Comscore Tracker

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacan

Di Medan kalau gak pedas gak nikmat!

Medan, IDN Times - Sambal merupakan salah satu olahan makanan yang menjadi ciri khas daerah di Indonesia. Olahan rempah-rempah dan cabai dipadukan menjadi menu favorit bagi penikmatnya.

Rasa yang khas, tentu saja membuat bagi sejumlah orang yang menyantap makanan terasa hambar tanpa sambal. Nah, di Medan cukup banyak perpaduan sambal yang dijadikan pelengkap makanan tertentu.

Berikut IDN Times merangkup 5 jenis olahan sambal yang menjadi favorit di Kota Medan. 

1. Sambal Pecak

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga BelacanPinterest.com/Olivia Giovanni

Sambal pecak ini memiliki citarasa yang khas, dengan campuran cabai rawit ditambah potongan tomat. Sambal ini juga terasa segar karena adanya perasan jeruk nipis. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini cukup mudah ditemukan. Jadi bagi penggemar sambal ini bisa langsung buat sendiri di rumah kok!

2. Sambal Teri Medan

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacaninstagram.com/sarah_ari_nugroho

Sambal ini sudah pasti tak asing lagi di telinga masyarakat Kota Medan. Di sini sambal ini juga sering disebut sambal teri kacang atau disingkat dengan 'sambal Kartika'. Ya, olahan sambal ini biasanya dipadukan dengan kacang atau bisa diganti dengan kentang. Wah, cabai merah yang dicampur dengan bawang membuat sambal ini gak bisa ditolak saat hendak menyantapnya. Apakah kamu salah satu penikmat sambal ini?

Baca Juga: Traveling ke Medan, 5 Kuliner Legendaris Ini Wajib Kamu Cicipi

3. Sambal Terasi Medan atau Belacan

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacaninstagram.com/dellasuzura

Sambal terasi tak sulit ditemukan di setiap rumah makan di kawasan Kota Medan bahkan di luar kota. Sambal ini biasanya disajikan dengan olahan cabai merah dicampur dengan terasi udang yang biasanya dibakar terlebih dahulu. Biasa disebut juga sambal belacan.

Kemudian ditambah dengan bumbu lainnya, seperti bawang dan gula jawa. Sambal ini juga biasanya ditambah dengan perasan jeruk nipis, tergantung selera.

4. Sambal Asam

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacanhttps://i.pinimg.com/originals/ac/d5/23/acd52398085d773b0841f96ea86bfffc.jpg

Sambal asam biasa ditemukan di rumah makan khas Mandailing. Sambal ini terbuat dari cabai merah yang dihaluskan dan dicampur dengan irisan bawang merah. Setelah dua bahan ini digabungkan, biasanya akan ditambah dengan perasan asam. Wah segar sekali kan? Membuat sambal ini cukup mudah karena tidak ada proses pennggorengan.

5. Sambal Petai

5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacaninstagram.com/1001resepmasak

Sambal khas campuran petai ini salah satu favorit. Selain campuran cumi dan ikan teri Medan, sambal ini juga biasanya dicampur dengan telur puyuh dan ampela ayam lho. Pedasnya nampol. Proses pembuatannya sama seperti sambal pada umumnya, ada campuran cabai merah dan bawang. Untuk proses akhirnya, biasanya sambal ini digoreng dulu sebelum disajikan dan disantap. 

Baca Juga: Mi Balap Mail Krakatau Sudah 3 Generasi, Habis 2 Ribu Bungkus per Hari

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya