Comscore Tracker

Perjalanan Suharto AD, Pelatih yang Bawa Karo United Juara Liga 3

Lika-liku perjalanan karier kepelatihan Suharto AD

Medan, IDN Times- Di balik keberhasilan Karo United menjadi juara Liga 3 2021/2022 dan promosi ke Liga 2 musim ini, ada sosok bernama Suharto AD. Ya, dia adalah juru taktik klub berjuluk Laskar Simbisa ini. Tangan dingin Suharto kembali terbukti dengan membawa Karo United ke kasta kedua.

Berikut rekam jejak Suharto AD hingga akhirnya mencetak sejarah bersama Karo United.

1. Pernah membawa PSMS juara Piala Kemerdekaan

Perjalanan Suharto AD, Pelatih yang Bawa Karo United Juara Liga 3Pelatih Suharto AD saat membawa PSMS Medan juara Piala Kemerdekaan 2015 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Nama Suharto AD tentu tak asing lagi. Sejak masih bermain Suharto adalah striker andalan di PSMS dan PON Sumut. Bahkan pria kelahiran Rambung Sialang, Sergai ini yang terakhir kali membawa Sumut meraih medali emas cabang sepak bola PON lewat golnya pada tahun 1989.

Di dunia kepelatihan, Suharto kerap bolak balik dipercaya menangani PSMS di beberapa musim berbeda. Mulanya di Piala Caltex 1995 bersama PSMS. Kemudian di Liga Indonesia 1996-1997 sebagai pelatih muda yang baru pensiun dari pemain. Suharto kembali lagi ke PSMS tahun 2010/2011 menggantikan Rudi Keltjes, dan 2012/2013 menggantikan Raja Isa. Sayangnya PSMS degradasi dari ISL di tahun 2012/2013 itu.

Suharto kembali lagi dipercaya membesut PSMS di Piala Kemerdekaan 2015. Hasilnya PSMS berhasil menjadi juara. Itu menjadi prestasi terbaik Suharto di PSMS. Terakhir dia di PSMS saat menjadi asisten dari Peter Butler di Liga 1 2018. Suharto juga sempat menangani PS TNI di Liga 1.

Baca Juga: Suharto AD Tangani Karo United Hadapi Putaran Nasional Liga 3

2. Batal menangani PON Sumut jelang keberangkatan ke Papua

Perjalanan Suharto AD, Pelatih yang Bawa Karo United Juara Liga 3Suharto AD saat menangani PS TNI (instagram/suhartoad)

Selanjutnya Suharto melalang buana di kompetisi Liga 3. Dia membesut Bhinneka FC di babak regional Sumatra Liga 3 2019. Tapi Bhinneka gagal ketika itu.

Kemudian Suharto sempat dipercaya menangani PON Sumut 2020. Namun sebulan sebelum keberangkatan dia didepak. Di Liga 3 tahun 2021-2022 ini, Suharto awalnya menangani tim pendatang baru, Batubara Bisa FC. Sayangnya gagal di babak penyisihan grup. 

3. Ditunjuk menangani Karo United sejak putaran nasional, Suharto buktikan keampuhan taktiknya

Perjalanan Suharto AD, Pelatih yang Bawa Karo United Juara Liga 3Suharto AD kini tangani Karo United (Dok.IDN Times/istimewa)

Suharto kemudian dipercaya menangani Karo United yang melakukan pergantian pelatih jelang babak 64 Besar nasional. Suharto dipercaya didampingi asistennya Dani Ananda dan Sahari Gultom.

Hasilnya Karo United melaju mulus. Mereka menjadi juara grup di babak 64 besar dengan menyapu bersih kemenangan atas Persikab, 757 Kepri dan ASIOP. Kemudian di babak 32 Besar, Karo lolos sebagai runner up setelah mengalahkan Persida, Persikasi Bekasi dan imbang lawan Putra Delta Sidoarjo.

Kemudian di babak 16 Besar, Karo United lolos sebagai juara grup dengan hasil imbang lawan Serpong, menumbangkan PS Siak dan Persikab Bandung.

Selanjutnya Karo United menumbangkan PSDS di semi final dengan skor 2-0. Di final giliran Putra Delta Sidoarjo ditekuk 4-2 lewat adu penalti (3-3).

"Kami bersyukur Karo United lolos ke Liga 2 musim depan. Ini berkat kerja keras anak-anak," kata Suharto.

Baca Juga: Selamat Datang di Liga 2 Indonesia Karo United, Rambas Kerina

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya