Comscore Tracker

Harga Cabai Merah Turun Drastis di Medan, Dinilai Ikut Sumbang Deflasi

Harga cabai termurah Rp20 ribu per kilogram

Medan, IDN Times - Harga komoditi cabai merah di Kota Medan terus menunjukkan tren penurunan harga  Bahkan, harga cabai merah saat ini telah mencapai harga titik terendah yaitu Rp20 ribu per kilogram di sejumlah pasar tradisional Kota Medan.

Seperti di Pasar Sei Kambing, cabai merah hanya dibanderol Rp20 ribu per kilogram turun dari hari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram.

Kemudian Pusat Pasar harga cabai merah masih dibanderol Rp 30 ribu per kilogram dan Pasar Suka ramai mematok cabai merah dengan harga Rp24 ribu per kilogram.

Selain di Medan, Di Sumatra Utara harga cabai merah terendah berada di Kabupaten Asahan yang mematok Rp20 ribu per kilogram, sedangkan tertinggi berada di Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan harga Rp55 ribu per kilogram.

1. Pengamat menilai harga cabai sudah paling murah

Harga Cabai Merah Turun Drastis di Medan, Dinilai Ikut Sumbang Deflasicabai merah (pexels.com/Artem Beliaikin)

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara Benyamin Gunawan menilai bahwa, harga cabai sudah menjadi harga yang paling murah dalam kurun waktu 5 bulan terakhir.

"Dan saya mengalkulasikan jika nantinya di bulan November harga cabai bisa bertahan di kisaran 25 ribuan hingga 30 ribuan per kg," ujar Benyamin, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tanaman Cabai Menghasilkan Cabai yang Lebih Pedas 

2. Cabai akan penyumbang deflasi meskipun kecil

Harga Cabai Merah Turun Drastis di Medan, Dinilai Ikut Sumbang DeflasiIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Rata rata harga cabai saat November akan menjadi bulan yang penyumbang harga cabai rendah setelah Januari 2022.

"Jika harga cabai terendah saat ini bertahan sampai bulan depan, maka lagi-lagi cabai akan menyumbang deflasi meskipun kecil di November," tuturnya.

3. Potensi harga cabai akan naik di bulan selanjutnya

Harga Cabai Merah Turun Drastis di Medan, Dinilai Ikut Sumbang Deflasiilustrasi cabai merha keriting (pexels.com/Artem Beliaikin)

Namun, potensi harga cabai berbalik atau naik dalam ruang terbatas cukup berpeluang terjadi di bulan selanjutnya.

"Intensitas hujan yang cukup tinggi menjadi pemicu kenaikan harga cabai di semua level. Di hilir petani mengurangi jadwal turun ke ladang. Dan di level pedagang curah, hujan tinggi memicu terjadinya kerusakan barang. Meskipun saya berharap harga cabai tidak turun lagi," tutur Benyamin.

Baca Juga: Mengaku Wali Allah, Dukun Hijau Perkosa Pasien Puluhan Kali di Pidie

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya