Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta Menariknya

Kunci gelar setelah bungkam Fiorentina

Juventus akhirnya mengunci gelar Scudetto Serie A 2018/2019. Gelar juara dipastikan saat Liga Italia menyisakan lima pekan lagi setelah membungkam Fiorentina 2-1 di Allianz Stadium, Turin, Minggu (21/4) dini hari.

Pada laga itu Juventus sempat kebobolan lebih dulu. Bek sayap Fiorentina Nikola Milenkovic membuat kejutan dengan membobol gawang Wojciech Szczesny, kiper Juventus.

Namun Si Nyonya Tua yang baru saja terluka pasca tersingkir di Liga Champions cepat bangkit. Aksi Alex Sandro menyamakan skor menit ke-37. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Juventus semakin mendominasi. Setelah serangan bertubi-tubi, Juventus membalikkan kemenangan. Adalah gol bunuh diri German Pezzella menit ke-53 yang membuat Juventus unggul 2-1.

Masuknya Rodrigo Bentancur dan Moise Kean semakin menambah agresivitas Juventus. Namun tak ada gol tambahan hingga laga berakhir.

Kemenangan itu membuat Juve menambah pundi poin menjadi 87. mereka unggul 20 poin dari Napoli. Gelar ini merupakan gelar perdana Cristiano Ronaldo di Serie A.

Berikut 5 fakta di balik scudetto Juventus ke-8 beruntun ini.

1. Tim pertama yang juara ke-8 beruntun

Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta MenariknyaReuters

Juventus tak tertandingi di kompetisi sejak musim 2011/2012. Delapan gelar beruntun menjadi buktinya. Tim terakhir yang menjadi juara di luar Juventus adalah AC Milan pada musim 2010/2011. Juventus menjadi tim pertama yang mampu meraih gelar juara liga delapan kali secara beruntun dari klub-klub lima liga top lainnya.

Baca Juga: Hati-hati Juventus, Ajax Bisa Jadi Sandungan, Ini Statistiknya

2. Scudetto tercepat seperti tiga tim lain

Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta MenariknyaReuters

Fiorentina, Torino, dan Inter Milan sebagai perah scudetto tercepat dengan lima laga sisa. Selisih poin dengan peringkat kedua juga terbanyak dengan 20 poin.

3. Ronaldo Raja Tiga Liga Top

Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta MenariknyaReuters

Ronaldo meraih trofi juara perdananya bersama Juventus di musim perdananya pula. Trofi ini melengkapi koleksi gelar Cristiano Ronaldo di 2 liga paling top Eropa lainnya.

Ronaldo sudah menjuarai Liga Inggris bersama Manchester United pada 2006-2007, 2007-2008, dan 2008-2009. Dia juga sukses memenangi Liga Spanyol bersama Real Madrid pada 2011-2012 dan 2016-2017.

Dan seperti biasa, Ronaldo pemain pertama yang melakukannya. "Setelah menjuarai liga di Inggris dan Spanyol, sekarang saya bisa katakan saya juga sudah pernah juara di Italia. Ini sangat penting buat saya dan saya sangat senang," kata Ronaldo kepada Sky Sport Italia.

4. Rekor Massimiliao Allegri

Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta MenariknyaReuters

Sejak bergabung dengan Juventus tahun 2014, Allegri menjelma menjadi pelatih kesayangan publik Turin. Padahal awalnya dia diragukan menggantikan Antonio Conte. Apalagi Allegri berasal dari AC Milan, rival Juventus.

Namun Allegri menjawabnya dengan banyak gelar. Ini adalah scudetto kelima secara beruntun di Juve. Ia pelatih pertama yang melakukan itu. Jika ditotal ia sudah punya 6 scudetto karena satu gelar lainnya diraih bersama Milan. Ini juga trofi ke-11 Allegri untuk Juve.

5. Rekor pertahanan terbaik Serie A

Selamat! Juventus Scudetto ke-8 Beruntun, Ini 5 Fakta MenariknyaReuters

Juventus mencatat pertahanan terbaiknya. Mereka hanya kebobolan 23 gol dari 33 laga. Itu rekor pertahanan terbaik di Serie A. Kembalinya duet Bonucci dan Chiellini menjadi alasan kuat. Meski ditinggal Gianluigi Buffon, Juventus juga bisa mengandalkan Wojciech Szczęsny.

Baca Juga: Juventus dan Ajax Main Imbang, Ini 5 Fakta Menariknya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya