Comscore Tracker

Gurihnya Mie Aceh Arang Pakai Daging Rusa, Kamu Wajib Coba

Hanya ada di Kota Medan dan buka setiap hari

Medan, IDN Times – Kota Medan merupakan kota wisata kuliner yang kaya akan cita rasanya dengan berbagai menu, mulai dari umum, khas dan keunikannya.

Jadi, pasti disudut-sudut hingga tengah Kota Medan banyak ditemui para pedagang yang menyajikan aneka menu andalannya. Namun, ada di satu tempat makan bertuliskan Mie Aceh Arang 73 yang berbeda dari lainnya, yaitu kuliner khas yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam.

Seperti yang diketahui bahwa, ciri khas dari Mie Aceh ini memiliki kuahnya kental dengan cita rasa rempah-rempah dan ada juga yang digoreng (tanpa kuah). Ditambah dengan aneka lauk didalamnya, seperti daging sapi, ayam, kambing, bahkan aneka olahan seafood lainnya yakni cumi hingga kepiting.

Penasaran ? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner Up

1. Dimasak dengan tungku kayu bakar

Gurihnya Mie Aceh Arang Pakai Daging Rusa, Kamu Wajib CobaMie aceh arang 73 medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Abdul Azis sebagai pemilik usaha mengatakan bahwa, dirinya membuka usaha ini dimulai sejak nol (merintis), dan tak menyangka bisa berkembang dan maju hingga saat ini. Kuliner ini menjadi favorit para pecinta dan penikmat mie aceh.

“Awalnya, hanya Mie Aceh biasa tapi masaknya pakai arang. Spesialnya masak pakai arang karena lebih meresap bumbunya,” ucapnya.

“Mie Aceng Arang 73 ini sudah berjalan hampir 10 tahun, yang dimulai dari buka warung mie aceh kecil-kecilan dan sekarang sudah lumayan besar. Kemudian buka cabang di jalan Rajawali (sudah 6 tahun),” tambahnya.

Baginya, ketertarikan membuka usaha Mie Aceh Arang 73 ini karena suka masak khasnya. Hanya saja beda rasa karena ada bumbu khas asli.

2. Sudah buka dua tempat dengan menu andalan mie aceh daging rusa

Gurihnya Mie Aceh Arang Pakai Daging Rusa, Kamu Wajib CobaMie aceh arang 73 medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Seiring berjalan waktu, usaha Mie Aceh Abdul sudah ada 2 lokasi, usai berhasil membuka di jalan Merak no.73, kemudian ia membuka cabang di Jalan Rajawali yang tak jauh dari lokasi pertama.

Di jalan Merak no.73, IDN Times mencoba untuk mencicipi sajian menu andalannya, yaitu Mie Aceh plus daging rusa yang dimasak dengan tungku kayu bakar. Menu ini jarang sekali didapat bahkan sama sekali tidak ada. Tak dapat dipungkiri, rasa yang disajikan ternikmati dengan enak, lezat dan gurih dengan harga Rp40ribu seporsi.

Harga menu makanan mulai Rp13ribu hingga Rp40ribu per porsi.

Selain daging rusa, menu andalan dan menjadi favorite di sini adalah Mie Aceh Daging Rusa, Mie Aceh Lobster dan Mie Aceh Udang Galah.

3. Omzet mencapai Rp10 juta per hari

Gurihnya Mie Aceh Arang Pakai Daging Rusa, Kamu Wajib CobaMie aceh arang 73 medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Abdul mengatakan perharinya bisa habis untuk mie mencapai 50 kg, nasi goreng 10 kg, dan daging rusa bisa habis 5 kg perhari.

“Omzet bisa mencapai Rp8juta hingga Rp10juta perharinya,” jelasnya.

Mie Aceh Arang ini buka setiap harinya, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

Baca Juga: Sarah Panjaitan: Anak Muda Jangan Takut Terjun ke Dunia Politik

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya