Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelsea

Memori buruk 2014 tak terulang

Deja Vu yang dikhawatirkan Liverpool soal memori kelam 2014 kontra Chelsea berhasil dikubur. The Reds kembali merebut puncak klasemen yang baru dua jam dikuasai Manchester City setelah menumbangkan Chelsea 2-0 di Anfield, Minggu (15/4). Gol dari Sadio Mane dan Mohamed Salah cukup untuk menjaga asa pasukan Jurgen Klopp.

Pada laga itu Liverpool yang tampil full team butuh kerja keras menembus pertahanan Chelsea meski mendominasi. Mereka butuh waktu 51 menit untuk mencetak gol.Hanya berselang dua menit, Liverpool kembali menggetarkan gawang Kepa Arrizabalaga lewat gol indah Mohamed Salah dari luar kotak penalti. Bola tendang pemain Mesir itu menghujam deras ke sudut kanan atas gawang Chelsea

Hasil ini membuat Liverpool mengoleksi 85 poin, unggul dua poin dari Manchester City. Sementara Chelsea tertahan di peringkat keempat klasemen.

Berikut beberapa fakta di balik kemenangan Liverpool atas Chelsea.

1. Kenangan lima tahun lalu tak terulang

Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelseatwitter/LFC

Liverpool dibayangi kisah kelam 2014 kala mereka gagal menjadi juara saat berada di atas angin karena kalah 0-2 dari Chelsea di Stamford Bridge. Laga itu diwarnai insiden terpelesetnya Steven Gerrard yang berujung gol Chelsea.

Henderson, satu dari tiga penggawa Liverpool, selain Simon Mignolet dan Daniel Sturridge, yang masih tersisa di skuat Liverpool sejak kegagalan pada 2014 tersebut

Namun Liverpool menunjukkan kekuatan berbeda dan membalasnya dengan skor yang sama 2-0. "Lima tahun lalu tidak terulang hari ini. Ini adalah permainan yang sama sekali berbeda, keadaan yang berbeda, kami tahu itu akan berbeda dan kami menunjukkan hal-hal besar melalui permainan dan secara keseluruhan sangat senang dengan tiga poin," kata bek Liverpool, Virgil van Dijk dikutip Telegraph.

 

Baca Juga: Tumbangkan Porto, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool

2. Klopp menang pada laga ke-200 di Liverpool

Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelseatwitter/liverpoolfc

Laga kontra Chelsea menjadi pertandingan ke-200 Klopp sebagai manajer Liverpool berakhir dengan kemenangan. Klopp kini berkonsentrasi menghadapi empat laga sisa.

"Kami tidak tahu (menang di sisa laga). Setidaknya kita harus mencoba. Kami sangat menghormati semua lawan. Pertama Porto sulit, lalu Cardiff dan kami tahu mereka berjuang melawan degradasi. Ini akan sangat sulit," kata Klopp dikutip dari Telegraph.

3. Akhiri paceklik Liverpool atas Chelsea

Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelseatwitter/LFC

Sebelumnya Liverpool tidak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir Premier League dan Piala Liga Inggris melawan Chelsea. Mereka imbang tiga kali dan kalah dua kali.

Sebelum ini, Liverpool tak pernah dapat mengalahkan Chelsea di kandangnya sendiri dalam delapan pertemuan di semua kompetisi.

 

4. Anfield masih suci dari kekalahan

Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelseatwitter/LFC

Liverpool tak terkalahkan dalam 38 pertandingan kandang terakhir di Premier League. Liverpool menang 28 kali dan 10 kali imbang.

Ini merupakan rentetan rekor terpanjang setelah Chelsea dengan 86 laga tanpa kalah di kandang.

5. Rentetan kemenangan Chelsea terhenti

Gol Roket Salah, Ini 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Chelseatwitter/LFC

Kekalahan ini sekaligus memupus rentetan kemenangan Chelsea. Mereka sebelumnya selalu menang dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Selain itu Chelsea selalu menang tanpa kebobolan dalam 3 laga terakhirnya di semua kompetisi dan Chelsea selalu mencetak minimal 2 gol dalam 3 laga terakhirnya di Premier League. Namun di Anfield, rekor itu terhenti.

Baca Juga: Laga Mudah Liverpool Melawan FC Porto, Akankah Ada Perlawanan?

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya