Dibantai PSS Sleman, Pelajaran untuk Tim PON Sumut

Tim saat ini kembali ke Jakarta

Medan, IDN Times- Setelah meraih serangan hasil positif saat menjalani uji coba di Pulau Jawa, kekalahan untuk pertama kalinya dirasakan skuat sepak bola Sumatra Utara. Tim yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 dibantai PSS Sleman dengan skor 2-7 di Lapangan Pakem Binangun Soccer, Yogyakarta, Jumat (12/7/2024). 

Pada laga itu skuat PON Sumut sempat memberi perlawanan. Sempat tertinggal 0-2, Sumut menyamakan skor lewat Aditya menit ke-25 dan Claudio menit ke-30. 

Namun usai skor 2-2, Super Elang Jawa, julukan PSS Sleman yang diperkuat para pemain baru dan legiun asingnya menambah 5 gol. 

1. Uji coba ke-9, kekalahan pertama

Dibantai PSS Sleman, Pelajaran untuk Tim PON SumutSkuat PON Sumut saat beruji coba kontra PSS Sleman di Yogyakarta (dok.Asprov Sumut)

Ini merupakan uji coba ke-9 pasukan Ridwan Saragih selama di tanah Jawa. Diketahui tim Sumut sudah beruji coba di Jakarta, Bandung dan terakhir Yogyakarta.

Dari 9 uji coba, tim Sumut meraih 4 kemenangan, 4 hasil imbang dan satu kekalahan. Termasuk kemenangan atas timnas U-20, dan klub Liga 1 Madura United.

Baca Juga: Mantap! Tim PON Sumut Tumbangkan Runner Up Liga 1 Madura United

2. Jadikan pelajaran menuju PON 2024

Dibantai PSS Sleman, Pelajaran untuk Tim PON SumutSkuat PON Sumut saat beruji coba kontra PSS Sleman di Yogyakarta (dok.Asprov Sumut)

Manajer sepak bola PON Sumut Mulyadi Simatupang mengatakan, kekalahan ini menjadi pelajaran yang harus dipetik tim. Artinya masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

"Kalah telak atas PSS Sleman 2-7 ini untuk pembelajaran bagi coach dan para pemain agar jangan merasa terbang tinggi dan kembali membumi. Serta evaluasi strategi dan taktikal bagaimana dalam jarak 2 hari bermain dan bagaimana mendapat tekanan," kata Mulyadi.

3. Mulyadi minta pemain kembali fokus di sisa waktu 2 bulan

Dibantai PSS Sleman, Pelajaran untuk Tim PON SumutMulyadi Simatupang (Dok.Istimewa)

Mulyadi mengatakan, para pemain harus kembali fokus di masa persiapan menuju PON 2024. Apalagi waktu tak lagi panjang.

"Dari kekalahan ini suatu pembelajaran yang harus diambil hikmahnya demi perbaikan ke depan khususnya fokus dan target untuk PON 2024," kata Mantan Manajer PSMS Medan ini.

Saat ini tim memutuskan balik ke Jakarta kembali. Nantinya tim Sumut ditargetkan menjalani hingga 25 uji coba di Jawa hingga PON 2024 September mendatang.

Baca Juga: Nil Maizar Sebut Ada 5-6 Pemain Asing Masuk Radar PSMS

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya