Atalanta Pertama Kali Lolos Liga Champions, Ini Fakta-faktanya

Inter Milan kunci tiket terakhir

IDN Times - Perburuan tiket Liga Champions dari Serie A berakhir dramatis.Atalanta dan Inter Milan menemani Juventus dan Napoli yang lebih dulu menyegel tiket setelah meraih kemenangan pada giornata pamungkas Serie A 2018/2019, Senin (27/5) dini hari.

Kedua tim berseragam hitam biru ini sama-sama meraih kemenangan. Atalanta menumbangkan Sassuolo dengan skor 3-1. Sempat tertinggal lewat gol Domenico Berardi, Atalanta berhasil comeback lewat gol Duvan Zavata, Alejandro Gomez dan sundulan Mario Pasalic.

Sementara Inter lolos dramatis meski sempat tertahan Empoli hingga menit ke-76. Inter unggul lewat Keita Balde namun lawan menyamakan skor lewat Hamed Junior. Namun Radja Nainggolan berhasil menjadi penentu lewat gol di sembilan menit jelang laga berakhir.

Hasil ini membuat Atalanta tetap di posisi ketiga dengan koleksi 69 poin, sama dengan koleksi poin Inter. Namun Inter kalah selisih gol. Sementara AC Milan berada di posisi kelima dengan 68 poin.

Berikut fakta di balik sejarah Atalanta ke Liga Champions

Baca Juga: Lechia Gdansk Juara, Egy Maulana Masuk Radar Manchester United

1. Pertama kali sejak berdiri

Atalanta Pertama Kali Lolos Liga Champions, Ini Fakta-faktanyaTwitter/@FourFourtweet

Atalanta belum pernah lolos ke Liga Champions sejak berdiri pada 1907. Artinya, setelah 112, Atalanta akhirnya bisa tampil di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut. Sebelumnya, Nerazzurri hanya pernah tampil di Liga Europa saat masih bernama Piala UEFA dan juga Piala Winners.

2. Ranking tertinggi klub

Atalanta Pertama Kali Lolos Liga Champions, Ini Fakta-faktanyatellerreport.com

Keberhasilan pasukan Gian Piero Gasperini di peringkat ke-3 Serie A merupakan yang tertinggi untuk La Dea sepanjang sejarahnya.

Sebelumnya, posisi finis tertinggi yang berhasil diraih Atalanta adalah peringkat ke-5. Raihan tersebut mereka raih dalam dua kesempatan pada tahun 1948 di bawah arahan Ivo Fiorentini dan 2017 bersama Gian Piero Gasperini.

3. Zavata pencetak gol kedua terbanyak

Atalanta Pertama Kali Lolos Liga Champions, Ini Fakta-faktanyanews4europe

Duvan Zapata juga membuat musim 2018-19 terasa amat spesial untuk Atalanta. Pasalnya, ia berhasil mengemas 23 gol. Unggul dua gol dari Cristiano Ronaldo dan hanya kalah dari Fabio Quagliarella yang berhasil meraih gelar top skorer.

Baca Juga: Kalahkan Tobasa FC, PSMS Bakal Coret 3 Pemain

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya