Comscore Tracker

Yuk Kenali Fungsi Teknologi ESS pada Sepeda Motor Honda

ESS singkatan dari Emergency Stop Signal

Medan, IDN Times - Memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan kepada seluruh pecintanya terus dilakukan produsen motor terbesar Tanah Air Honda melalui pengembangan fitur dan teknologi yang terus dilakukan pada jajaran motor unggulannya. Dimana pengembangannya pun tidak hanya menyasar terkait performa mesin saja, namun juga pada faktor keselamatan berkendara.

Kepedulian tersebut bahkan dibuktikan Honda dengan menyematkan sejumlah teknologi yang mendukung keselamatan berkendara pada sejumlah produknya. Salah satunya fitur Emergency Stop Signal (ESS), yaitu fitur keselamatan pasif untuk memberi tahu pengendara di belakang bahwa pengendara di depannya sedang melakukan pengereman mendadak atau panic breaking.

Yuk simak cara kerjanya:

1. Fitur ESS akan mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak

Yuk Kenali Fungsi Teknologi ESS pada Sepeda Motor HondaHonda ADV150 menyedot perhatian pengunjung Honda Premium Matic Day 2019 di Hartono Mall Yogyakarta (16-17/11). Dok. HPMD 2019

Fitur ESS sendiri bekerja memberikan sinyal darurat berupa mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Hal ini bertujuan supaya pengendara di belakang punya waktu untuk melakukan pengereman atau menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Dimana ESS akan bekerja jika kecepatan 50 km/jam atau di atasnya, deselerasi atau pengereman mendadak yaitu sekitar atau lebih dari 6 meter per detik, dan ESS hanya akan bekerja jika tuas rem ditekan.

Baca Juga: Biar Gak Kena Tilang, 6 Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor

2. Fitur ESS hanya ada pada motor yang sudah mengaplikasi Anti lock Braking System (ABS)

Yuk Kenali Fungsi Teknologi ESS pada Sepeda Motor Hondaastra-honda.com

Dikarenakan berkaitan dengan modulator pada sistem pengereman, maka fitur istimewa ini hanya berlaku pada motor yang sudah mengaplikasi Anti lock Braking System (ABS), seperti halnya Honda All New Honda CBR150R dan Honda ADV150.

Dimana fitur ESS ini hanya berlaku pada motor yang sudah mengaplikasi Anti lock Braking System (ABS), karena berkaitan dengan modulator pada sistem pengereman.

3. Fitur ini hanya sebagai alat bantu untuk mengurangi risiko, safety riding tetap yang utama

Yuk Kenali Fungsi Teknologi ESS pada Sepeda Motor HondaIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer motor Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan kendaraan juga menjadi faktor penting dalam mendukung keselamatan berkendara. Karenanya Honda berupaya membekali motor besutannnya dengan sejumlah teknologi aman berkendara, salah satunya fitur ESS.

Namun menurutnya fitur ini hanya sebagai alat bantu untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, namun kesadaran akan pentingnya #Cari_Aman dengan gaya berkendara baik dan benar menjadi faktor penting dalam berkendara.

Selain kendaraan dan etika berkendara yang baik, faktor pendukung keselamatan lainnya adalah kondisi motor yang prima. Karenanya, jangan lalai untuk melakukan perawatan dengan membawa motor kesayangan ke bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat untuk mendapatkan perawatan rutin dari ahlinya.

Baca Juga: Ini Rahasia Honda ADV150 Nyaman dan Stabil saat Dikendarai

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya