[BREAKING] PON 2021: Tim Sepak Bola Sumut Tumbang dari Aceh

Wajib habis-habisan lawan Papua

Medan, IDN Times - Tim sepak bola Sumatra Utara harus tumbang pada perdananya di babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Stadion Mandala, Jayapura. Pasukan Colly Misrun tumbang dari Aceh dengan skor 1-2.

Dua gol Akhirul Wardan membuat Sumut harus gigit jari dalam ambisinya lolos ke semi final. Hasil ini membuat Sumut harus habis-habisan saat menghadapi Papua pada laga terakhir.

Pada laga itu Sumut menurunkan skema terbaiknya dengan Bambang Rahmad Hidayat di bawah mistar. Kuartet belakang diisi Rian Ramadhan, M Yudi Safrizal, Vikra Seifahlepi, dan Fardan Harahap. Sementara di tengah bercokol M Tio Aditya, Bima Lesmana dan Rio S Damanik. Trio penyerang di depan diisi Faisal Ramadoni, Abdi dan Abdul Aziz.

Kedua tim menerapkan skema terbuka sejak awal laga. Tapi tak ada gol yang tercipta di paruh pertama.

Setelah buntu di babak pertama, Aceh akhirnya membuka skor menit ke-49. Adalah Akhirul Wardan yang berhasil masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola membentur pemain belakang lawan dan berubah arah. Bola menggelinding ke arah kanan kiper Sumut, Bambang yang kesulitan mengejar bola karena sudah mati langkah.

Aceh semakin menggila dengan keunggulan 2-0. Akhirul Wadhan melepaskan tendangan kaki kanan jarak jauh menit ke-76 yang tak mampu dihalau kiper Sumut. Aceh memimpin 2-0.

Pelatih Sumut, Colly Misrun memasukkan Kardinata Tarigan gantikan Rio S Damanik menit ke-80 untuk menajamkan serangan. Begitu juga Purnomo.

Sumut beberapa kali mengancam lewat serangan balik. Namun tak mampu menembus pertahanan lawan. Menit ke-94, Sumut akhirnya memperkecil ketertinggalan setelah mendapatkan penalti.  Bek Aceh, M Rizky mengganjal Purnomo. Rizky diganjar kartu kuning. Rian Ramadan sukses mengeksekusi penalti dan memperkecil ketertinggalan jadi 1-2. Namun setelah gol itu wasit langsung meniupkan peluit panjang.

Sebelumnya Aceh ditumbangkan Papua dengan skor 0-1 pada laga 6 Juli 2021 lalu. Sementara ini Papua memimpin klasemen dengan keunggulan head to head atas Aceh.

Baca Juga: Sumut Turun ke Posisi 9 Klasemen PON, Biliar Pastikan Medali Hari Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya