Comscore Tracker

Raup Cuan Bisnis Ikan Hias di Tengah Pandemik, Harga Sampai Rp20 Juta

Gubernur Edy Rahmayadi pernah beli ikan Parrot di tokonya

Medan, IDN Times - Penggemar ikan hias terus meningkat meski di tengah pandemik COVID-19. Hal itu bisa dilihat dari jumlah peningkatan jumlah pengunjung hingga omzet pengusaha ikan hias di beberapa kota, salah satunya Kota Medan.

IDN Times berkunjung ke salah satu toko ikan hias di Medan, Halim International Aquatic Supplies, yang menjual berbagai jenis ikan hias. Budiman Cendana, pemilik toko mengaku omzet meningkat 30 persen selama adanya pandemik COVID-19. 

"Dua tahun terakhir jumlah pembeli banyak ya. Karena di masa pandemik ini memang kan orang-orang di rumah saja, gak bisa kemana-mana, gak punya kegiatan jadi banyak yang melihara ikan," ujarnya saat ditemui di Jl.MH. Thamrin No.71 B, Kamis (20/5) siang.

1. Dalam sehari pengunjung yang datang ke tokonya bisa mencapai 30 orang

Raup Cuan Bisnis Ikan Hias di Tengah Pandemik, Harga Sampai Rp20 JutaSalah satu pekerja yang sedang membersihkan aquarium (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Biasanya, kata Budiman, dalam sehari pengunjung yang datang ke tokonya bisa mencapai 30 orang. "Yang dibelanja pun beragam, ada yang beli ikan dan ada yang beli aksesoris aquarium. Untuk harga aquarium mulai dari Rp100 ribu-Rp10 juta," katanya. 

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia, Bisa Beli Motor Baru!

2. Harga ikan mulai dari Rp20 ribu-Rp20 juta

Raup Cuan Bisnis Ikan Hias di Tengah Pandemik, Harga Sampai Rp20 JutaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Budiman yang sudah menggeluti bisnis ikan selama 30 tahun ini mengatakan, tidak ada tantangan tersendiri dalam berbisnis ikan hias. Di tokonya, tersedia jenis ikan Koi, Arwana, Discus, Stingray, Goldfish, Peacock Bass, Parrot, Tropical Fish dan banyak lainnya. Harganya mulai dari Rp20 ribu-Rp20 juta. 

Ia pun memberikan tip untuk merawat ikan, dengan rutin memberi makan namun dihindari memberi dalam jumlah banyak. Kemudian, disarankan untuk rutin mengganti air dalam aquarium, minimal sekali untuk satu minggu. 

3. Gubernur Edy Rahmayadi pernah mengunjungi tokonya untuk membeli ikan Parrot

Raup Cuan Bisnis Ikan Hias di Tengah Pandemik, Harga Sampai Rp20 JutaBudiman Cendana, pemilik toko mengaku omzet meningkat 30 persen selama adanya pandemik COVID-19 (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Ia pun mengatakan, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pernah mengunjungi tokonya untuk membeli ikan Parrot. "Gubernur beli ikan di sini, biasanya beli ikan Parrot," ucapnya.

Budiman mengatakan, jenis ikan yang banyak peminat adalah ikan koi dengan harga Rp1 juta. Selain itu, ada ikan koki mulai dari Rp50 ribu-Rp300 ribu. 

Baca Juga: Kembali Jadi Primadona, 9 Jenis Ikan Cupang Hias yang Perlu Kamu Tahu

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya