Comscore Tracker

Pemain Jebolan Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-18

Sejak awal potensi Zidan terlihat di akademi

Medan, IDN Times - Pemain jebolan Academy Kwarta, Sumatra Utara, Firki Arzidan mendapat kesempatan untuk seleksi di tim nasional U-18. Zidan yang kini berlatih di Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut akan mengikuti seleksi di Jakarta pada Senin (13/9/2021) mendatang.

Hal itu dibenarkan Pelatih Academy Kwarta, Amrico yang juga menjabat Asisten pelatih PPLP Sumut. "Alhamdulillah ada anak Kwarta yang kembali dipantau timnas. Mudah-mudahan dia bisa lolos dan berkostum Merah Putih," kata Amrico, Sabtu (11/9/2021).

1. Zidan sudah tunjukkan bakat sejak awal di Academy Kwarta

Pemain Jebolan Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-18Pelatih Academy Kwarta dan Asisten Pelatih PPLP Sumut, Amrico (IDN Times/Doni Hermawan)

Zidan merupakan salah satu siswa di awal terbentuknya Academy Kwarta. "Dia salah satu pemain yang mempunyai bakat di atas rata-rata. Dari awal pembentukan Academy Kwarta tahun 2017, bakatnya sudah menonjol," kata Amrico.

Baca Juga: 2 Siswa Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-16

2. Mentalnya diharapkan siap bersaing

Pemain Jebolan Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-18Fikri Arzidan saat memperkuat PPLP Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain latihan intensif, Zidan juga mengikuti berbagai even bersama Kwarta. Mulai dari Piala Menpora U-16 regional Sumatra Utara hingga Piala Soeratin.

"Sejak awal memang saya pegang baik di Academy dan PPLP. Dengan latihan dan bimbingan program di Academy Kwarta, talentanya pun semakin terasah," tambah Amrico.

Dia sempat memperkuat Asahan hingga lolos ke final Piala Soeratin 2018. "Di situ peran Zidan sangat menonjol," beber mantan pemain PSPS, Persita dan Persikad Depok ini.

Amrico juga mengatakan Zidan juga mengalami pergantian posisi. Mulai dari full back menjadi winger. "Posisinya sekarang di PPLP main di sayap kiri atau kanan," bebernya.

Zidan memang jadi salah satu andalan PPLP Sumut saat ini. Dua golnya ke gawang PON Sumut dengan skor 3-1 menjadi bukti sahih.

"Peluangnya ada. Tinggal bagaimana dia memanfaatkan peluang yang diberikan ke dia. Mudah-mudahan mentalnya siap," bebernya.

3. Kwarta punya tradisi punya pemain yang lolos ke timnas

Pemain Jebolan Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-18Pemain Academy Kwarta M Ihsan Kusuma dipanggil seleksi Timnas U-16 (IDN Times/Doni Hermawan)

Kwarta sendiri menjadi salah satu klub Sumatra Utara yang orientasinya pembinaan dan beberapa kali menyumbangkan pemain ke timnas. Sebelumnya ada Satria Wardana yang lolos ke timnas U-19 untuk ajang AFF U-19 pada 2016 lalu.

Selain itu ada Bayu Tri Sanjaya yang sempat ikut seleksi timnas U-19, sayangnya gagal masuk skuat. Lalu ada Arkhan Fikri yang lolos timnas U-16 di bawah asuhan Bima Sakti tahun 2019 lalu. Teranyar Ihsan Kusuma Siregar di skuat timnas U-16.

Baca Juga: Academy Sepak Bola Kwarta Bangun Masjid di Bulan Ramadan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya