Comscore Tracker

Rapat dengan LIB, PSMS Minta Kompetisi 2021 Usai Lebaran

Mayoritas minta kompetisi 2020 dihentikan

Medan, IDN Times - Manajemen PSMS dan klub-klub Liga 2 mengikuti rapat virtual dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Jumat (15/1/2021). Pada pertemuan tersebut, klub-klub menyampaikan beberapa usulan terkait kompetisi 2020 yang sampai sekarang belum juga dimulai lagi.

Pada virtual meeting tersebut PSMS diwakili Pembina PSMS Kodrat Shah dan Sekretaris Julius Raja. "Pertama mayoritas klub liga 2 menginginkan kompetisi musim 2020diberhentikan. Kedua, perlunya dimulai kompetisi baru. Ketiga, pada kompetisi baru itu mereka minta setelah adanya terlebih dahulu izin dari Kapolri baru dibahas lebih lanjut detailnya," ujar Julius Raja, Jumat (15/1/2021) malam. 

1. Izin Polri harus dikantongi dulu baru bicara kompetisi

Rapat dengan LIB, PSMS Minta Kompetisi 2021 Usai LebaranPemain PSMS Rachmad Hidayat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tiga Naga di Stadion Teladan, Minggu (15/3). (IDN Times/Doni Hermawan)

Satu yang terpenting, klub-klub mendesak PT LIB dan PSSI segera mengejar izin kepolisian. Ini dilakukan agar tidak terjadi kejadian seperti 2020. Di mana klub-klub merasa di-PHP-in dengan jadwal kompetisi yang tidakjelas.

Akibatnya banyak klub yang sudah menggelar persiapan merugi. Termasuk PSMS.  "Jadi izin Kapolri itu harus dikantongi dulu baru misalnya bicara kompetisi. Kalau kompetisi itu mereka sarankan sebaiknya supaya persiapan klub lebih baik di masa pandemi Corona ini rata-rata meminta sehabis lebaran," imbuh Raja.

Baca Juga: Berlisensi B AFC, Eks Kapten PSMS Latih Sepakbola Anak Usia Dini

2. PSMS dan mayoritas klub usulkan Liga 2 2021 dimulai usai lebaran

Rapat dengan LIB, PSMS Minta Kompetisi 2021 Usai LebaranIDN Times/Doni Hermawan

Untuk jadwal kompetisi 2021, Raja mengatakan PSMS mengusulkan pada bulan Mei atau Juni usai libur Idul Fitri. Hal ini diusulkan agar klub punya persiapan lebih panjang. Apalagi kondisi keuangan menyulitkan di tengah pandemik. 

Nantinya semua usulan yang sudah dibahas dan diputuskan dalam rapat virtual itu akan dibawa PT LIB untuk diputuskan di tingkat yang lebih tinggi yakni rapat executive committee (Exco) yang juga digelar bulan Januari ini.

"Jadi arti nya setelah bulan Mei diusulkan. Kalau liga 1 terserah mau misalnya bulan Maret itu urusan liga 1. Termasuk PSMS minta setelah lebaran. Supaya ada persiapan lebih matang. Jadi nanti hasil rapat virtual ini akan dibawa ke rapat Exco yang digelar rencananya Minggu depan," kata Raja.

3. Beberapa pemain PSMS jaga kondisi latihan gabungan dengan tim PON Sumut

Rapat dengan LIB, PSMS Minta Kompetisi 2021 Usai LebaranAnsyari Lubis IDN Times/Hasudungan

PSMS sendiri sudah membubarkan tim. Namun sepekan terakhir beberapa pemain PSMS asal Sumatra Utara dikumpulkan lagi oleh manajemen. Di bawah asuhan asisten pelatih Ansyari Lubis, mereka berlatih untuk menjaga kondisi bergabung dengan skuat PON Sumut. Kebetulan skuat PON Sumut juga dibesut Ansyari Lubis.

"Ya untuk jaga kondisi saja karena memang kan skuat PSMS sudah dibubarkan. Jadi ada inisiatif menggabungkan beberapa pemain Medan dengan anak-anak PON Sumut," kata Ansyari Lubis.

Baca Juga: Jadwal Liga 2 Tak Kunjung Jelas, Skuat PSMS Dibubarkan 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya