Comscore Tracker

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin Ngiler

Dijamin bikin ketagihan

Bicara Sumatra Utara pastinya kaya akan kulinernya. Tidak hanya di Kota Medan, tapi juga di kota-kota atau kabupaten lainnya.  Kabupaten Batu Bara yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini juga punya kuliner-kuliner khas yang jadi andalan.

Berbicara soal kuliner, makanan khas batubara ini memiliki ciri dan karakteristiknya tersendiri, loh. Banyak sekali para wisatawan yang merasa puas dan ketagihan ketika mencicipi makanan khas berikut ini. Penasaran kan apa saja? Yuk, kita simak sekarang juga!

1. Kue Dangai

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerKue Dangai (pilaraktual.com)

Kue satu ini merupakan kue basah khas dari Batubara yang sangat terkenal. Kamu bisa menjumpai kue ini hampir di suruh kampung yang ada di Batu Bara. Kue Dangai dibuat dari tepung pulut pada awalnya, namun saat ini sudah banyak dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula dan kelapa pilihan.

Teksturnya yang empuk dan lembut dan rasanya yang manis, tak heran jika banyak orang yang menyukai kue satu ini.

2.. Bubur pedas Melayu

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerBubur Pedas Melayu (kumparan.com)

Makanan khas satu ini, banyak ditemukan ketika sedang bulan Ramadhan atau pada saat puasa. Bubur Pedas Melayu ini menjadi menu buka puasa favorit bagi masyarakat setempat. Nah, meskipun namanya bubur pedas, nyatanya bubur ini tidak memiliki rasa pedas sama sekali, melainkan rasanya sangat gurih dan lezat.

Satu hal yang membedakan bubur pedas dengan bubur pada umumnya yaitu dalam proses pembuatan bubur pedas, ada sejumlah rempah dan dedaunan yang digunakan, seperti kunyit, temu kunci, temu hitam, jintan serai, temu mangga, dan beberapa rempah lainnya, dan sayuran anyang yang merupakan menu khas melayu yang terbuat dari sayur pakis dan kelapa.

3. Gulai Asam

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerGulai Asam (beritagar.id)

Gulai asam menjadi salah satu makanan khas Batubara. Sebagian besar masyarakatnya bersuku melayu pesisir yang mata pencaharian sehari-harinya yaitu sebagai nelayan. Karena hal itu, gulai asam ini berbahan dasar dari ikan. Ikan yang digunakan pun bervariasi seperti patin, sembilang, atau pun ikan kakap.

Cita rasa dari kaldunya begitu menggugah selera, kamu akan merasakan rasa gurih, pedas, dan sedikit manis. Umumnya masyarakat setempat menambahkan kecombrang, kemangi, dan tomat agar memberikan aroma khas dari gulai asam ini.

Baca Juga: Filosofis dan Bermakna, Ini 5 Makanan Khas Tradisional Dairi 

4. Gulai Kepala Ikan

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerGulai Kepala Ikan (mesinparutkelapa.id)

Masih berbicara soal gulai. Makanan satu ini juga memakai ikan sebagai bahan dasar pembuatannya. Umumnya ikan yang digunakan dalam membuat hidangan satu ini yaitu ikan Manyung. Tampilan fisik dari hidangan ini seperti bulatan-bulatan kecil yang menggelembung, hal ini disebabkan oleh telur yang sengaja dibiarkan menempel pada bagian badan ikan.

Untuk soal rasa, gulai satu ini tidak perlu diragukan lagi, dan menjadi menu makanan favorit bagi masyarakat setempat. Nikmati gulai kepala ikan ini dengan sepiring nasi hangat, yang pastinya akan membuat kamu ketagihan akan kenikmatan dari kombinasi keduanya.

5. Kue Kerakas

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerKue Kerakas (andalastourism.com)

Makanan khas yang sudah diwariskan secara turun temurun ini memiliki banyak nama, loh. Masyarakat setempat ada yang menyebutnya kekaras, keukarah, kareh-kareh, atau karah. Hal unik dari makanan khas Batubara satu ini yaitu bentuknya yang seperti sarang burung walet atau serabut.

Kue kerakas ini terbuat dari campuran tepung dan santan, lalu dibentuk menggunakan batok kelapa khusus untuk membuat kue satu ini. Rasa dari kue kerakas ini yaitu renyah, manis, dan rapuh.

5. Cumi isi pulut

Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin NgilerCumi Isi Pulut (cookpad.com)

Makanan khas yang terakhir yaitu cumi isi pulut. Makanan satu ini merupakan olahan cumi yang diisi dengan beras ketan. Kemudian cumi yang sudah diisi beras ketan tersebut dimasak bersamaan dengan bumbu rendang. Menu satu ini menjadi salah satu hidangan favorit bagi masyarakat setempat.

Proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit, loh. Semua ini dilakukan agar bumbu rendang meresap ke dalam cumi dan memberikan rasa yang luar biasa nikmat.

Nah, itu dia 6 makanan khas Batubara yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke sana. Semua makanan di atas memiliki cita rasa tersendiri, loh. Jadi, pastikan kamu mencoba semuanya, supaya tau kelebihan dari masing-masing hidangan. Semoga bermanfaat!

Penulis: Geraldy Valentino Tjahjana

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya