Sambut Atlet NPC Sumut Pulang dari Kamboja, Gubernur Edy Janji Bonus

Edy kagum dengan pencapaian 20 emas,17 perak dan 3 perunggu

Medan, IDN Times- Para atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumut yang berlaga di ASEAN Para Games tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang pada Minggu (11/6/2023) malam. Mereka disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian. 

Atlet Sumut menyumbang 20 emas, 17 perak dan 13 perunggu untuk Indonesia hingga memastikan gelar juara umum tiga kali beruntun. Edy memuji capaian atlet NPC Sumut;. 

“Luar biasa, dari tahun ke tahun kita terus bertambah. Kita punya medali emas 20, 17 perak, dan 12 perunggu. 40 persen naik ningkat medali,” ujar Edy.

1. Selanjutnya Edy minta atlet persiapkan diri untuk Peparnas

Sambut Atlet NPC Sumut Pulang dari Kamboja, Gubernur Edy Janji BonusGubernur Sumut Edy Rahmayadi menyambut atlet NPC Sumut di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Minggu (11/6/2023) malam usai berlaga di ASEAN Para Games Kamboja (Dok.Istimewa)

Edy bangga dengan pencapaian para atlet penyandang disabilitas yang mampu membawa Indonesia juara umum ASEAN Para Games tiga kali secara berturu-turut.  

“Saat ini Indonesia sedang berjuang. Kemarin bola kita sudah bisa medali emas, tapi belum bisa masuk di nomor satu (SEA Games). Indonesia sekarang nomor satu di ASEAN Para Games. Kita sekarang juara umum. Kita harapkan ke depan semua penduduk kita 275 juta, pastinya kita bisa,” katanya.

Edy berpesan kepada NPC Sumut untuk memersiapkan diri menghadapi Peparnas 2024. Seperti diketahui Sumut adalah tuan rumah bersama Aceh.

“2024 kita sedang berusaha melakukan pembinaan – pembinaan, khususnya di Sumut ini karena PON dan Peparnas ada di Aceh dan Sumut,” harap Edy.

 

Baca Juga: Sumbang 20 Emas di APG 2023, Atlet NPC Sumut Lewati Target

2. Edy janjikan bonus untuk peraih medali

Sambut Atlet NPC Sumut Pulang dari Kamboja, Gubernur Edy Janji BonusGubernur Sumut Edy Rahmayadi menyambut atlet NPC Sumut di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Minggu (11/6/2023) malam usai berlaga di ASEAN Para Games Kamboja (Dok.Istimewa)

Edy juga akan mengapresiasi peraih medali karena telah mengharumkan nama provinsi Sumut di kancah internasional. Dia menjanjikan bonus. “Pasti, pasti (bonus), kita apresiasi,” tegasnya.

Sementara Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengapresiasi perhatian dari pemprov SUmut. Ia mengatakan Sumut merupakan penyumbang medali terbanyak ketiga untuk Indonesia setelah Jawa Tengah dan Jawa Barat di ASEAN Para Games Kamboja.

“Kami telah berjuang maksimal dan inilah yang kami bawa pulang dari kamboja untuk Indonesia dan seluruh masyarakat Sumut khususnya. Kita ingin ini menjadi motivasi bagi atlet – atlet di kabupaten dan kota bahwa atlet disabilitas saat ini sudah diperhatikan betul – betul sama pemerintah. Makanya, Peparnas 2024 menjadi kesempatan kita untuk bisa tampil yang terbaik dari provinsi lainnya,” pesan Alan.

3. Daftar atlet Sumut peraih medali di ASEAN Para Games 2023

Sambut Atlet NPC Sumut Pulang dari Kamboja, Gubernur Edy Janji BonusPelari putra Indonesia Nur Ferry Pradana (kiri) dan Rizal Bagus Saktyono (kanan) beradu cepat dengan pelari dari negara lain pada final 100 M T47 ASEAN Para Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Senin (5/6/2023). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Daftar atlet Sumut peraih medali ASEAN Para Games
1. Nur Ferry Pradana (atletik) 5 medali emas
2. Riadi Saputra (atletik) 1 emas 1 perak 1 perunggu
3. Reza Pramana Perangin-angin (atletik) 1 emas 1 perunggu
4. Nina Gusmita (atletik) 1 perak
5. Eko Saputra (atletik) 3 emas 2 perak 1 perunggu
6. Muammar Habibila (atletik) 2 emas 1 perak
7. Tambi Sibarani (angkat berat) 1 perunggu
8. Aisah Wijayanti (catur) 2 emas 2 perak 1 perunggu
9. Nurtani (agkat berat) 1 perak 1 perunggu
10. Khairunnisa (catur) 2 emas 1 perak 1 perunggu
11. Wilma Margaretha Sinaga (catur) 1 emas 3 perak 2 perunggu
12. Yustina Halawa (catur) 3 perak
13. Nasip Farta Simanja (catur) 1 perak 3 perunggu
14. Sahrul Sulaiman (judo) 1 emas 1 perak
15. Marialam Sihotang (judo) 2 emas
16. Ricky Bustami (voli duduk) 1 perak

Baca Juga: Atlet Judo Sumut Sumbang 3 Emas dan 1 Perak di ASEAN Para Games 2023

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya