remaja ini pertama kali menginjakkan kaki di bumi dan merasa sangat takjub dengan keindahannya. Namun meski indah dan bisa dihuni kembali, bumi saat itu menyimpan berbagai bahaya yang tidak mereka duga. 

Tidak hanya genre, tema, dan jalan cerita yang penuh kejutan, drama yang terbangun dan konflik antar karakter dalam series ini juga mampu menyentuh berbagai macam emosi sehingga pengalaman menonton menjadi benar-benar tak terlupakan. So, tunggu apalagi!

7. Lost

https://www.youtube.com/embed/KTu8iDynwNc

Lost merupakan series yang dirilis pada tahun 2004 dan terus berlanjut hingga tamat di tahun 2010. Series ini bisa dibilang sangat jenius karena menggunakan alur cerita kombinasi antara flashback, flash forward, flash sideways, namun tetap mengasyikkan ketika ditonton dan tidak terasa rumit.

Lost bercerita tentang para penumpang pesawat Oceania 815 yang mengalami kecelakaan dan terjatuh di sebuah pulau misterius. Para penumpang yang selamat mencoba bertahan hidup di pulau tersebut sambil mencari jalan keluar dari sana. Namun tidak hanya itu, plot yang menarik membawa kita untuk mengikuti perjalanan hidup setiap karakter sebelum sampai di pulau misterius tersebut.

Sci-fi dalam film ini terletak pada tema perjalanan waktu yang dikolaborasikan dengan sub-genre lain diantaranya drama, petualangan, misteri, dan aksi. Sungguh merupakan series yang benar-benar lahir dari kecerdasan. Dari alur cerita yang unik, karakter-karakter yang sangat kuat, membuat series ini sangat layak untuk dinikmati. Buat yang belum nonton, yuk enjoy!

Itulah 7 series sci-fi dari yang ringan hingga yang penuh misteri dan petualangan, tentu saja beberapa diantaranya cukup menegangkan, serta selalu sarat dengan teori, misteri dan aksi. So, udah cari waktu buat nonton series sci-fi ini belum? Kalau udah, selamat menikmati ya.

Baca Juga: 3 Hal Berbeda Film KKN di Desa Penari dengan Kejadian Sebenarnya

Sarah Husna Photo Community Writer Sarah Husna

Trying to fill my free time with activities other than eating and binge-watching. Cuap-cuap lain di apagimana.medium.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya