Comscore Tracker

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

Bahan alami untuk mencerahkan kulit

Kulit adalah organ terbesar tubuh, dan perlu dirawat. Untungnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit Anda. Anda dapat menghidrasi dan melembabkan kulit Anda dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, menutrisi kulit Anda dengan alpukat atau minyak alpukat, melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari dengan lidah buaya atau kunyit. 

Berikut ini beberapa metode perawatan kulit dengan bahan-bahan alami yang menyehatkan.

1. Gunakan minyak zaitun untuk menghidrasi kulit 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@pixabay

Minyak zaitun adalah pelembab yang baik untuk kulit dan rambut, serta area tubuh lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghidrasi kulit Anda, membuatnya lembut dan halus. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit Anda.

Selain menjadi pelembab yang bagus, minyak zaitun juga berguna dalam masker wajah buatan sendiri. Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam minyak zaitun menjadi dasar yang sangat baik untuk pengobatan rumahan ini!

2. Cobalah minyak kelapa untuk melembabkan dan menyembuhkan kulit 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@towfiqu-barbhuiya-3440682

Minyak kelapa kaya akan Vitamin E dan antioksidan, yang berarti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat kulit kering.

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan riasan, termasuk menjadi cara yang bagus untuk menghapus riasan di penghujung hari dan meremajakan mata yang lelah dengan memijatkannya ke kelopak mata sebelum tidur. Selain itu, minyak kelapa dapat digunakan sebagai masker wajah alami untuk kulit bercahaya!

3. Gunakan alpukat untuk menutrisi dan melindungi kulit dan rambut. 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@shvetsa

Alpukat kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan penuaan. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Gunakan minyak alpukat untuk melembabkan rambut kering atau rusak. Minyak alpukat terbukti membantu mencegah rambut bercabang dan meningkatkan elastisitas rambut.

Baca Juga: Mudah dan Praktis! Ini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni 

4. Gunakan lidah buaya untuk menenangkan kulit yang teriritasi. 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@jessicalewiscreative

Lidah buaya adalah tanaman dengan khasiat obat yang telah digunakan selama ribuan tahun. Pertama kali ditemukan di gurun Mesir oleh orang Fenisia, yang menggunakannya sebagai obat untuk sengatan kalajengking dan luka ringan. Lidah buaya sejak itu telah ditemukan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menenangkan kulit yang teriritasi, mengobati psoriasis dan kondisi kulit kering (seperti eksim), menyembuhkan luka dan luka bakar dan bahkan digunakan sebagai tabir surya alami.

Lidah buaya dapat dioleskan secara topikal atau diminum secara internal dalam minuman, smoothie atau pil tetapi harus selalu diencerkan sebelum digunakan.

5. Gunakan madu untuk mengurangi jaringan parut, mencerahkan kulit dan membantu anti-penuaan. 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@pixabay

Madu dapat mengurangi jaringan parut, mencerahkan kulit dan membantu anti-penuaan. Madu adalah anti-inflamasi alami dan juga dapat membantu mengatasi jerawat, jaringan parut dan keriput.

Madu memiliki sifat pengelupasan kulit yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati, memperlihatkan kulit yang lebih cerah.

6. Gunakan kunyit untuk mengurangi peradangan, memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit Anda.  

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@john-tekeridis-21837

Kunyit adalah anti-inflamasi alami dan pencerah kulit, sehingga dapat membantu mengurangi bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan peradangan. Cara terbaik untuk menggunakan kunyit adalah dengan pasta kunyit. Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya di warung sekitar.

Berhati-hatilah saat Anda mengaplikasikan produk Anda. Kunyit menodai pakaian dan handuk, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian lama saat menggunakan produk buatan Anda!

7. Gunakan jus lemon untuk mencerahkan kulit Anda dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. 

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!pexels.com/@wdnet

Jus lemon adalah salah satu agen pemutih alami paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit Anda. Lemon mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan hebat yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit yang tidak merata.

Jika Anda memiliki bintik-bintik matahari atau bintik-bintik, jus lemon dapat membantu mencerahkannya. Jika Anda memiliki kulit cokelat karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari, jus lemon dapat mencerahkannya untuk Anda!

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Perawatan Kulit, Mencerahkan!

Akhmad Zaenuri Photo Community Writer Akhmad Zaenuri

Halo Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya