Comscore Tracker

Derby Deli Serdang di 8 Besar Piala Soeratin, PSDS Asah Mentalitas

PSDS dan Polresta berebut tiket terakhir ke semi final

Medan, IDN Times- Laga krusial akan dihadapi PSDS Junior saat menghadapi laga derby kontra Polresta Deli Serdang pada laga perempat final Piala Soeratin U-17 di Stadion Mutiara Kisaran, Asahan, Kamis (6/1/2022). Traktor Kuning Muda bertekad untuk habis-habisan demi lolos ke semi final.

Pelatih PSDS Junior, Sakti Yasin Nasution mengatakan untuk laga ini ia mengasah mental anak asuhnya agar lebih siap.

"Pertandingan derby ini, meski main di luar, tapi sama-sama dari Deli Serdang. Antisipasi di mental anak-anak. Pasti Polres akan termotivasi lebih untuk mengalahkan PSDS," kata Sakti, Rabu (5/1/2022).

1. Lawan termotivasi berkali lipat untuk kalahkan PSDS

Derby Deli Serdang di 8 Besar Piala Soeratin, PSDS Asah MentalitasSkuat PSDS dan Poslab Junior pada laga Piala Soeratin U-17 di Stadion Kebun Bunga, Selasa (28/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Namun Sakti meminta anak asuhnya untuk tak gentar. Dia ingin pemain menunjukkan semangat yang lebih tinggi.

"Kalau semangat mereka dua kali lipat. kita harus 10 kali lipat. Main normal saja bagaimana. Bertahan dengan kuat. Pressure. Kick off lgsung tekan. seperti dua pertandingan lawan Poslab dan Bansar di penyisihan," tambahnya.

PSDS lolos sebagai juara grup D dengan poin sempurna 9. PSDS meraih tiga kemenangan dengan menumbangkan Bansar (2-0), Poslab (4-1) dan PSKTS (1-0).

Sementara Polresta Deli Serdang lolos sebagai runner up grup C di bawah Asahan dengan 4 poin. Sebelumnya mereka menghadapi PSSA Asahan (1-2), Brimo Langkat (1-0), dan Medan Utama (1-1). Polresta lolos dengan unggul produktivitas gol dari Medan Utama.

 

Baca Juga: PSDS Melaju, Ini Daftar Tim yang Lolos 8 Besar Piala Soeratin U-17

2. Kedua tim belum pernah bersua di uji coba

Derby Deli Serdang di 8 Besar Piala Soeratin, PSDS Asah MentalitasSkuat PSDS Junior di Piala Soeratin U-17 (IDN Times/Doni Hermawan)

Kedua tim belum pernah bersua di uji coba. Menurutnya timnya masih buta kekuatan lawan.

"Kami belum pernah menghadapi mereka. Polresta diperkuat anak-anak SMK Nusantara. Pemainnya mungkin di luar tim lain sering jumpa. Langsung PSDS belum pernah jumpa," tambahnya.

Sakti juga sudah mempersiapkan timnya jika terjadi kemungkinan hingga perpanjangan waktu dan adu penalti.

"Bahkan kita untuk mengantisipasinya mulai dari tendangan bebas, sepak pojok, penalti juga. Kami gak berpikir sampai ke sana. Kalau bisa secepatnya selesai. Jika sudah adu penalti sulit. Mengandalkan keberuntungan penendang," ucapnya.

3. Berstatus juara bertahan, pelatih minta pemain tak terbebani

Derby Deli Serdang di 8 Besar Piala Soeratin, PSDS Asah MentalitasSkuat PSDS Junior pada laga Piala Soeratin U-17 di Stadion Kebun Bunga, Selasa (28/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Dengan status sebagai juara bertahan Piala Soeratin Sumut 2019, diakui Sakti ada beban tersendiri bagi pelatih. Tapi untuk pemain dia berharap bisa santai.

"Kalau kami sebagai pelatih baru ini nangani senior. Tentu ada terbebani. Tapi untuk pemain kami tekankan untuk santai. Jangan mau kejar kemenangan jadinya gak karu-karuan. Main sabar. Jangan yang terpancing emosi," pungkasnya.

Sebelumnya tiga tiket ke semi final Piala Soeratin U-17 sudah dipastikan jadi milik PSKB Binjai, PSSA Asahan dan PS Thamrin Graha Metropolitan (TGM). 

Baca Juga: Tumbangkan YOB Lewat Adu Penalti, PSDS Kampiun Liga 3 Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya