Comscore Tracker

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 Terpukau

Keren-keren nih talenta dari seleb lokal #IDNLokal

Ajang pencarian bakat Indonesia Idol 2021 telah dimulai sejak 16 November 2020. Para musisi muda berkompetisi dengan modal suara emasnya. Dari empat pekan yang sudah dilalui, ada sebanyak 46 peserta yang berhasil meraih Golden Ticket dari dewan juri: Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, Rossa, dan Anang Hermansyah.

Yang menarik perhatian, sebagian besar yang lolos audisi adalah peserta dari daerah. Bahkan ada yang berasal Lombok, Alor, Papua, Ambon, Tarutung, Dumai, dan kota-kota kecil lainnya yang kurang familiar di telinga.

Meski demikian, pada umumnya mereka ternyata adalah seleb-seleb lokal yang sudah sering memamerkan kualitas suaranya di channel youtube mereka masing-masing. Bahkan ada peserta yang satu video youtubenya sudah ditonton lebih dari 3 juta kali dan memiliki ratusan ribu subscriber.

Pada liputan kolaborasi pekan ini, IDN Times merangkum 9 nama peserta audisi Indonesia Idol 2021 asal daerah yang berhasil meraih Golden Ticket berkat suara dan pesona mereka yang memukau para juri. Yuk simak.

1. Nabilah Vadaq, Peraih Golden Ticket Indonesian Idol 2021 Asal Malang

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 Terpukauinstagram.com/nabilahvdq

Nabilah Vadaq, kontestan asal Malang itu dinobatkan sebagai peraih lima “Yes” pertama di ajang ini. Hal itu didapatkan setelah ia memukau para juri dan mendapatkan Golden Ticket untuk melaju ke babak selanjutnya.

Para juri sempat tampak kurang yakin. Namun keraguan itu terjawab setelah ia menyanyikan sebuah lagu berjudul “Shelter” milik The XX. Kelimanya tercengang dan memuji Nabilah dengan vokal yang berkarakter.

Dirasa cukup, Ari Lasso mengatakan Nabilah bisa langsung lolos. Anang Hermansyah berbeda pendapat. Suami Ashanty itu meminta kontestan untuk menyanyikan sebuah lagu berbahasa Indonesia. Tim juri pun terbagi menjadi dua kubu. Mereka yang sudah puas dan yang meminta Nabilah bernyanyi lagu berbahasa Indonesia.

Perdebatan itu diakhiri dengan permintaan terhadap Nabilah untuk bernyanyi satu lagu lagi. Ia memilih menampilkan “Akad” milik Payung Teduh. Cukup satu bait saja untuk kemudian Anang meminta berhenti. Seakan sudah puas, ia langsung meminta pendapat kepada semua juri.

Secara mengejutkan, kelima juri yang meriupakan penyanyi kawakan di Indonesia itu langsung mengiyakan. Semua memberi “Yes” pertanda Nabilah bisa lolos ke babak selanjutnya. Selamat ya untuk Nabilah.

2. Annisa Nurfauzi runtuhkan hati dewan juri lewat lagu Nicky Astria

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 Terpukauhttps://www.instagram.com/annisanur_fauzi/?hl=id

Perhelatan ajang pencarian bakat, Indonesia Idol 2021 Spesial Season terus bejalan. Sejumlah bintang-bintang berasal dari berbagai daerah di Indonesia unjuk gigi di hadapan dewan juri.

Suara-suara terbaik seluruh kontestan langsung dinilai Anang Hermansyah, Ari Lasso, Judika, Rossa, Maia Estianty. Tidak jarang, dewan juri pun merasa takjub dengan olah vokal dan tarikan suara para peserta.

Salah saru orang yang sudah membuat kelima dewan juri terkesima adalah Annisa Nurfauzi. Ia berhasil memikat para dewan juri dengan lagu Nicky Astria - Jangan Ada Angkara. Ia pun dinyatakan lolos dan menuju babak selanjutnya.

Ternyata dara yang akrab dengan sapaan Ica ini ternyata masih berumur 19 tahun. Ia lahir pada 30 September 2001 di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Ica kecil sudah dekat dengan lingkungan tarik suara. Ayah kandungnya yang berkecimpung dalam dunia serupa, bisa membuat Ica konsisten tetap bernyanyi dan membuatnya lolos seleksi Indonesia Idol.

Dari kegiatan yang selalu bernyanyi bersama Ayahnya, Ica juga memiliki keinginan untuk menjadi penyanyi yang sukses, terkenal hingga go internasional. "Papih aku selalu mendukung aku, dari aku aku kecil hingga sekarang", ujar Ica.

Selain bernyanyi bersama band Jazz dan Rock, Ica juga ternyata memiliki kegemaran lain. Ica juga aktif sebagai model dan bela diri Muaythai. Untuk urusan cita-cita, Ica mengaku selain ingin berkarier dalam dunia tarik suara. Ia ingin menjadi pembisnis yang sukses.

"Menurut aku, industri musik indonesia itu sangat pesat. Karena, banyak artis-artis yang bermunculan dengan suara yang berkarakter dan  juga komersil," kata dia.

3. Michelle Kuhnle Cewek Blasteran Solo yang Pikat Juri Indonesian Idol

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauMichelle Kuhnle mendapat Golden Ticket dalam ajang Indonesian Idol Special Season. Instagram/@michellekuhnleofficial

Mengenakan kaos hitam, berbandana merah, dan jaket bercorak bendera Amerika Serikat, Michelle Kuhnle mantap dan percaya diri memasuki ruang audisi Indonesian Idol 2021. Gadis asal Surakarta, Jawa Tengah ini membawakan lagu berjudul Moody's Mood For Love yang dipopulerkan Quincy Jones, James Moody, Brian McKnight, Take 6, Rachelle Ferrell.

Kelima juri, Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, Rossa, dan Anang Hermansyah langsung kepincut dengan suara Michelle. Tanpa pikir panjang setelah lagu ber-genre jazz itu selesai dinyanyikan, para juri langsung memberikan Golden Ticket Indonesian Idol 2021 untuk Michelle sebagai tanda lolos ke tahap selanjutnya. 

Ari Lasso pun berkomentar, "Kamu menarik banget, beneran. But, please don't talk in Javanese Surabaya now! Please," katanya sambil tertawa dan menunjukkan rasa kagum terhadap Michelle. 

Ketika dihubungi IDN Times, gadis blasteran Indonesia, Jerman dan Amerika Serikat itu menuturkan bahwa dirinya cukup senang mendapatkan Golden Ticket.

"Senang banget nggak nyangka dan excited. Sebab, ini pengalaman pertama mengikuti audisi di Indonesian Idol," ungkapnya.

Hasrat mengikuti ajang pencarian bakat melalui kontes menyanyi itu sudah ia impikan sejak usia 12 tahun. Putri pasangan Dewi Kunthi dan Darryl Kuhnle tersebut mengaku tertarik untuk mendaftar dan ikut seleksi lantaran memiliki passion menyanyi dan entertaining. 

"Jadi penasaran, karena Indonesian Idol ini punya platform yang gede untuk menjembatani bakat anak-anak muda. Apalagi, para juri yang menilai juga capable, famous and legend. Sehingga, kalau bisa impress mereka tentu senang banget," ungkapnya. 

4. Chieka Annisa nasihati juri sebelum raih Golden Ticket

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauInstagram.com/chiekannisa

Nama Chieka Annisa, peserta Indonesian Idol 2021 sempat viral karena memberi nasihat atau quotes kepada Anang Hermansyah soal poligami di audisi yang tayang Selasa (17/11/2020).

Tak hanya anak, semua juri juga diberikannya quotes-quotes menarik. Usai dia 'menceramahi juri', giliran Chieka menunjukkan bakat tarik suaranya dan berhasil meraih golden ticket.

Dilihat dari akun Instagram pribadi Chieka Annisa, ia ternyata lulusan arsitektur UMN. Gadis asal Tangerang ini masuk tahun 2016 dan lulus pada Juni 2020. 

Dari bio yang ditulisakan Chieka Annisa pada akun Instagram, ia rupanya memiliki online shop 'kata.khimar' yang khusus menjual hijab.

Bukan hanya berjualan hijab, Chieka Annisa dan dua orang temannya memiliki akun khusus berisi kata bijak alias quotes tentang kehidupan. 

Memiliki lebih dari 14 ribu pengikut atau followers, Chieka Annisa memanfaatkan akun Instagram-nya untuk terima jasa endorse. Kendati demikian, sejak mengikuti audisi Indonesian Idol 2021, Chieka Annisa menutup sementara jasa endorse sampai 21 November. 

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Femila Sinukaban Peraih Golden Ticket Indonesian Idol

5. Juri tercengang dengar Kusuma Indrawati bawakan Lagu Metal

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauKusuma Indrawati (Youtube/Indonesian Idol)

Kontestan asal Makassar Kusuma Indrawati memberi warna baru pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol Special Season. 

Kusuma pun menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi melalui sebuah lagu berjudul 'Metalingus' milik Alter Bridge. Lucunya setiap akan bernyanyi, Kusuma mengaku sedang merasa haus dan membutuhkan minum.

Hal itu terlihat bahkan ketika Kusuma akan menyanyikan lagu 'Makhluk Tuhan Paling Sexy' milik idolanya. Ikhsan Tarore, dari Indonesian Idol Menjadi Penyanyi Ternama "Leherku kering," ujar Kusuma. "Haus lagi ta? Lho yo opo arek iki. Kamu boleh minum, tapi harus langsung nyanyi 'Makhluk Tuhan Paling Sexy'," kata Ari Lasso menengahi.

Beruntung, suara Kusuma telah berhasil mengambil tempat di hati para juri. Kusuma pun turut berhasil mengantongi golden ticket dan berhasil lolos ke babak selanjutnya. Selamat ya!

6. Gagal tahun sebelumnya, Melisa Hartanto asal Surabaya berhasil raih Golden Ticket

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauMelisa Hartanto (Instagram/Melisahartanto)

Kontestan Kali Ini Bernama Melisa Hartanto, 26 Tahun, Surabaya. Berprofesi sebagai Wedding Singer. Melisa memiliki suara yang renyah dan bisa bikin juri terpukau bahkan membuat Maya gak bisa berkata apa apa.

Ia dulu pernah ikut audisi beberapa tahun lalu, atas semangat yang tinggi ia mencoba kembali, dan akhirnya ia sekarang mendapatkan golden tiket.

Selain Melisa, Khalisa maheswari asal Surabaya juga meraih Golden tiket pada audisi Indonesian Idol 2021. Yuk dengerin aja langsung suara Melisa.

https://www.youtube.com/embed/wSJuGmLy34o

7. Femila Sinukaban, penyanyi asli Karo yang dikira blasteran bule

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 Terpukauinstagram.com/femilasinukaban

Di momen audisi Indonesian Idol itu, sosok Femila langsung mencuri perhatian para juri dan juga mereka yang menyaksikan proses audisi di media sosial. Soalnya, Femila memiliki paras yang cantik dan disebut sebagai orang bule oleh Anang Hermansyah.

Bukan hanya itu, Femila juga sukses mencuri perhatian dengan suaranya yang merdu. Sampai-sampai, Ari Lasso benar-benar terpesona dengannya. Ia bahkan menyebut Femila sebagai paket lengkap dan komersil.

Effedy Sinukaban, ayah Femila Sibunakaban bahagia karena sang buah hati berhasil lolos dengan membawa golden ticket. Di momen tersebut, Effendy menulis pesan menyentuh untuk Femila.

Di laman instagramnya, Effendy mengunggah potret saat bersama istri dan Femila. Momen tersebut diabadikan saat Femila berulang tahun. Mengiringi foto tersebut, Effendy menulis pesan agar Femila terus bekerja keras meraih mimpinya.

Soalnya, sudah pasti akan ada banyak halangan dan rintangan yang dihadapi Femila dalam mengejar keinginannya itu. Ia pun meminta agar sang buah hati tak menyerah dan selalu berjuang serta berdoa untuk menggapainya.

Di laman instagramnya, ayah Femila mengatakan bahwa untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia saja, para pejuang harus meneteskan darah dan air mata. Hal tersebut ditulis untuk mengingatkan Femila mengenai perjuangan yang tak mudah.

"Untuk memperjuangkan kemerdekaan RI, para pejuang sudah meneteskan darah dan air mata, demi cita cita MERDEKA!!! Femila Sinukaban didepanmu ada jalan kasar dan berbatu tajam , sudahkah engkau mengeluarkan keringat untuk melintasinya?," terang Effendy.

Ia juga mengingatkan sang buah hati, sekeras apapun usaha yang dilakukan untuk meraih cita-citanya agar tetap tak lupa berdoa.

"Kejarlah impianmu, teguhkan hati, langkahkan kaki ayunkan tangan dan singkirkan ketakutan. Jangan pernah lupa berdoa kepada Tuhan yang menjadikan langit dan Bumi, daripadaNyalah keselamatan, kesuksesan dan kemujuran," paparnya.

8. Nia Permatasari Tobing guru les asal Tarutung yang jago nyanyi dan main piano

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauNia Permatasari Tobing (Youtube/Indonesian Idol)

Penampilan Nia Tobing dalam audisi Indonesian Idol 2021 special season menjadi penampilan yang paling cepat mendapatkan keputusan juri untuk lanjut ke babak berikutnya.

Di banding peserta yang lain, Nia hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk meyakinkan para juri yang terdiri Ari Lasso, Anang Hermansyah, Rossa, Judika, dan Maia Estianty.  Nia menyebut dirinya terinspirasi dari Maia Estianty, sehingga ingin bernyanyi sembari memainkan piano.

Nia membawakan lagu berjudul Cinta yang dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Ari Lasso Nia bisa berlaga hingga panggung spekta.

Dara berpenampilan anggun ini berasal dari Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.  Ternyata kontestan yang memiliki suara bagus menurut juri dan piawai memainkan piano, lho.

9. Anggi Marito Tiodoras Simanjuntak asal Tarutung, "Ini calon juara satu," kata Maia Estianty.

Pesona Seleb Lokal yang Bikin Juri Indonesian Idol 2021 TerpukauAnggi Marito Tiodoras Simanjuntak asal Tarutung (Youtube/Indonesian Idol)

Satu lagi kontestas asal Tarutung juga membuat juri terpukau: Anggi Marito Tiodoras Simanjuntak. Saat audisi, dara 18 tahun ini menyanyikan lagu "Rise Up" milik Andra Day sambil memainkan piano. Sontak para juri terpana mendengar suara indah Anggi.

Tak butuh waktu lama, Maia Estianty pun langsung mengangkat golden ticket yang berarti Anggi lolos masuk Indoensia Idol.

Setelah selesai bernyanyi, Anggi Marito dibanjiri pujian dari kelima juri. Maia bahkan tak segan mengatakan kalau wanita berdarah Batak itu adalah calon juara satu Indonesian Idol 2021. 

"Ini calon juara satu," komentar Maia Estianty.

"Bagus," timpal Anang Hermansyah.

Sebagai sesama orang Batak, Judika pun mengaku sangat bangga mendengar suara Anggi. Ia sampai ingin memberikan Anggi sebuah titanium ticket.

"Anggi aku sebagai Opungmu bangga sekali, suara nya kayak gini main pianonya bagus kontrol vokalnya benak improvisasi nya gak berlebihan, tone nya mahal," puji Judika.

Senada dengan juri lainnya, Ari Lasso mengatakan Anggi harus masuk panggung spektakuler Indonesian Idol 2021.

"Kamu harus masuk spektakuler. Kamu calon idola," ujar Ari Lasso

Anggi Marito pun sukses mendapatkan lima 'yes' dari juri dan membawa pulang golden ticket. Anggi Marito Tiodoras Simanjuntak berasal dari Tarutung, Sumatera Utara. Ia diketahui baru saja lulus dari SMA Yos Sudarso Batam. Kini, ia tengah menjalani aktivitasnya menjadi seorang mahasiswa.

Nah itulah beberapa profil para peserta Indonesian Idol 2021 yang berhasil membuat juri terpukau. Semoga sukses ya Anggi dan semua kontestan Indonesian Idol 2020

Baca Juga: Viral Foto Penampakan Kuntilanak, 13 Komen Netizen Ini Kocak Abis

Tim Penulis: Anggun Puspitoningrum, Azzis Zulkhairil, Masdalena Napitupulu, Indah Permata Sari, Prayugo Utomo, Doni Hermawan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya