Comscore Tracker

Hiswana Migas Aceh Sarankan Setiap SPBU Buka Gerai untuk Produk UMKM

Setidaknya membantu pemasaran produk UMKM di Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Aceh menyarankan setiap stasiun pengisian bahan bakar minyak umum (SPBU) memiliki gerai yang menjajakan produk makanan dan minuman produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ketua Hiswana Migas Aceh, Nahrawi Noerdin mengatakan, upaya tersebut merupakan salah satu langkah untuk membantu pelaku usaha kecil menengah di Aceh khususnya makanan dan minuman.

“Selama ini kita melihat di setiap SPBU sebagian sudah memiliki minimarket tapi belum terlihat adanya gerai khusus yang menjual makanan dan minuman pruduk UMKM yang ada dia Aceh,” kata Nahrawi, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, pada Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Wow, Perdagangan Orangutan di Binjai Dikendalikan oleh Narapidana

1. Setidaknya ada 50 varian produk UMKM yang dijual di gerai

Hiswana Migas Aceh Sarankan Setiap SPBU Buka Gerai untuk Produk UMKMSalah satu SPBU di Aceh yang menyediakan gerai untuk produk UMKM. (Dokumen Istimewa)

Pernyataan tersebut sempat disampaikan Nahrawi usai meresmikan minimarket di komplek SPBU Trina da Jaya Energy, yang terletak di Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

Menurutnya, dengan adanya gerai penjualan makanan dan minuman milik UMKM Aceh, setidaknya SPBU sudah membantu pemasaran produk milik warga di lingkungan stasiun tersebut.

"Jika setiap SPBU ada 50 varian makanan dan minuman yang dijual, setidaknya 50 UMKM sudah terbantu pemasaran," ujarnya.

2. Belum ada SPBU yang memiliki gerai khusus produk UMKM Aceh

Hiswana Migas Aceh Sarankan Setiap SPBU Buka Gerai untuk Produk UMKMSPBU Pertamina (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ketua Hiswana Migas Aceh menyampaikan, saat ini di Aceh ada 120 SPBU yang tersebar di seluruh wilayah dalam provinsi. Sebagian dari itu diakui, telah memiliki minimarket atau gerai.

"Kalau minimarket hampir setiap SPBU di lintasan jalan nasional ada, namun yang khusus gerai untuk UMKM itu belum," ucapnya.

3. UMKM harus dijadikan mitra SPBU

Hiswana Migas Aceh Sarankan Setiap SPBU Buka Gerai untuk Produk UMKMIlustrasi SPBU (IDN Times/Holy Kartika)

Oleh karena itu, Hiswana Migas berharap kepada pemilik SPBU yang ada di Aceh dapat melihat peluang ini dengan menyediakan ruang untuk menfasilitasi pemasaran produk UMKM.

"UMKM harus kita jadikan mitra SPBU sehingga setiap orang yang singgah di SPBU dengan mudah mendapatkan kebutuhannya. Terutama makanan dan minuman," tutupnya.

Baca Juga: Sebulan Bergulir, Kasus Perdagangan Orangutan Dilimpahkan ke Kejaksaan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya