Comscore Tracker

Enak dan Segar, Ini Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan

Dicampur rempah-rempah makin nikmat

Medan, IDN Times – Biasanya kelapa muda diminum untuk mendapatkan kesegarannya. Namun, apa jadinya jika sebelum dikonsumsi maka kelapa muda ini dibakar terlebih dahulu. Pasti cita rasa dari kelapa muda tersebut akan berbeda dari kelapa muda sebelum dibakar. Namun, diyakini menjadi baik untuk kesehatan.

Nah, ternyata sebuah warung di Kota Medan menyajikan menu unik , yakni kelapa muda bakar. Sajian ini diyakini baik bagi kesehatan karena mampu melancarkan peredaran darah dan menambah stamina.

Pemilik warung mengaku awalnya hanya coba-coba membuat kelapa bakar, sebagai salah satu menu di warungnya .

“Awalnya itu sebetulnya sih mau cari lowongan kerja kebetulan di situ ada kuliner jadi kami pelajari. Kayaknya di Medan ini gak ada kelapa bakar makanya saya terinspirasi untuk itu untuk buat kelapa bakar,” ucap Tukiran selaku pemilik warung.

1. Proses dibakar diatas tungku dengan durasi 3 sampai 4 jam

Enak dan Segar, Ini Manfaat Kelapa Bakar untuk KesehatanIDN Times/Indah Permata Sari

Jika biasanya air kelapa muda disajikan dingin atau tanpa campuran, maka berbeda halnya di warung yang satu ini, yaitu warung sederhana berlokasi di Jalan Amal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara. Kelapa di sini justru dibakar sebelum disajikan kepada pelanggan.

“Proses pembuatannya tidak rumit, kelapa cukup dibakar di atas tungku selama 3 sampai 4 jam,” jelasnya.

Baca Juga: Diduga Dilecehkan, Pasien Tumor Payudara Lapor Dokter Bedah ke Polisi

2. Bisa ditambah dengan rempah-rempah

Enak dan Segar, Ini Manfaat Kelapa Bakar untuk KesehatanIDN Times/Indah Permata Sari

Selain itu, untuk menambah cita rasa dapat dicampurkan dengan bahan- bahan lainnya, seperti rempah-rempah, mulai dari jahe, gula merah, lada hitam, dan bahan lainnya.

“Khasiat kelapa bakar bisa untuk, sakit pinggang, kencing batu karang, ambeien, sakit tulang. Bahkan ada yang udah kena batu menyembuhkan masuk angin ginjal pun jadi sembuh,” ujarnya.

3. Salah satu manfaatnya menyembuhkan masuk angin

Enak dan Segar, Ini Manfaat Kelapa Bakar untuk KesehatanIDN Times/Indah Permata Sari

Selain nikmat, kelapa bakar juga diyakini mampu meningkatkan stamina dan melancarkan peredaran darah. Seperti salah satu pengunjung warung kelapa muda ini yang mengatakan dirinya merasakan banyak manfaat yang didapatnya.

“Ini namanya kelapa muda bakar, kita kalau sudah meminum ini rasanya kalau kita capek ada pemulihan kembali dan angin yang ada di badan serasa dikeluarkan jadi setengah kita minum ini udah berkeringat. Jadi banyak manfaatnya kepada kita minum kelapa muda ini” ungkap Adnan Syam Zega sebagai pengunjung.

Untuk dapat menikmati kelapa bakar ini, kamu tidak harus membayar mahal. Cukup membayar Rp20rb untuk satu buah kelapa bakar.

Baca Juga: 10 Buah Paling Berbahaya di Dunia, Termasuk Belimbing Lho!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya