Comscore Tracker

Teori: Naruto Bisa Baryon Mode, Bagaimana dengan Jinchuriki Lain?

Bisa dibayangkan gimana ngerihnya kekuatan mereka

Setelah manga edisi 52, kini anime Boruto pun sudah sampai ke cerita pertarungan Naruto menghadapi Isshiki Otsutsuki. Episode 217 nanti, Naruto menggunakan Baryon mode yang sempat dikhawatirkan membahayakan nyawanya tapi justru Kuramalah yang mati. Itulah wujud transformasi Naruto dengan kekuatan Kurama yang sangat dahsyat.

Isshiki Otsutsuki sudah merasakan bagaimana dahsyatnya kekuatan Baryon Mode. Bahkan wujud itu membuat umur Isshiki hanya tinggal 10 menit. Nah, pertanyaannya mungkinkah wujud Baryon ini juga digunakan Jinchuriki lain? Atau hanya Kurama yang bisa karena sosok Naruto?

1. Kurama sih belum mengatakan kalau ini teknik unik untuk dirinya

Teori: Naruto Bisa Baryon Mode, Bagaimana dengan Jinchuriki Lain?crunchyroll.com/naruto-shippuden

Kita tahu kalau yang namanya Bijuu itu memiliki teknik yang unik untuk diri mereka, tapi ada juga kemampuan yang bisa digunakan oleh Bijuu lain seperti Bijuudama.

Kurama tidak mengatakan kalau teknik ini adalah teknik yang hanya bisa dia lakukan. Menurut saya ini mungkin mengindikasikan Baryon Mode sebenarnya bisa digunakan oleh Jinchuriki lain. Sebagaimana semua Bijuu bisa menggunakan teknik Bijuudama. 

2. Masalahnya, di antara para Jinchuriki dalam sejarah, saya rasa sedikit orang yang dapat menggunakan teknik ini

Teori: Naruto Bisa Baryon Mode, Bagaimana dengan Jinchuriki Lain?mangaplus.shueisha.co.jp/boruto

Kalau memang Baryon Mode dapat digunakan seluruh Jinchuriki, masalah chakra tetap jadi halangan besar. 

Naruto Uzumaki punya chakra yang luar biasa besar. Tapi di manga 52 dijelaskan, chakra Naruto pun berkurang cepat sekali setelah menggunakan teknik ini. Itu juga akan diceritakan di anime edisi 217 nanti.

Padahal saat alur Ujian Chunin, kita sudah lihat chakra Naruto itu butuh waktu lama sekali buat diambil oleh Momoshiki!

Sekarang bayangkan kalau Jinchuriki dengan chakra yang lebih rendah seperti Killer B menggunakan Baryon Mode.

Baryon Mode akan berakhir begitu Jinchuriki atau Bijuu di dalam dirinya kehabisan chakra. Jika Killer B menggunakan Baryon Mode, teknik itu mungkin akan membunuh B dalam kurang dari lima menit. 

Gaara dan Jinchuriki lain dari era Shippuden dulu pun mungkin tak bisa menggunakan Baryon Mode dengan efektif. 

Baca Juga: Kurama Mati! Ini 7 Kekuatan yang Masih Dimiliki Naruto 

3. Siapa selain Naruto yang bisa menggunakan Baryon Mode dengan efektif?

Teori: Naruto Bisa Baryon Mode, Bagaimana dengan Jinchuriki Lain?naruto.fandom.com

Jinchuriki Ekor Sepuluh tampaknya bisa dengan efektif menggunakan teknik ini.  Madara dengan chakra-nya yang sudah besar sejak awal saya rasa bisa saja menggunakan Baryon Mode dengan sama efektif dengan Naruto. Atau malah lebih efektif lagi. Obito pun sepertinya bisa menggunakan Baryon Mode.

Hanya saja, saya curiga kalau untuk kasus Jinchuriki Ekor Sepuluh, ujung-ujungnya Madara atau Obito bisa jadi akan mati juga bila mereka bertarung terlalu lama. Kekuatan yang digunakan soalnya berasal dari chakra Jinchuriki plus Bijuu mereka. 

Chakra Ekor Sepuluh jauh lebih besar dari Kurama sendirian, tapi chakra Jinchuriki-nya pun ikutan terpakai. Saya curiga ya ujung-ujungnya Madara atau Obito pun bakal kehabisan chakra duluan sebelum Ekor Sepuluh. 

Walaupun Madara tahu Baryon Mode sekalipun, masuk akal dia tidak menggunakannya. Toh dia ujung-ujungnya masih mampu mendominasi musuh-musuhnya. 

4. Adakah tokoh lain yang bisa mewarisi Baryon Mode di masa depan Boruto?

Teori: Naruto Bisa Baryon Mode, Bagaimana dengan Jinchuriki Lain?crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Pada akhirnya kita tahu Kuramalah yang akan mati, bukan Naruto. Tapi andai saja masih hidup siapa yang bisa meneruskan menggunakan baryon mode? Saat ini pun di dunia tampaknya dua sosok dengan chakra terbesar adalah Killer B dan Naruto, kalau kita lihat dari Momoshiki memburu keduanya. 

Sosok yang paling mungkin adalah bila petarung seperti Karin dijadikan Jinchuriki baru. Yang satu itu memiliki warisan chakra klan Uzumaki juga soalnya. 

Himawari, sosok yang diperhitungkan akan jadi Jinchuriki Kurama tau Shukaku masa depan, juga mungkin mewarisi bakat chakra klan Uzumaki. 

Tapi untuk saat ini, dari karakter yang masih hidup. belum terbayang sih akan ada sosok lain yang bisa menggunakan Baryon Mode seperti Naruto. 

Nah, itulah analisis soal Baryon mode Naruto dan Kurama. Apa kamu punya pendapat lain?

Artikel ini sudah tayang di Duniaku dengan judul Teori: Apakah Jinchuriki Lain Bisa Pakai Baryon Mode Seperti Naruto? ditulis Fahrul Razi

Baca Juga: Ngeri! Analisis Wujud Baru Naruto Baryon Mode, Sekuat Apa Sih?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya