Comscore Tracker

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang Memukau

Memiliki arsitektur unik dan khas setiap daerah

Banda Aceh, IDN Times - Aceh dikenal dengan julukan Serambi Makkah. Selain karena sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan hukum syariat Islam, provinsi ini juga memiliki ribuan masjid dengan berbagai bentuk.

Bahkan sebagian bangunan masjid yang ada terbilang megah dan memiliki keindahan. Tak heran masjid-masjid tersebut pun menjadi ikon daerah serta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berikut IDN Times ulas secara singkat sejumlah masjid di kabupaten maupun kota dalam Provinsi Aceh yang dinilai memiliki keindahan dan kemegahan memukau.

1. Masjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) di Kota Banda Aceh

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) di Kota Banda Aceh. (Instagram Zifaa Zf)

Masjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) terletak di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Sesuai namanya, masjid ini dibangun oleh seorang warga bernama Haji Harun Keuchik Leumik. Dia merupakan seorang wartawan, kolektor benda bersejarah, pengusaha logam mulia dan budayawan Aceh.

Meski hanya memiliki luas bangunan 748 meter per segi, namun masjid yang dibangun sekitar tahun 2016 tersebut kini menjadi ikon baru di Kota Banda Aceh. Sebab, masjid ini memiliki ornamen serta arsitektur bergaya Timur Tengah.

2. Masjid Raya Ruhama Takengon di Kabupaten Aceh Tengah

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Raya Rumaha Takengon di Kabupaten Aceh Tengah. (Instagram/Ajier Al Aray)

Masjid Ruhama Takengon pertama kali didirikan pada tahun 1969. Terletak di pusat Kota Takengon atau Kecamatan Lut Tawa, Kabupaten Aceh Tengah, masjid ini memiliki luas bangunan sekira 1.431 meter persegi.

Desain Masjid Ruhama Takengon terbilang unik dan menarik, karena perpaduan antara arsitektur modern dan juga arsitektur tradisional Suku Gayo. Suku yang menjadi penduduk asli wilayah dataran tinggi Gayo.

3. Masjid Agung Al Makmur atau Masjid Oman di Kota Banda Aceh

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Agung Oman Al Makmur di Kota Banda Aceh. (Twitter/Masjid Agung Oman Al Makmur)

Masjid Agung Al Makmur atau lebih dikenal dengan atau Masjid Oman terletak di Gampong Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Masjid ini memiliki luas bangunan 1.800 meter persegi.

Seperti namanya, tentunya Masjid Agung Al Makmur ini menjadi kebanggaan kedua masyarakat ibu kota Provinsi Aceh setelah Masjid Raya Baiturrahman. Nama Oman yang kini tersemat pada masjid tersebut dilatarbelakangi atas bantuan renovasi bangunan dari Negara Kesultanan Oman, pada 2006. Sebab, ketika tsunami melanda Aceh pada 2004 silam, masjid ini mengalami rusak parah.

4. Masjid Agung At Taqwa di Kabupaten Aceh Tenggara

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Agung At Taqwa di Kabupaten Aceh Tenggara. (Dok.Pemkab Aceh Tenggara)

Masjid Agung At Taqwa terletak di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. Masjid yang pertama kali didirikan pada 1956 dan dipugar serta diresmikan tahun 2016 tersebut memiliki interior elegan dengan dengan dominan warna putih dan emas.

Masjid yang memiliki luas bangunan 2.675 meter persegi ini terbilang unik. Desain bangunannya memiliki perpaduan seni ukir khas Suku Alas (Sikhat Alas) dengan dikombinasikan bangunan ala Turki.

5. Masjid Agung Baitul Makmur, di Kabupaten Aceh Barat

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Agung Baitul Makmur, di Kabupaten Aceh Barat. (Dok. Istimewa)

Masjid Agung Baitul Makmur merupakan masjid kebanggaan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat. Memiliki luas bangunan lebih kurang 3.500 meter persegi, masjid ini terletak di Jalan Imam Bonjol Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan.

Masjid yang didirikan pada 1987 tersebut juga termasuk salah satu masjid terindah di Indonesia tahun 2008 versi 100 Masjid Terindah di Indonesia.

Baca Juga: Sempat Hujan, Warga Antusias Salat Tarawih di Masjid Raya Banda Aceh 

6. Masjid Agung Subulussalam di Kota Subulussalam

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Agung Subulussalam di Kota Subulussalam. (Twitter/Ragam Masjid)

Masjid Agung Subulussalam terletak di Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam. Mengadopsi arsitektur ala Timur Tengah, masjid yang pembangunannya pertama kali dimulai pada 2010 ini memiliki luas bangunan lebih kurang 3.721 meter persegi.

Memiliki keindahan dan kesan megah, Masjid Agung Subulussalam tentunya menjadi masjid kebanggaan masyarakat setempat.

7. Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid kebanggaan masyarakat Aceh, khususnya Kota Banda Aceh. Sesuai dengan usianya, masjid yang diperkirakan berdiri pada 1612 tersebut banyak memiliki catatan sejarah perjalanan dari daerah berjulukan Serambi Makkah ini.

Meski luas bangunan lebih kurang hanya 4.760 meter persegi, namun masjid yang terletak di pusat Kota Banda Aceh ini memiliki gaya arsitektur serta relif terbilang unik, yakni kolaborasi dari beberapa negara di dunia.

Keindahan arsitektur yang dimiliki inilah kemudian menjadikan Masjid Raya Baiturrahman kerap dijadikan pedoman bagi beberapa masjid lainnya di Aceh.

8. Masjid Agung Baitul Ghafur di Kabupaten Aceh Barat Daya

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Agung Baitul Ghafur di Kabupaten Aceh Barat Daya. (Dok.Pemkab Aceh Barat Daya)

Masjid Agung Baitul Ghafur terletak Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. Masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya ini dibangun pertama kali pada 2010.

Menawarkan konsep arsitektur bernuansa perpaduan antara Aceh dan Timur Tengah, Masjid Agung Baitul Ghafur memiliki luas bangunan lebih kurang 4.800 meter persegi.

9. Masjid Raya Pase di Kabupaten Aceh Utara

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Raya Pase Panton Labu di Kabupaten Aceh Utara. (Instagram/Ajier Al Aray)

Masjid Raya Raya Pase terletak di daerah Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara. Masjid yang dipugar secara besar-besaran sekitar tahun 2000 ini, memiliki luas bangunan lebih kurang 9.000 meter persegi.

Guna terus memperindah, salah satu masjid terbesar dan termegah di Provinsi Aceh tersebut hingga kini masih terus dilakukan renovasi.

10. Masjid Islamic Center Lhokseumawe di Kota Lhokseumawe

10 Masjid di Aceh Ini Punya Keindahan dan Kemegahan yang MemukauMasjid Islamic Center Lhokseumawe di Kota Lhokseumawe. (Dok.Abdul Hadi)

Masjid Islamic Center bisa dikatakan masjid terbesar yang ada di Kota Lhokseumawe. Masjid yang terletak di pusat kota atau tepatnya di Kecamatan Banda Sakti ini memiliki luas bangunan lebih kurang 16.475 meter persegi.

Dibangun sekitar tahun 2001, masjid yang didominasi perpaduan warna emas dan putih tersebut menawarkan konsep Timur Tengah mulai dari tiang hingga beberapa ornamen pada bangunannya.

Itulah 10 masjid di Provinsi Aceh yang memiliki keindahan dan kemegahan memukau menurut IDN Times. Tentunya, masjid-masjid tersebut bukanlah satu-satunya. Masih banyak lagi masjid-masjid lainnya yang tersebar di Bumi Serambi Makkah.

Baca Juga: Sejarah Masjid Raya Al Mashun, Bukti Eksistensi Kesultanan Deli

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya