Comscore Tracker

Wujudkan Zero Accident, Pahami Yuk Teknik Berkendara Motor yang Benar

Ini beberapa tipsnya!

Medan, IDN Times - Kondisi saat ini yang menuntut semua untuk bergerak cepat dan benar-benar menggunakan waktu dengan bijak tentunya sangat sesuai dengan pepatah yang menyebutkan bahwa ‘Waktu adalah Uang’.

Hal tersebut juga ikut mempengarui pilihan masyarakat pada sepeda motor sebagai armada transportasi yang dinilai praktis, ekonomis, dan mudah digunakan dalam menjalani berbagai aktivitas harian.

Namun sangat disayangkan, kendaraan roda dua yang banyak digunakan masyarakat ini ternyata tercatat sebagai penyumbang tertinggi angka kecelakaan di jalan raya. Bukan tanpa sebab, hal tersebut terjadi dikarenakan tidak semua pengendara motor memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan aman di jalan. Bahkan banyak dari mereka yang tidak memperhatikan hingga mengabaikan hal penting ini.

1. Berkendara tak hanya seputar teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman

Wujudkan Zero Accident, Pahami Yuk Teknik Berkendara Motor yang BenarEdukasi safety riding pada pelajar SMP di Indako Safety Riding Center Medan (Dok. IDN Times)

Ismed Risya, Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, beragam ilmu teknik berkendara harus dikuasai para pengendara untuk mengurangi potensi bahaya di jalan raya. Pengendara juga dituntut memiliki kesadaran dan kepedulian untuk menjaga prilaku dan etika saat berkendara yang tidak hanya akan dapat melindungi keselamatan dirinya, namun juga keselamatan orang yang ada di sekelilingnya.

Menurutnya berkendara tak hanya seputar teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman, namun perlu juga diperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya, seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Gak Sembarangan, Begini Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik

2. Begini cara belajar teknik pengeraman yang benar

Wujudkan Zero Accident, Pahami Yuk Teknik Berkendara Motor yang BenarLatihan Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik saat berkendara sepeda motor (Dok. IDN Times)

Pada kesempatan ini, Honda juga menginformasikan tentang pengetahuan dasar yang perlu dipelajari pengendara motor yakni mengetahui beragam fitur-fitur pada motor, termasuk yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, seperti halnya sistem pengereman, lampu, kaca spion dan berbagai fitur lainnya.

Untuk teknik pengereman sendiri, pastikan sepeda motor dalam keadaan mesin mati dengan posisi standar tengah. Tutup putaran gas, lalu tarik tuas rem dengan 4 jari untuk mendapatkan pengereman yang maksimal dan juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang kemudian tarik tuas kopling dan kemudian turunkan kaki kiri. Lakukan berulang untuk membiasakan diri sebelum berlatih dengan kondisi mesin menyala.

Sementara untuk menjalankan sepeda motor, biasa diawali dengan berlatih teknik kontrol gas. Putar gas secara perlahan agar tenaga yang dikeluarkan dapat terkontrol dengan baik, lalu ikuti dengan menutupnya cepat. Jika memakai kopling, tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan.

3. Mewujudkan zero accident di Sumatera Utara

Wujudkan Zero Accident, Pahami Yuk Teknik Berkendara Motor yang BenarEdukasi safety riding online bertajuk “Ngoprek” dari Honda (Dok. IDN Times)

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa keselamatan adalah hal berharga dalam hidup yang harus dijaga.

"Penting untuk mendapatkan pengetahuan tentang keselamatan berkendara dari ahlinya, sehingga pengetahuan #cari_aman yang didapat dapat dibagikan pada orang-orang tercinta, baik keluarga maupun sahabat, sehingga akan lebih banyak yang ikut berperan mewujudkan zero accident di Sumatera Utara,“ ujar Gunarko.

Baca Juga: Ternyata Ini Komponen yang Bikin Motor Honda BeAT Baru Laris Manis

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya