Suimin Dukung Calon Ketum Asprov PSSI Sumut yang Targetkan Juara PON

Mantan pelatih PSMS ini tertarik pada sosok Benny Tomasoa

Medan, IDN Times- Nama Suimin Diharja sudah lama malang melintang di dunia kepelatihan Sumut maupun nasional. Lama tak terdengar, mantan pelatih PSMS ini ternyata masih mengikuti perkembangan sepak bola di Sumut.

Termasuk soal pemilihan Ketua Asprov PSSI Sumatra Utara yang saat ini ramai diperbincangkan. Suimin turut angkat bicara menyampaikan asanya untuk calon pemimpin yang diharapkan bisa memajukan sepak bola di Sumut. 

"Saya pikir calon pemimpin itu harus anak muda yang memiliki semangat baru, visi misi baru, kalau dia punya kemampuan, kalau bisa dari mantan-mantan pemain sepakbola," kata Suimin ditemui di Medan, Rabu (23/2/2022).

1. Pemahaman sepak bola menjadi salah satu hal penting memimpin Asprov PSSI Sumut

Suimin Dukung Calon Ketum Asprov PSSI Sumut yang Targetkan Juara PONMantan Pelatih PSMS, Suimin Diharja (IDN Times/Doni Hermawan)

Menurut Suimin pemahaman akan sepak bola menjadi satu hal penting. Apalagi jika didukung kemampuan manajerial yang baik.

"Kenapa? pasti dia melakukan sesuatu yang berlebih bagus lagi dalam membangun sepakbola Sumut, daripada orang-orang yang hanya ngerti manajemen , tapi tidak ngerti sepakbola dengan benar. Jadi kalau saya, kandidat mantan pemain sepakbola yang punya potensi untuk membangun sepakbola Sumatera Utara yang saya dukung," kata Suimin.

Baca Juga: Benny Tomasoa Sebut Punya Sponsor Danai Sepak Bola Sumut di PON 2024

2. Suimin menilai calon ketum harus meyakinkan sepak bola Sumut bisa raih juara PON

Suimin Dukung Calon Ketum Asprov PSSI Sumut yang Targetkan Juara PONTim sepak bola PON Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Suimin yang pernah dua kali membawa PSMS ke semi final Liga Indonesia 1999 dan 2001 mengatakan, Sumatra Utara biasanya selalu melahirkan pemain-pemain yang mewarnai sepak bola nasional. Apa yang salah?

"Saya menilai permasalahan ini dikarenakan pembinaan di Asprov yang tidak memiliki program yang baik, sehingga Askab tidak mampu meneruskan program pembinaan tersebut. Jadi wajar saja sepakbola PON Sumut gagal menjadi juara," bebernya.

"Saya cuma ingin bilang, kepada yang punya hak suara, pilih orang yang tepat, yang benar-benar ingin membangun sepakbola Sumut, bukan memilih orang yang hanya mengambil posisi, mementingkan kepentingan pribadi maupun politik," bebernya.

Selain itu satu yang saat ini jadi agenda besar adalah bagaimana mengawal sepak bola Sumut kembali menjadi juara PON setelah terakhir kali diraih tahun 1989.

"Mungkin satu hal lagi, kita perlu menanyakan kepada kandidat yang ingin maju, apakah bisa membawa sepakbola Sumut menjadi juara," tambah eks pelatih Persikabo ini.

3. Suimin mengatakan Benny Tomasoa salah satu sosok yang layak memimpin Asprov PSSI Sumut

Suimin Dukung Calon Ketum Asprov PSSI Sumut yang Targetkan Juara PONMantan Manajer PSMS, Benny Tomasoa akan maju sebagai calon Ketum Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Suimin mendengar ada beberapa calon yang menampakkan diri akan maju sebagai calon ketua umum Asprov PSSI Sumut. Namun dia tertarik membicarakan satu nama. Benny Tomasoa yang dimaksud.

"Kalau dari calon yang ada yang saya tahu itu Benny Tomasoa. Dulu sempat menjadi pemain dan saya juga pernah kerjasama waktu di PSMS. Saat itu dia manajer. Tidak ada permasalahan selama itu. Kalau memang Benny Tomasoa mau menjadi ketua Asprov PSSI Sumut, saya dukung dia," kata pelatih dengan ciri khas topi pet itu.

"Saya sudah tau persis kinerja Benny Tomasoa. Saat dia menjadi pemain hingga mengelolah PSMS, dan Benny memiliki hubungan yang bagus ke atas dan ke bawah. Tentunya punya jaringan ke PSSI Pusat," tambahnya.

Selain itu menurutnya pengurus itu tidak hanya sekedar mengelola asosiasi dari dalam saja, tetapi juga harus mampu memiliki wawasan dan jaringan nasional. "Saya lihat Benny Tomasoa memiliki itu. Memiliki jaringan dengan PSSI pusat sangatlah penting, karena agar program-program PSSI Sumut sampai ke pusat. Saya belum pernah jumpa lagi dan ngomong langsung ke dia, tetapi saya lihat visi dan misinya di beberapa media," pungkasnya.

 

Baca Juga: Balon Ketua Asprov Sumut, Benny Tomasoa Programkan Liga 3 Tanpa Biaya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya