Comscore Tracker

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba 

Kamu pernah coba yang mana, Guys?

Medan, IDN Times - Tanah Batak tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan adat istiadatnya saja, lho! Tanah Batak juga memiliki berbagai jenis kuliner yang sangat enak dan lezat.

Masakan Batak dipengaruhi seni dan tradisi secara turun temurun para penduduk yang tinggal di Sumatera Utara. Sekali mencoba, dijamin bakal ketagihan deh. Hhmm...Apa saja ya?

1. Ikan Mas Arsik

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba resep koki

Kamu perlu tahu bahwa Tanah Batak terkenal dengan ikan masnya. Ikan mas di Tanah Batak biasanya hidup di perairan danau terbesar di Indonesia, yakni Danau Toba.

Ikan mas ini biasanya dimasak dengan cara diarsik, yaitu menggunakan rempah-rempah khas Tanah Batak yang dikenal dengan sebutan andaliman. Rasa andaliman ini sangat cetar di lidah. Selain itu, ikan mas arsik ini juga identik dengan warna kuning alami dari rempah kunyit.

Baca Juga: 5 Camilan Tradisional Khas Medan, Sudah Coba?

2. Dengke Mas Na Niura

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba Wikipedia

Dengke Mas Na Niura merupakan makanan tradisonal khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Uniknya, cara membuatnya tidak dimasak, direbus, digoreng atau semacamnya. "Na Niura" dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak.

Ikan mentah tersebut disajikan dengan bumbu lengkap, sehingga terasa lebih enak tanpa harus dimasak. Sekilas mirip dengan cara membuat sushi. Tak heran, ikan ini di sebut sushi khas batak. Kamu wajib mencobanya deh!

3. Sayur Daun Ubi Tumbuk

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba ppinterest.com

Orang Batak biasanya menyebut daun singkong menjadi daun ubi. Orang Batak suka mengolah daun ubi tersebut dengan cara ditumbuk dan diberi santan.

Rasanya sangat gurih dan membuat siapa pun ketagihan. Apalagi di padukan dengan ikan teri medan dan sambal terasinya. Di jamin kamu pasti nagih!

4. Mie Gomak

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba Pinterest

Nama dari mie gomak ini karena proses pembuatannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan). Inilah spageti Batak karena mirip dengan asli dari Italia, bentuknya mirip seperti lidi. Rasanya benar- benar enak karena bumbu dan kuah santannya  begitu meresap ke dalam mienya.

5. Dali Na Horbo

Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba tripelaketoba.com

Orang di Tanah Batak juga suka mengonsumsi susu, lho. Susu yang mereka konsumsi itu bukan berupa cairan melainkan susu kerbau yang sudah dibekukan.

Kemudian, susu ini dimasak dengan bawang ataupun diarsik, sehingga menjadi lauk untuk nasi. Bikin penasaran untuk mencobanya, kan?

Baca Juga: Enak dan Gampang, Ini Resep Mi Gomak Kuah Khas Batak Toba

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya