Comscore Tracker

PON 2021: Wushu Raih 2 Emas, Kans Terbuka dari 7 Pesanda

Keran medali emas dari wushu terbuka lebar

Medan, IDN Times - Sumatra Utara akhirnya meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021. Dua medali emas dipersembahkan Harris Horatius dan Juwita Niza Wazni, GOR Futsal Dispora Merauke, Papua, Jumat (1/10/2021).

Harris berhak atas medali emas setelah mengumpulkan total poin 19.15 dari nomor kombinas, Nanquan dan Nan Gun Putra. Demikian pula halnya dengan Niza. Ia menjadi yang terbaik di nomor kombinasi Nanquan dan Nan Dao Putri setelah mengumpulkan total poin 19.37.

1. Wushu juga meraih perunggu

PON 2021: Wushu Raih 2 Emas, Kans Terbuka dari 7 PesandaKontingen wushu Sumut bersama pengurus KONI Sumut di Merauke (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain meraih dua medali emas, Wushu Sumut juga mendapat tambahan satu medali perunggu persembahan Wilbet Sanjaya dari nomor kombinasi Jian Shu dan Qiang Shu total poin 19.24. Medali emas nomor ini didapat M Daffa (Jatim) 19.42 dan perak untuk Abdul Harist (DKI Jakarta) 19.35. Di nomor ini, satu pewushu Sumut lainnya, Charles Sutanto harus puas di urutan keempat, total nilai 19.22.

Medali persembahan Harris dan Niza mengawali perolehan medali emas Sumut di PON XX/Papua. Tambahan dua emas satu perunggu ini juga sekaligus mengangkat posisi kontingen yang dipimpinan John Ismadi Lubis naik peringkat enam dengan torehan dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

“Terima kasih untuk skuad Wushu Sumut yang sudah mengawali perolehan medali emas di PON XX/2021. Kami berharap, emas dari wushu terus berlanjut, karena masih ada pertandingan hingga Minggu (3/10). Apalagi di nomor sanda, Sumut menempatkan tujuh atletnya di final,” ujar John yang memang sengaja datang dari Jayapura ke Merauke memotivasi para atlet.

“Kami juga berharap, atlet Sumut dari cabor cabor lain juga kian termotivasi untuk mempersembahkan medali emas,” tambahnya.,

Baca Juga: PON 2021: Tiba di Mimika, Biliar Sumut Target Boyong 4 Emas

2. Kemenangan yang mengharukan bagi Sumut

PON 2021: Wushu Raih 2 Emas, Kans Terbuka dari 7 PesandaKontingen wushu Sumut meraih dua medali emas dan satu perunggu di PON Papua (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song tak kuasa menahan haru dan gembira atas sukses anak didiknya. “Hari ini salah satu hari paling bahagia bagi saya, Harris dan Niza membuka keran perolehan medali emas Sumut,” kata Darsen.

Ia meminta para patriot olahraganya tetap fokus dan konsentrasi, karena cabor wushu masih ada satu hari pertandingan lagi, yakni Minggu (3/10 besok. “ Kans menambah medali masih sangat terbuka, baik di nomor taolu maupun sanda. Karena seluruh atlet harus tetap fokus,” ujarnya.

3. Tujuh pesanda Sumut lolos ke final

PON 2021: Wushu Raih 2 Emas, Kans Terbuka dari 7 PesandaPesanda Sumut lolos ke final PON 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketujuh atlet yang lolos ke final, untuk putra; Brando Mamana Simanjorang (48 kg), Adi R Manurung (56 Kg), Samuel Marbun (65 Kg), Roberto Manik (70 kg) dan Jekas Asparido Saragih (75 Kg).

Sementara atlet putri; Junita Malau (48 kg) dan Rosalina Simanjuntak (52 Kg). Sementara satu wakil Sumut laiinya, Manuel Prima Siahaan yang turun di Kelas 60 Kg, harus puas dengan raihan medali perunggu setelah takluk saat berhadapan dengan Juminta (DKI Jakarta).

Baca Juga: PON Papua: Juwita Niza Berpeluang Raih Emas Wushu Sumut 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya