Comscore Tracker

Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub Ijeck

Jenderal makannya dulu nasi putih dan ayam goreng

Musa Rajekshah atau yang lebih dikenal dengan sapaan "Ijeck" saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatra Utara periode 2018–2023. Ia mendampingi Gubernur Sumatra Utara, yaitu Edy Rahmayadi.

Sejak muda, pria kelahiran lahir 1 April 1974 ini dikenal memiliki hobi otomotif. Bahkan sejak tahun 2003 hingga saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatra Utara.

Selain punya kecintaan di bidang otomotif, ternyata Ijeck punya kecintaan terhadap satwa langka. Dalam postingan instagram pribadinya pada 1 Agustus 2021 lalu, Ijeck bercerita dulu ia pernah memelihara satu individu bayi Harimau Sumatra yang diberi nama Jenderal.

Beranjak dewasa, Jenderal diserahkan ke Siantar Zoo. Hingga saat ini, jika berkunjung ke Kota Pematang Siantar, Ijeck selalu menyempatkan mengunjungi Jenderal.

Yuk simak kisah pertemuan Ijeck dan Jenderal yang pernah dipeliharanya dulu:

1. Jenderal didapat tanpa sengaja pada saat di hutan dalam keadaan sakit

Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub IjeckPotret Jenderal, Harimau Sumatera saat masih tinggal di rumah Ijeck (Dok. Instagram/@musa_rajekshah)

Pada 1 Agustus 2021, Ijeck mengunggah foto mengunjungi Jenderal di Siantar Zoo. Pada Caption foto diberi judul "Rindu itu harus dibayar tuntas. Ya kan?"

Dalam unggahan ini, Ijeck berkisah setiap kali melintasi Pematang Siantar, ia pasti singgah ke Siantar Zoo, walau barang sebentar. Tujuannya menemui Jenderal, nama seekor Harimau Sumatera yang ada di sana.

"Kilas balik ke belakang, Jenderal ini masa kecilnya bersama saya. Ada seorang sahabat yang memberikan kepada saya yang didapat tanpa sengaja pada saat di hutan dalam keadaan sakit. Kemudian saya rawat Jenderal sampai sehat. Waktu itu umurnya masih hitungan bulan. Sejak itu, Jenderal menjadi bagian keluarga saya. Makannya pun dulu, nasi putih dan ayam goreng," tulis Ijeck.

2. "Andai tak ada penghalang, sudah saya peluk dia"

Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub IjeckIjeck saat mengunjungi Harimau Sumatra bernama Jenderal di Siantar Zoo (Dok. Instagram/@musa_rajekshah)

Tak lama Jenderal bersama Ijeck, karena memang dia adalah satwa dilindungi. Ia pun menyerahkan Jenderal ke Taman Hewan Pematang Siantar atau Siantar Zoo.

"Sedih juga karena harus berpisah. Namun ini adalah yang terbaik baginya," ungkap Ijeck.

Oleh sebab itu lah, setiap kali Ijeck lewat Kota Siantar, wajib singgah sebentar ke Siantar Zoo.

"Seperti kemarin saya kebetulan lewat Siantar, saya singgah. Sudah lama tak bertemu, rindu sudah menggebu. Begitu saya datang, saya panggil dia. 'Jenderal, Jenderal, sini jenderal'. Awalnya dia terdiam, ternyata dia pun masih mengenali suara saya. Dilihatnya saya, lalu dia lari menghampiri saya seraya menggoyang-goyangkan kepalanya, mengaum, dan menyeringai lebar. Andai tak ada penghalang, sudah saya peluk dia. Tapi tak apalah, berjumpa saja sudah membuat hati bahagia. Sehat selalu jenderal, sampai jumpa lagi," jelas Ijeck.

3. Asal mula nama Jenderal karena diberikan oleh Letjen TNI Purn Suryo Prabowo

Mengenal Jenderal yang Dulu Pernah Dipelihara Oleh Wagub IjeckIjeck saat mengunjungi Harimau Sumatra bernama Jenderal di Siantar Zoo (Dok. Instagram/@musa_rajekshah)

pada unggahan selanjutnya, ijeck mengunggah foto Jenderal masih kecil.

"Banyak yang penasaran, dulu Jenderal kecilnya gimana ya? Nah, ini dia fotonya saat Jenderal masih kecil," tulis Ijeck.

Ijeck juga menjelaskan Jenderal ini diberikan oleh sahabat ayahnya, Letjen TNI Purn Suryo Prabowo. Kala itu, Pak Suryo bertugas sebagai Pangdam Bukit Barisan.

"Jenderal kecil ini secara tak sengaja ditemukan oleh beliau saat sedang di hutan, keadaannya pun saat itu sedang tak sehat. Dibawalah Jenderal ke Medan. Karena saya dan Pak Suryo sama sama senang dengan hewan, Pak Suryo mempercayakan Jenderal kepada saya. Nama Jenderal untuk harimau ini pun, Pak Suryo juga yang memberikannya.
Seiring waktu, Jenderal sekarang sudah dewasa. Walau tak bisa sering bertemu, Jenderal akan selalu dirindu," ungkap Ijeck.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya